Twenty Eight

23:59:00



Beberapa bulan yg lalu, waktu gua ngucapin selamat ulang tahun ke seorang sahabat yg saat ini umurnya sudah mendekati kepala tiga, gua mendapati bahwa dia tampak tidak begitu bahagia menghadapi hari ulang tahunnya tersebut.

Dia bilang, tidak tahu sejak kapan mulainya, tapi ulang tahun kini sudah bukan lagi merupakan sebuah hal yg menyenangkan bagi dia. Buat dia, ulang tahun seolah menjadi sebuah reminder akan satu tahun yg telah berlalu dan juga reminder akan hal-hal yg belum dia capai di usia dia pada saat ini. Ambil contoh misalnya Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook. Dia usia kepala dua, Zuckerberg berhasil menjadi multi-milyuner, sementara sahabat gua ini di usianya yg hampir mendekati kepala tiga, nyicil beli mobil aja belum kesampean.

Gua ngerti sih perasaan dia, gua yakin ga cuma sahabat gua seorang yg terkena krisis identitas di saat umur mendekati kepala tiga. Gua yakin di antara temen-temen pembaca sekalian juga banyak yg berpikir begitu...gua pun tidak jauh berbeda.

Gua kadang suka ngebandingin diri sama anak-anak muda Indonesia yg berhasil sukses di umur kepala dua. Raditya Dika misalnya, gua dan dia sama-sama udah ngeblog dari tahun 2003. Gua ga tau dia masih inget gua apa kaga, tapi gua tuh salah satu orang yg paling hobi ninggalin komen di blog Kambing Jantan. Dua belas tahun berlalu, Raditya Dika udah jadi penulis dan sutradara terkenal, sementara gua masih ga berubah, dari dulu sampai sekarang, tetaplah seorang blogger galau.

Lantas apakah benar perkataan sahabat gua itu, bahwa di umur segini yg namanya hari ulang tahun itu hanyalah sekedar reminder akan umur yg semakin menipis dan cita-cita yg masih tertunggak?

Sebelum gua bisa menjawab, sahabat gua itu kemudian melontarkan lagi satu buah pertanyaan kepada gua.

"Ven, kapan sih lu terakhir kali mengalami ulang tahun yg berkesan?"

Pertanyaan dia itu membuat angan gua melayang ke 8 tahun silam...

27 Agustus 2007, gua berdiri di depan pintu masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Kristen Maranatha. Gua yg saat itu baru saja melepaskan status gua sebagai mahasiswa sebuah perguruan tinggi paling bergengsi di Kota Bandung dan memilih untuk mengejar impian sebagai desainer di sini, membusungkan dada dengan bangga dan sejuta harapan, menghadapi hari pertama kuliah di jurusan impian gua.

8 tahun kemudian...gua udah lulus 3 tahun lamanya, dan gua masih belum jadi desainer sukses. Gua malah ambil Master di jurusan Bahasa Mandarin dan Pengajaran. Kalo diri gua di tahun 2007 mendengar akan hal ini, apakah dia akan bangga? Gua ga tau jawabannya karena gua yg sekarang sudah bukan diri gua yg dulu. Tapi yg pasti, gua tahu, bahwa segala hal yg sudah gua alami semua ini, semua pilihan dan jalan hidup yg pernah gua jalani, semuanya gua jalani dengan kesadaran penuh dan tanpa penyesalan.

Gua teringat pada ulang tahun gua yg ke 25, tanggal 27 Agustus 2012. Hari itu adalah hari di mana gua meninggalkan rumah, meninggalkan Bandung, meninggalkan segala rutinitas dan kenyamanan, berangkat ke seberang lautan untuk mengejar cita-cita. Dan sejak hari itu, segalanya pun berubah. Gua yg dulunya hanya berpikir mau cari kerjaan yg stabil dan hidup berkeluarga dengan tenang di Bandung, kini punya sejuta cita-cita. Gua mau traveling ke seluruh penjuru dunia, gua mau punya gelar pHD di bidang pendidikan, gua mau hidup gua ini bisa menginspirasi banyak orang dan meninggalkan senyum di hati orang-orang yg pernah gua temui.

Tapi di balik semua impian-impian yg megah itu, hari ulang tahun gua juga mengajarkan gua akan menghargai kesederhanaan. Gua ga akan pernah lupa sama ulang tahun gua yg terakhir, 27 Agustus 2014. Malam itu sahabat-sahabat gua menculik gua ke warnet dan kita maen game sampai subuh. Sebuah hal yg sangat-sangat simpel, tapi bagi gua, itu adalah sebuah bentuk hadiah ulang tahun terindah dari sahabat-sahabat gua. Mereka yg kini sudah sibuk sama keluarga dan pekerjaan, masih bisa meluangkan sedikit waktu di hari ulang tahun gua untuk berbagi sebuah kebersamaan. Call me emotional, but those are the best birthday gift one could have.

Hidup memang tidak selalu berjalan sesuai dengan yg kita inginkan. Tapi selama kita bisa menjalani segalanya dengan rasa syukur, gua rasa ga ada hal yg perlu kita sesali. Ga perlu membandingkan diri dengan orang lain karena setiap orang punya jalan hidupnya sendiri. Ada kenangan di balik setiap langkah dan ada tawa di balik semua air mata.

Buat gua, ulang tahun tidak hanya sekedar peringatan bertambahnya umur atau satu hari di mana gua bisa mendapat banyak kado *uhuk* atau kue *ehem* #kode , tapi juga sebuah momen untuk introspeksi diri, dalam setahun terakhir sudah sejauh apakah gua sudah berkembang sebagai seorang manusia?

Beberapa menit lagi gua akan bertambah tua, dan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, gua hanya punya satu permintaan :

"Tuhan, buatlah hidupku ini menjadi berarti bagi sesamaku, dan ajarilah aku untuk selalu bersyukur."

Dengan hati riang dan penuh harapan, gua akan menyambut hari ulang tahun yg ke-28 ini.

Dan hey, siapa tahu, ulang tahun gua yg kali ini juga akan jadi salah satu yg paling berkesan?



Here's to hoping 28 will be great...

Happy birthday, dear Me!

Cheers!



You Might Also Like

50 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Alhamdulillah semua harus disyukuri

    ReplyDelete
  2. sedih ko, gua juga uda masuk kepala 2 juga uda mulai galau kenapa umur nambah mulu. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Life begins at 30, Bi. Jadi lu masih punya banyak waktu untuk mikirin hidup, sekarang nikmati dulu aja hehehe

      Delete
  3. Selamat ulangtahun, om Keven!
    Semoga diberikan kesehatan, segala kesulitan dipermudah dan dimudahkan jalan untuk menggapai impiannya. Tuhan memberkati :)

    Kita sama sama lahir bulan Agustus ya xD
    Aku juga rasanya nggak pernah mengalami ulangtahun yang 'wah' gitu, tapi rasanya tiap tahun selalu berkesan karena banyak hal yang berubah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Kamu ultah tanggal berapa, Nys? Udah lewat belum?

      Thank you ya buat ucapan dan doanya =)

      Delete
    2. Udah lewat tanggal 14 om, hehe.
      Sama sama :D

      Delete
  4. Met ultah ya Kang Keven. Semoga makin ganteng, diperlancar segala urusan. Ayo, buat buku romance, gw beli deh kalo lo yang bikin! Soalnya gaya bahasanya ringan tapi tetep nyelekit kalo buat fiksi romance dimari.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, thank you ya Feb. Lu juga, sukses terus ya nulis cerita FTV nya!

      Delete
  5. Happy bday Keven, bisa kok nyaingin Raditya Dika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Lidya
      Iya, gua bisa nyaingin Raditya Dika dalam hal berat badan, hehehe

      Delete
  6. Happy b'day Keven, semangaaaat...

    ReplyDelete
  7. :) Selamat ulang tahun!
    Aku sangat mengerti perasaan itu. Karena aku pun mski masih 23 tahun, udah mulai berpikir ke arah kehidupan masa depan. Tapi setiap orang memang punya jalan rejeki.sendiri-sendiri. Rejekimu beda dengan rejeki Raditya Dika. Semoga sukses selalu ya di umur yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Vindy. Kamu juga, semoga sukses selalu yaaa

      Delete
  8. Setiap orang punya pencapaiannya msg2, rejeki orang pun jg begitu, walau sama2 penulis misalnya toh tar endingnya beda2, kyk km dan Raditya Dika. Tapi gakpapa tetep bersyukur :)

    Btw hbd ya Kev smg panjang umur. Aku jg dah kepala 2 kok tp untung gak galau hahaha
    Sukses selalu dan bahagia

    Btw tulisan dan penyampaiannya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mei juga semangat terus ya, teruslah menulis, teruslah berkarya =)

      Delete
  9. wah telat nih . Happy Bday ya.btw, jgn bandingin sama Raditya dong akh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga telat kok, pas hari ini ultahnya hehehe..
      Iya, gua akan jadi sukses dengan cara gua sendiri. Thanks ya Fanny =)

      Delete
  10. Replies
    1. Ga telat kok, hari ini ultahnya hehehe
      Thanks ya...

      Delete
  11. happy birthday ya.. umurnya cuma beda setaon nih hehehehe... gua juga kuliah dkv dan punya cita2 kerja di dunia advertising.... kayaknya keren ya kalo iklan yang kita bikin nongol di tv, majalah, koran, atau billboard... tapi pada kenyataannya....gua malah ga nyaman sama sekali di dunia advertising... jam kerja yang gila2an bikin gua jauh dari keluarga... akhirnya, kerjaan gua yang sekarang ga ada hubungannya sama sekali dengan dkv... nyesel? sebagian iya, tapi kalo sore2 uda bisa kumpul bareng suami dan anak, sama sekali ga nyesel hahahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, di beberapa post sebelum ini juga gua udah cerita kenapa akhirnya gua meninggalkan dunia advertising dan berubah profesi menjadi pendidik...

      Yah, jalan hidup manusia gak ada yg tau.
      Thanks ya buat sharing dan encouragementnya =)

      Delete
  12. cheers.. hbd, semoga emang jadi berkesan yak ultahnya. hmm... itu mah jangan dibandingin sama mark.z, dia emang pinter banget. sampe2 duitnya banyak banget meskipun baru berkepala 2. kalau orang nya nggak terlalu hoki mau sampai kepala berapa pun juga ya..... begitulah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang rejeki dan jalan hidup setiap orang itu berbeda hehehe...

      Daripada menjadi versi no 2 orang lain lebih baik menjadi versi terbaik diri sendiri, betul?

      Delete
  13. HBD bang Keven..

    Kayaknya iya juga ya kalo umur segitu buat ngejar cita-cita mulai susah, tapi gak ada yang gak mungkin kan? Semoga ultah tahun ini jadi yang berkesan ya :)

    Barangkali nanti bang Keven sama suksesnya dengan Raditya Dika tapi dengan cara yang lain..

    ReplyDelete
  14. ternyta seangkatan sama Raditya Dika.
    ngomong-ngomong blog yg seangkatan sama raditya dika yg mana yaa. di blog ini post yg paling lama tahun 2010.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu ngeblog di Friendster blog dan sekarang udah ditutup blognya, bangkrut bersama-sama dengan Friendster hahaha. Untung sebagian besar postingan terbaiknya udah gua back-up di Ms Word hehehe...

      Delete
  15. Happy birthday kak! Udah lama gak mampir ke sini ternyata emang makin keren. Ampun senior blogger. \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan disebut senior deh, kedengerannya jadi tambah tua hahaha...gua dari dulu sampai sekarang masih sama, hanya gaya penulisannya aja yg makin lama makin "dewasa"

      Delete
  16. Happy birthday, Kak Keven!
    Emang bener ya, smkin bertambah umurnya, ulangtahun itu jd gak semenyenangkan dulu lagi. Smkin kita dewasa jd mikirin umur kita yg mulai brkurang, dan apa aja yg udh trcapai di umur sgini. Di umur 18 ini sih aku baru mau memulai "hidup" yg sbnernya.

    Hidup itu emg gak selalu sesuai dgn apa yg udh kita rencanain, dulunya pgn begini, nanti bsa aja brubah pkiran, atau keadaan jg yg berubah. Kak Keven jg keren banget udh berani kluar dari comfort zone nya. Rezeki tiap org emang beda2, smga jalan yg kak keven pilih saat ini adalah yg trbaik. Smga sukses dan smua impiannya trcapai ya! :D
    Smga di ulangtahun berikutnya udah dapet..ehem.. Jodoh.. Aamiiinn :D

    Oiya aku suka nih gaya penulisannya kak keven, agak serius tp mudah dipahami, trs gak bkin bosen, udh gtu ngena banget lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk ucapannya Lulu, terima kasih juga udah mau baca dan komen tulisan gua ini. Komentar simpel seperti yg kamu tulis ini lah yg bikin gua selalu termotivasi untuk terus menulis.

      Sekali lagi, thanks yaaa =)

      Delete
  17. wahaha happy birthday bang :)

    Gak nyangka punya blogger senior yang udah ngeblog dari tahun 2003. Sungkem dulu ah

    ReplyDelete
  18. Habede bang kep. Sedih juga kalo ada impian kita yang enggak kecapai. Tapi ya emang gitu bang, kayak yang aku rasain akhir-akhir ini. Nggak semua impian bisa dicapai. Semoga di ulang tahun kali ini bang kep bisa ngewujudin impian-impian tahun ini dan tahun-tahun seterusnya. Tetep semangat :D

    Blogger senior yang masih aktif ngeblog. Asik nih bang kepp. Semoga aktif nulis terus.

    ReplyDelete
  19. HBD mas
    Doanya, apa yang kamu inginkan bisa tercapai.

    soal krisis jati diri juga sudah menimpa saya kayaknya. Saya dah mulai berpikir tentang pekerjaan saya sekarang yang hanya seperti itu saja. Memikirkan bagaimana keadaan temen saya yang sekarang udah pada lulus kuliah dan mulai bekerja. berpikir, walau saya udah lama kerja tapi sepertinya masih jauh tertinggal dari mereka.

    Tapi saya nggak seberani orang lain yang memutuskan untuk pergi mengambil langkah maju dan pasti. Sya masih ragu dan diliputin pertanyaan,. kalau saya berhenti kerja.. apa saya bisa mendapat kerjaan yang lebih baik

    ReplyDelete
  20. happy birthday om, duh.. telat.
    memangsih aku setuju klau umur nlang kepala tiga atau dua sebagaireminder tentang cita-cita tp tau gak kalau setiap manusia emiliki potensi yg berbeda-beda makanya itu suksesnyapun di umur yg berbeda. kalau akusih gitu...

    ReplyDelete
  21. Selamat ulang tahun bg keven... Semoga semakin banyak rezeki dan dimudahkan ke semua hal.

    Sebenarnya, gue sendiri masih dibilang muda. Tapi, ultah gak begitu spesial lagi buat gue. Soalnya gue selalu mikir tentang kematian bg. Akhir2 ini, gue ngerasa serem aja kalo mati nanti. Makanya pada akhirnya gue tinggal bersyukur aja sama apa yg dapet.

    ReplyDelete
  22. Selamat Ulang Tahun, Kak Keven! Yipppiiiiii~ Semoga sehat dan sukses selalu, yaaa~ \o/

    Aku jadi takut menginjak kepala 2. Huhuhu.

    ReplyDelete
  23. Happy birthday, ven. Lu itu termasuk salah satu blogger yang blognya gue kunjungin selalu. Ada beberapa blog sih yang gue ga akan pernah lupa, dan gue ga pernah ngarepin bewe juga. Bagi gue, blog2 itu termasuk lu klo ga dikunjungin, ada yang kurang. Tetep nulis ya di blog. Hehe.

    Btw Moga makin dewasa lu ya. Makin peka juga sama sikon sekeliling lu ya, hehe.

    ReplyDelete
  24. Ucapan temannya sama seperti aku, bahwa bukan masanya lagi bahagia di hari ulang tahun, hahaha. Tp aku msh 21-something sih.. Btw, keep writing ya kak, aku selalu suka sama tulisannya tp br kali ini komen :))

    ReplyDelete
  25. Wah... Kalau sudah begini, sah rasanya kalau saya menunggu tulisan tahun depan berjudul "Twenty Nine My Age"

    ReplyDelete
  26. Ternyata Koh Keven ini blogger angkata tua, toh. Bisa seangkatan sama Raditya Dika gitu. Pantes, tulisannya udah nendaaaang banget. Salut sama Koh Keven yang tetep nge-blog sampe sekarang, dan... gue bisa satu komunitas bareng.

    Btw, gelar pHd bukan Pizza Hut Delivey kan ya? Duh pertanyaan apa ini

    ReplyDelete
  27. udah telat banget! Gue ucapin aja selamat ultah~
    dan yang gue sering denger malah hidup dimulai dari angka 27

    ReplyDelete
  28. Hah, kamu udah ngeblog dari tahun 2003 sama kayak raditya dika? Gilaaa keren banget.

    Aku sebagai anak yang masih berumur 18 tahun atau 10 tahun lebih muda :p merasa tulisan ini beneran deep. Kayaknya tahun tahun berikutnya aku juga makin biasa aja dengan ulang tahun. Begitu kayaknya..

    Terus juga, jangan banding bandingin diri sendiri dengan orang lain, bersyukur juga kita masih lebih beruntung dari orang lain. Selamat ulang tahun yaa

    ReplyDelete
  29. Selamat ulang tahun bg keven

    setiap orang pasti punya jalan hidupnya masing masing dan rejekinya
    jangan suka membandingkan kehidupan orang
    karena apa yang orang lain miliki mungkin saja ada dalam diri u bang
    semangat

    ReplyDelete
  30. Selamat ultah bang keven, semoga di tambah yang baik-baik dan semoga menjadi yang terbaik di antara mereke yang terbaik..

    ulang tahun !! bertambah umur iya, berkurang umur iya, gue sendiri sampai segede ini belom pernah ngerayain ultah gue, dulu pernah sih tapi sama pacar yang udah jadi mantan sekarang *hiks*. bertambahnya usia membuat kita berfikir lagi apa lagi kalo di usia 20.an keatas, bukan senang-senang lagi tapi mulai berpikir masa depan apalagi kalo punya kenalan yang satu angkatan tpi temannya itu udah sukses duluan malah bikin nyesek tapi ngak ada salahnya buat nyoba lagi dan nyoba lagi, semangat pokoknya :)

    ReplyDelete
  31. Happy born day kak Keven yang ke 28! ;)) sukses selaluuu.

    abang seangkatan sama Raditya Dika yah ngeblognya? udah lama juga yaaa. nggak papa kak, jangan membanding-bandingkan diri, tiap orang ada masanya, tiap masa ada orangnya. :)) keep spirit terus yaa!

    ReplyDelete
  32. Happy Birthday Kak Keven. Yap, bener banget.. ulang tahun emang sudah seharusnya jadi ajang instropeksi diri. terlebih lagi instropeksi diri buat mensyukuri kesempatan berupa umur yang telah tuhan percayakan sama kita. Sukses selalu ya kak :)

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe