My 2014 Resolution

09:19:00


Banyak yg bilang kalo bikin daftar resolusi tahun baru kayak gini tuh ga ada gunanya, tapi gua ga setuju. Setiap tahun gua bikin daftar resolusi kayak gini dan daftar tersebut sangat memotivasi gua untuk berjuang jadi lebih baik dan lebih baik lagi daripada tahun-tahun sebelumnya. Gua juga punya sebuah list (The Bucket List) yg berisi 100 impian yg ingin gua raih dalam hidup, dan perlahan-lahan, tahun demi tahun, satu persatu impian itu pun terpenuhi. Dalam 3 tahun terakhir, gua udah berhasil mewujudkan 20% dari Bucket List gua. Daftar-daftar impian dan resolusi kayak gini bisa jadi acuan dan motivasi dalam hidup kita, selama kita juga bersungguh-sungguh berjuang untuk mewujudkannya.

Tahun 2013 yg lalu banyak hal-hal ga terduga yg terjadi dalam hidup gua. Gua berhasil mewujudkan impian gua untuk pergi ke Harbin misalnya, udah itu gua berhasil dapetin beasiswa S2 di China, ditambah lagi, yg bener-bener ga disangka-sangka, pertengahan Desember kemaren gua jadian sama seorang cewe manis dari Thailand yg ternyata sifatnya cocok dan punya banyak kemiripan sama gua.

2013 adalah tahun yg sungguh luar biasa buat gua, dan karena itu, gua juga akan berjuang lebih giat untuk membuat tahun 2014 ini menjadi tahun yg ga kalah luar biasa dari tahun-tahun sebelumnya. Target apa aja sih yg ingin gua capai di tahun 2014 ini?

Khusus tahun ini, gua ga akan nulis banyak banyak. Target gua cuma satu :

BE POSITIVE

Kenapa setiap tahun hal ini selalu jadi no 1 di dalam daftar gua? Alasannya sederhana. Karena gua menyadari, bahwa dalam sebagian besar kasus, keberhasilan itu hanyalah ditentukan oleh bagaimana kita menyikapi suatu masalah.

Di saat kita mengalami kegagalan misalnya, banyak orang yg lantas menjadi pahit, bergalau ria, bahkan ga jarang juga gua liat di koran ada orang yg menyerah pasrah, bahkan bunuh diri. Padahal, kalo kita ambil nilai positifnya, dari sebuah kegagalan itu kita bisa belajar banyak hal yg akan membuat diri kita jadi lebih baik dari sebelumnya. When you lose, don't lose the lesson. Kalo kita berani bangkit dan belajar dari kesalahan kita, keberhasilan itu hanyalah tinggal masalah waktu saja. Inilah sebuah contoh sederhana bagaikan cara kita menyikapi hidup, akan menentukan masa depan kita.

Di tahun 2013 lalu juga gua mengalami banyak banget kegagalan. Perjalanan gua untuk bisa meraih beasiswa S2 di China misalnya, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Gua daftar ke banyak tempat, tanya-tanya dan cari informasi sana-sini, apply berkali-kali, belajar yg rajin dan ambil tes ini itu, email-emailan nyari surat rekomendasi sampai botak, berkali-kali ditolak, hingga akhirnya gua nemuin jalan keluar.

Tahun 2013 juga gua mengalami banyak kepedihan dalam hal cinta. Tapi gua ga lantas menyerah dan memutuskan untuk jadi gay, kaga. Gua bangkit, berusaha untuk membuat diri gua jadi lebih baik, belajar banyak hal baru, aktif di aneka ragam kegiatan, memperluas pergaulan, dan in the end, sebelum tahun 2013 berakhir, gua udah nemuin seseorang yg mencintai dan mau menerima gua apa adanya. Kegigihan gua untuk terus bangkit meskipun berkali-kali jatuh dan gagal dalam cinta akhirnya berbuah manis. Dan semua itu berkat gua positive thinking, tidak pernah berhenti berharap dan berusaha.

Gua kenal banyak orang yg selalu merasa hidupnya penuh kekurangan. Merasa minder karena temen-temennya pake iPhone selama dianya cuma pake Android murah misalnya, merasa minder karena ukuran badan tidak ideal, merasa minder karena belom pernah pacaran, dan lain sebagainya. Gua juga bukan berasal dari keluarga super kaya dan serba berkecukupan, kaga. Gua juga bukan seorang cowo yg super ganteng dan atletis, hidup gua juga ga bebas dari masalah.

Tapi gua ga pernah mengeluh, ga pernah minder, selalu merasa bersyukur bahwa setidaknya gua masih bisa Internetan, masih bisa sekolah sampai tamat universitas, masih punya panca indera yg utuh, dll. Soal mewujudkan impian sih gua bisa perjuangin sendiri. Pengen S2 tapi ga ada duit? Cari beasiswa. Pengen sekolah ke luar negeri? Belajar Inggris dan Mandarin. Pengen punya masa depan yg cerah? HP keren? Laptop canggih? Pacar cantik? Sekolah yg rajin, kerja yg giat!

Mau berusaha, berani berharap, dan tidak lupa bersyukur...itulah kunci kebahagiaan di dalam hidup ini. Optimisme memberikan kita ruang untuk berkreasi, menciptakan perubahan, dan juga meraih hari esok yg lebih baik =)

You Might Also Like

0 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe