My 2015 Resolution

18:18:00



Selamat Tahun Baru 2015 temen-temen pembaca semuaaaa... Aduh sori nih, akhir akhir ini jadi makin jarang update.

Semenjak tahun 2011, berarti udah 5 tahun berturut-turut gua nulis resolusi di awal tahun. Meskipun cuma sebagian yg bisa benar-benar terwujud, tapi gua menyadari bahwa semenjak gua nulis resolusi tahunan dan juga Bucket List, hidup gua berubah jadi lebih penuh makna daripada sebelumnya. Memang bener kata orang, kalo kita mau sukses, kita harus berani pasang target, dan secara bertahap mengarahkan hidup kita untuk memenuhi target-target tersebut.

Namun seiring bertambahnya umur, gua juga menyadari bahwa hidup itu ternyata memang tidak semudah cuap-cuapnya Om Mario Teguh. (Damn, I'm old) Mencapai suatu impian dan target itu tidak semudah membalik telapak tangan. Karena itulah gua pun menyadari bahwa di tahun-tahun terakhir, target hidup gua makin lama makin simpel dan realistis. Tapi ya itulah hidup. Yg namanya perubahan selalu harus dimulai dari sesuatu yg kecil, simpel, dan realistis. Selangkah demi selangkah, menuju masa depan yg lebih baik.


1. Be Positive

Buat para pembaca setia Emotional Flutter, kalian pasti menyadari bahwa poin yg satu ini udah 2 tahun berturut-turut selalu ada di dalam resolusi tahun baru gua. Mengapa? Karena seiring kita bertumbuh dewasa, tantangan hidup pun makin lama semakin berat.

Setelah 2 tahun belajar bahasa, September 2014 kemarin gua pun memulai kehidupan gua sebagai mahasiswa S2 di China. Bisa kuliah S2 di luar negeri adalah salah satu impian terbesar gua dari kecil, tapi gua tidak pernah menyangka bahwa kuliahnya bakal SESUSAH ini! Yg namanya kuliah S2 tuh kita bakal lebih banyak dicekokin teori daripada waktu S1. Temen-temen kalo pas kuliah ngedengerin dosen ngejelasin teori super ribet, bawaannya pasti pengen tidur, bener ga? Nah kebayang ga kalo dosennya ngejelasin teori-teori ribet tersebut menggunakan bahasa asing?

Terus, semester ini gua ada sekitar 12 mata kuliah, dan semuanya mengharuskan gua baca berbagai buku teori tebal dalam Bahasa Mandarin yg bikin bola mata gua seolah-olah mau rontok dari kelopaknya. Belum lagi, ada sekitar 7 mata kuliah yg UASnya bukan berupa ujian tertulis, melainkan bikin makalah ilmiah (kontennya setara dengan skripsi S1). Yep, dulu temen-temen semua waktu mau lulus S1, butuh waktu berapa lama untuk nulis satu skripsi? Dua bulan? Tiga bulan? Nah ini harus bikin 7 buah karya tulis setara skripsi S1, ditulis menggunakan Bahasa Mandarin, dalam waktu dua bulan. Mabok ga?

Begitulah sedikit kisah gua kuliah S2 di China. Oh tentu di luar hal-hal di atas, masih banyak hal-hal menyenangkan lainnya yg gua alami selama kuliah. Sebagai mahasiswa asing di sini, kehidupan kita selalu penuh dengan warna. Bergaul dengan orang-orang dari manca negara, aneka ragam kegiatan pertukaran budaya, dan lain sebagainya. Apa lagi, sebentar lagi semester pertama akan berakhir. Setelah puas muntah darah ngeberesin nulis makalah, gua akan mengisi liburan musim dingin gua dengan traveling ke aneka tempat di China. Liburan kali ini, gua juga ga akan pulang ke Indonesia karena gua akan merayakan Imlek di kampung halaman kakek buyut gua di China. Bagaimana sih cara orang-orang China di desa merayakan Imlek? Tongkrongin terus aja blog ini, hehehe.

So yeah, ga peduli seberapa beratnya kehidupan gua di sini, gua ga akan menyerah. Fokus ke hal yg positif, bersabar menghadapi segala kesulitan, dan jalani segalanya dengan penuh senyuman =)

性格改变命运!Your attitude determines your destiny!



2. Travel MORE!
Selama 2 tahun di China, gua udah menjelajah ke mana-mana. Padang salju di utara, gurun pasir di barat, sungai dan lembah di selatan, kota-kota metropolitan di pesisir timur, semua udah pernah gua cicipi. Tapi, di China masih BANYAK tempat tempat super keren yg belum gua kunjungi. Ditambah lagi, semester terakhir ini gua bener-bener fokus di studi, sama sekali ga pergi ke mana-mana. Jadi, gua bertekad di tahun 2015 ini gua akan semakin rajin nabung dan semakin banyak traveling. Selain merayakan Imlek di kampung halaman leluhur di Fujian, musim semi nanti gua juga mau pergi ke Zhangjiajie atau ke Yunnan, terus musim gugur mau ke Jiuzhaigou. Semoga keuangan gua lancar tahun ini sehingga gua bisa mewujudkan impian gua untuk pergi ke tempat-tempat super keren tersebut!

Travel di China tuh MURAH banget. Kereta antar kota kalo jaraknya ga terlalu jauh paling cuma 200-300rb, hotelnya banyak yg harganya berkisar 50-100rb per malam. Selama kita ga takut susah, ga cari kemewahan, meskipun dengan uang yg pas-pasan, kita masih bisa traveling ke tempat tempat super keren. Dari Indonesia ke China yg paling ngabisin uang tuh ya tiket pesawat. Nah, sekarang mumpung gua lagi kuliah di China, harus manfaatin kesempatan gua untuk travel semaksimal mungkin. Why not? 何乐而不为呢?

Avatar Mountain, Zhangjiajie, Hunan, China

The Lost Paradise, Shangri-la, Yunnan, China

Heaven on Earth, Jiuzhaigou, Sichuan, China



3. Punya Tabungan 10 juta
Gua kuliah di China 100% hidup dari beasiswa. Tapi gua juga sadar bahwa gua harus tetep cari income tambahan untuk modal usaha dan pengeluaran tidak terduga. Selain kuliah, gua juga banyak cari kerjaan part-time di Internet. Kebanyakan sih berhubungan dengan desain, advertising, nulis artikel, dan juga translation. Incomenya ga gitu besar, tapi stabil per bulannya 100-200 USD. Tapi untuk kerjaan simpel yg hanya membutuhkan waktu beberapa jam setiap minggunya, angka tersebut termasuk besar lho. Tabungannya juga sengaja gua pisahin accountnya dari rekening beasiswa gua supaya gua ga hambur.

Tapi sayangnya, tabungan gua itu ga pernah tembus angka 10 juta karena selalu aja ada pengeluaran tidak terduga. Tiket pesawat pulang pergi ke Indonesia misalnya, harus beli HP baru karena HP yg lama rusak, dan lain sebagainya. Target gua, di akhir tahun 2015 nanti, tabungan gua itu harus tembus angka 10 juta. Entah artinya gua harus menambah pemasukan, atau mengurangi pengeluaran. Apapun caranya.



4. Read 12 Books
Ini hanya sebagian kecil dari buku buku yg gua beli tahun lalu

Dengan kesibukan kuliah S2 gua, gua GA BISA JANJI untuk bakal lebih rajin nulis blog di tahun 2015, apalagi bisa rutin blogwalking. Bisa nulis satu bulan sekali aja udah ajaib. Tapi gua bisa jamin bahwa kualitas tulisan gua makin lama akan terus semakin menarik. Untuk itu, gua harus baca lebih banyak buku. Kuliah di China, setiap harinya gua ngabisin waktu 2-3 jam baca buku-buku Mandarin.. Tapi itu semua demi kepentingan kuliah. Gua pengen baca lebih banyak buku di luar materi kuliah gua.

Beberapa tahun terakhir ini, gua punya sebuah penyakit akut : Setiap kali ke toko buku, gua PASTI pengen beli buku. (Makanya, kalo gua lagi bokek, gua pasti NOLAK diajak ke toko buku wkwkwk.) Kadang-kadang sekali pergi ke toko buku bisa sampe beli 5-6 buku baru. Apalagi di China sini harga buku tuh MURAH BANGET karena disubsidi sama pemerintahnya. Jadi dalam setahun terakhir, mungkin gua udah beli 15-20 buku. Tapi pada akhirnya, buku yg berhasil gua baca sampai habis hanya sekitar 2-4 buku saja. Sisanya hanya jadi pajangan saja. Wew.

Gua bertekad di tahun 2015 ini gua akan baca lebih banyak buku. Gua sibuk banget jadi target gua juga ga muluk-muluk. Sebulan satu buah buku aja, cukup. Satu tahun, 12 buku. Syukur-syukur bisa lebih ya. Temen-temen pembaca, bantu kasih gua semangat ya!



5. Lose Weight
Oke, dari semua resolusi yg gua tulis tahun ini, mungkin resolusi yg satu ini adalah YG PALING SUSAH! Waktu kuliah dulu, berat gua stabil di 85kg. Terus abis lulus kuliah, pergi ke Shijiazhuang, ngalamin winter untuk pertama kalinya, berat gua naek 15kg dalam setahun donk! Gile! Dan setelah itu, selama 2 tahun terakhir, berat gua naek turun seperti kurs mata uang rupiah. Musim panas 2013 turun sampe 92kg, udah itu perlahan-lahan naik dan pas musim dingin kembali lagi ke semula. Musim panas 2014 turun lagi sampai 95 kg, udah itu sekarang pas musim dingin, naek lagi sampai ke angka semula. ARRRGH!

Segala macem cara udah gua coba, OCD, Diet Golongan Darah, dll tapi ujung ujungnya ga bisa konsisten karena keterbatasan waktu dan juga bahan makanan yg tersedia. Makan udah dikurangi, ngemil udah jarang, tapi jujur, gua kurang olahraga. Setiap hari gua bisa jalan 4-5km karena di sini mau ke mana-mana harus jalan kaki (ga kayak di Indonesia mau beli panadol ke warung deket rumah aja naek motor wkwkwk), tapi mungkin karena gua udah terbiasa jalan kaki dan cuaca yg dingin, jalan kaki ga bisa bikin gua keringetan. Tapi di sisi lain, kuliah sibuk banget, tidur aja kurang, boro-boro mau banyak olahraga, apalagi kalo musim dingin. Grrrrr. Temen-temen sekelas gua pada daftar fitness bayar 3 bulan di muka, tapi pada akhirnya, ga sampe 1 bulan, terus ga pernah didatengin lagi tempat fitnessnya karena sibuk kuliah.

Ga usah muluk-muluk mau sampai 70-80 deh, gimana pun caranya, gua bertekad di akhir tahun 2015 nanti, berat gua stabil di 90kg!!! SEMANGAAATTTT...


Oke, segini dulu ya postingan dari gua kali ini. Doain aja semoga makalah ilmiah gua cepet beres, jadi bisa segera nulis postingan baru lagi. Ide banyak, waktunya yg ga ada hehehe. Btw gua pengen tau nih, resolusi tahun 2015 kalian apa sih? Tulis donk di kotak komentar di bawah ini. Sampai jumpa di postingan berikutnya yaaa =)



Tulisan ini diikutsertakan dalam event "Best Article" by Blogger Energy

You Might Also Like

56 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Selamat Tahun baru Ka kev!
    Tahun ini gw nambah 1 resolusi persis kaya punya lo yg nomer 4 ka kev ;)
    Semoga resolusi di tahun 2015 tercapai semuanya. SEMANGAT!!! SUKSES!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas dukungan semangatnya. Ayo kita sama sama berjuang!!!! Cemungudh eaaaa

      Delete
  2. coba aktivitas tinggi ga bikin bb turun kak? kalo aku stres sama cape lumayan bisa nguras bb. hehe
    happy new year too kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaga tuh, gua waktu musim gugur kemaren tiap hari lari-lari, push up, jungkir balik dan salto, tapi cuma turun sedikiiiiit banget... Emang bakat keluarga gua tuh gampang gemuk, menghirup oksigen aja bisa tambah gendut kayaknya...

      Delete
  3. Semoga semuanya lancar ya... Target2nya tercapai.
    Itu destinasi travelingnya menggiurkan sekali... Seperti di negeri dongeng :D.
    Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal! Iya, di China sini memang banyak tempat tempat super keren. Makanya mumpung kuliah di sini masih ada 1,5 tahun, gua harus manfaatin kesempatan sebaik baiknya wkwkwk...

      Delete
  4. looks like a great list...semoga semua terkabul yaaa :)...China cantiiiik ya...belum sempet ke sana dan pengeen bangeet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada kesempatan, harus cobain maen ke sini, dijamin ga akan nyesel hehehe

      Delete
  5. Semoga lancar kak, dan bisa tercapai semua, aamiin...
    Mau tanya, yg kerja nulis artikel itu gimana kak? Bisa dishare..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kliennya liat blog gua, suka, terus kontak gua suruh gua nulis artikel di websitenya gitu =)

      Delete
    2. wah, jadi harus rajin nulis ya bang... =)

      Delete
  6. buseett... harus bikin 7 makalah ilmiah dlm bahasa mandarin? alamaak... gak ikut kuliah aja ikutan berasa ngeri :))

    Jadi pengen ke kampung halaman engkong juga nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi gua tau kesempatan untuk bisa kuliah ke luar negeri kayak gini tuh langka banget, jadinya gua ga nyesel. Gua akan kerja keras beresin semua tugasnya, ga peduli seberat apapun =)

      Delete
  7. wih resolusinya kevin keren2 nih...traveler,,,asik banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pepatah yg bilang, the world is a book and those who do not travel only read a page =)

      Delete
  8. Wuih resolusinya mantap, selamat menikmati tahun 2015 ya.
    Pengen juga punya tabungan tembus 10 juta, tapi ya begitu hampir sama, ada aja atau banyak godaannya :D

    #SalamWbers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, yg namanya pengeluaran terduga tuh bener bener nyebelin ya. Udah mati matian nabung buat beli sesuatu, eh ga taunya HP rusak, mau ga mau harus beli yg baru...hadeuh...

      Delete
  9. Selamat tahun baru, Ven. Mari sama2 berharap semoga resolusi kita sama2 tercapai deh yah. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Nuel. Semoga resolusi lu tercapai ya Bro =)

      Delete
  10. Selamat tahun baru kaakk! Waaaaw seneng banget bisa kuliah di sana, pemandangannya bagus bangeeeeeet :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru =)
      Kamu juga bisa ke sini kok kalo memang mau, cari beasiswa ke China ga susah

      Delete
  11. Happy new yers bg. Semoga resolusinya tercapai semua, ya.

    Gue kangen ke sini itu, sama pemandangan keren2. :D

    ReplyDelete
  12. Travel sama berat badannya deh ane juga pengen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius? Kalo beneran bisa transfer lemak, gua kasih deh setengahnya. Gratissss

      Delete
  13. Wuiiiih...bukunya keren-keren, naksir deh lihatnya, hihiii..
    Btw, goodluck ya dengan resolusinya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua yg udah belajar Mandarin dua tahun aja masih mabok bacanya, serius...baca Hanzi tuh bikin mata cepet cape

      Delete
  14. Hai salam kenal ya. Aku follower baru hehe.
    Amiiin semoga semua resolusinya tercapai. Aku sih yang paling penting bisa lulus S1 dan rutin sholat :D Anyway, target baca bukunya Mandarin aja atau Indonesia? Buku Sabtu Bersama Bapak bagus deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal ya. Thanks udah mau mampir ke sini. Target baca bukunya bahasa apa pun boleh, cuma karena di sini kebanyakan bukunya dalam Bahasa Mandarin, jadi ya...begitu deh...

      Delete
  15. yang terakhir resolusinya sama kya gue :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi berat badan lu belom seberat gue kan?

      Delete
  16. Selalu terhanyut sama tulisannya om Keven. Selalu berpikir akhirnya: ya ampun gua masih muda begini, banyak banget yang harus gua lakuin, bukan cuma tongkrongin layar berjam-jam sambil leyeh-leyeh di kasur doang. Bukan cuma banyak merenung, tapi melakukan nggak. Pengalaman masih kurang banget, ikut organisasi nggak mau. Makin cuek sama orang sekitar..
    Ya tuhan gua mau jadi apa :')

    Buat resolusi terakhir, mungkin coba deh om pake diet ala food combining-nya @erikarlebang. Bikin lebih sehat dan semangat soalnya pagi pagi udah segar ^^
    Saya punya bukunya satu yang Bulan Ramadhan aja sih.. Kalo om mau pinjem sini pulang ke Bandung dulu :'>

    ReplyDelete
  17. met taun baru yah. hihihi. kayaknya memang lo harus travel more. biar banyak jalan sekalian lose weight kan jadinya ^_^

    ReplyDelete
  18. wah ngeliat resolusi tabungan lu gw juga jadi pengenbikin resolusi tabungan. minimal di 2015 nanti gua pnya tabungan 30 juta. #nah terus selama di papua gua kelaperan. ahahha

    ReplyDelete
  19. read 12 books berarti sebulan 1 ya. Aku juga haru smulai baca lagi nih

    ReplyDelete
  20. Keren kuliah di china >.<
    Semoga resolusinya tercapai semua tahun ini :))

    ReplyDelete
  21. Cihuuyy, keren nih, resolusinya. Semangat buat target baca sama pengurusan badannya, yaaaa. Sukses juga buat kuliahnya di sana. Kayaknya gue pertama kali ke sini, nih. Salam kenal bang!! :)

    ReplyDelete
  22. hahahah i feel you.. nasib mahasiswa sastra ya, mau ga mau harus nelen teori orang dalam bahasa asing. Dipastikan ngantuk tak berjung banget kalo gue. btw, sukses resolusinya! pantesan aja gak akan keabisan ide dan punya kendala di keterbatasan waktu :((

    ReplyDelete
  23. Mantab resolusinya. Sukses ya bang. Semoga tercapai semua resolusinya

    ReplyDelete
  24. waaaaah, baca ini aku jadi bener bener pingin bikin resolusi lagi kak..aku sampai sekarang juga belum bikin resolusi...hehehe..cuman udah kebayang pingin apa aja gitu..cuman beluuuuum...

    keren cuman kurang banyaaaakkk...hehehe..jadi inget bucket list punya mu yang dulu itu. apa kabarnya?

    ReplyDelete
  25. Waduuh, kalo BB naik di China tuh problem hampir semua orang deh kayaknya! (Kecuali ada 1 temen gw dimana ketika semua orang makin "gede", dia malah semakin mengecil).
    Tapi tar kalo dah kelar kuliah di China & forgood ke Indo, biasanya bakal menyusut sendiri kok ko. Itu pengalaman pribadi n temen2 serta sodara sendiri. Hohoho.. Jadi intinya adalah enjoy your stay in China! :p

    ReplyDelete
  26. Resolusi kedua sama kayak punya gue. Hehehe.
    Anyway, baru pertama kali kesini nih. Salam kenal ya. \:D/

    ReplyDelete
  27. lumayan yaa resolusinya .. tapi lose weight kayanyaaa duuuh , susah ya :D

    ReplyDelete
  28. waduh banyak juga yah mas resolusinya.. semoga terlaksana deh

    ReplyDelete
  29. Dapet tag dari gue ya

    http://www.immanuels-notes.blogspot.com/2015/01/mari-menghidupkan-kembali-permainan-tag.html

    ReplyDelete
  30. katanya kalo mau diet, makannya dilamain ngunyahnya. kalo cepet-cepet biasanya bikin gemuk. soalnya sering liat temenku makannya lama, walo dia doyan makan beratnya segitu juga. mungkin bisa dicoba. :D

    ReplyDelete
  31. resolusi yang bagus mbak , bisa menginspirasi saya juga .. semoga tetap semangat dan sukses selalu yag ^_^

    ReplyDelete
  32. Wah, kakak kuliah di luar negeri ya, pasti keren banget nih, kayak yang kakak bilang tadi bisa ketemu temen-temen dari mancanegara dan ngerasain suasana baru.

    Tapi, ngerjain 7 tugas setara skripsi dalam waktu 2 bulan, apalagi bahasa asing, pasti pusing minta ampun. Walaupun aku belum pernah ngerjain skripsi, tapi dari para mahasiswa, aku tau gimana susahnya bikin itu ._.

    Bagaimanapun rintangannya, tetap semangat ngadapin resolusi! :D

    ReplyDelete
  33. Selamat tahu baru kev! I want to say thankyouuuuuuu karena elu udah jadi bagian 2014 gw, inget gw rempong-rempongnya nanya lo sebelum ke Beijing :D Yep, travel more and write more please, lo buat gw selalu mau nambah bucket list, belum kesampean ke guilin ni liat hamparan gunung, haha. Semangat buat resolusinya! Resolusi gw? mampir-mampirlah :D

    ReplyDelete
  34. waduh pemandangan di chinanya itu indah juga, saya juga jadi ingin ke sana

    ReplyDelete
  35. Wah sadis amat itu 7 skripsi selama 2 bulan. *mabok mandarin*

    ReplyDelete
  36. @Claude C Kenni, wah asyik banget cerita tentang negara china.....dulu waktu lagi senang senangnya baca manga/komik jepang, waktu baca manga KENJI, kan ceritanya banyak tentang negara cina.....jadi pengin kesana....pengin ke kuil shaolin yang legendaris....hehehe.....

    oh ya, aku juga suka banget baca buku, makanya bulan2 ini banyak banget uang habis untuk belanja buku.....belinya secara online.....

    Tetap semangat ya.....semoga berat badan kamu kembali ke berat ideal......aammiinnn... :-)

    *resolusi aku tahun 2015 ,lagi praktek menulis #365HariNgeblog......semoga bisa istiqomah menulis selama 365 hari......aaammmiiinn :-)

    ReplyDelete
  37. Resolusi yang bagus. Semoga semuanya terwujud. Dan kalau ada yang belum semoga ada habl baik lain yang terjadi di tahun 2015 ini. Btw, soal berat badan, mungkin kamu cuma perlu makan teratur dengan gizi yang seimbang. Soalnya bulan November kemarin aku naik 3 kilo gara-gara ngemiiiiiil terus. Pas pola makan diperbaiki turun lagi, deh, hehehe :)

    ReplyDelete
  38. Resolusi lu keren BANGET, Kak !! *sengajacapslock :D
    Semoga kuliahnya lancar ya Kak Kev. Trus bisa balik ke Indo dan semoga ilmunya bisa manfaat buat sesama. Hope i can study abroad too, target tahun 2017. aamiin.
    Sempetin nulis cerita2 ttg kuliah S2nya ya :D

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe