Me and My Thai Girlfriend : Mengatasi Kejenuhan

20:41:00

Jiuzhaigou, Sichuan / October 2015

Postingan ini terinspirasi dari komentarnya Safira Nys di postingan sebelumnya. Terima kasih untuk inspirasinya ya =)


Waktu gua jomblo dulu, seperti halnya jutaan jomblo ngenes lain di bumi Indonesia ini, gua sering banget ngeluh soal betapa sulitnya mencari pacar. Sedih karena ditolak, merana karena cinta bertepuk sebelah tangan, galau karena di-Friendzone, dan lain sebagainya. Di dalam otak gua, gua selalu berandai-andai bahwa mungkin setelah punya pacar nanti, hidup gua yg merana ini akan berubah, semua kehampaan ini akan lenyap karena dimaknai oleh cinta, semua air mata akan hilang digantikan oleh bunga-bunga indah yg bermekaran.

Tapi ternyata GUA SALAH, kawan.
Yg namanya pacaran itu, ternyata tidak sesimpel yg kita bayangkan.

Buat pembaca baru blog ini, gua mau cerita sedikit ya. Pacar gua itu orang Thailand, seorang cewe cantik bernama Lily. Kita saling bertemu waktu gua lagi S2 di Guilin, China. Sebenernya ini bukan pertama kalinya gua pacaran sama orang asing (sebelumnya pernah sama cewe dari China dan Russia) tapi sahabat-sahabat gua heboh banget waktu denger gua jadian sama orang Thailand.

Pertanyaan yg paling banyak mereka lontarkan ke gua adalah :

-------------------------------
Dia : Ven, lu YAKIN cewe lu tuh CEWE BENERAN? Ati-ati lho...
Gw : Yakin lahhhh...
Dia : Tau dari mana lu? Udah pernah liat dalemnya gitu?
Gw : Ya belom lah, gila! Tapi dia ga ada jakunnya kok, gua udah pastiin...
Dia : Eits, belom tentu! Di sana kan operasi plastiknya jago, gua denger bencong di sana sampe lebih cantik daripada cewe tulennya!
Gw : Errr...*speechless*
Dia : Ati-ati lho, Tar malem pertama, pas lu mau "buka segel", taunya dia punya anu gimana?
Gw : AH TAEK LO SEMUA! UDAH LAH JANGAN BIKIN GUA MAKIN PARANOID! BERISIK, BERISIK, BERISIK!
-------------------------------

Tapi ya, sekarang gua dan Lily udah jalan hampir 3 tahun. Dan gua 99% yakin dia itu cewe tulen, hehehe. Doain aja ya, semoga gua ga salah.

Anyway, pacaran bisa sampe 3 tahun itu bukan lah yg mudah lho. Gua pernah baca suatu buku (lupa judulnya) yg bilang bahwa masa jenuh orang pacaran itu terjadi setiap 8 bulan sekali. Dan seiring bertambah panjangnya umur pacaran kalian, rasa jenuh itu akan semakin kuat. Makanya jangan aneh kalo lihat pasangan yg sudah pacaran bertahun-tahun malah akhirnya putus. Justru semakin panjang umur pacaran kalian, resiko putus karena jenuh itu semakin besar.

Hubungan gua sama Lily pun tidak terlepas dari yg namanya rasa jenuh, apalagi kita tiap hari selalu ketemu : kuliah bareng, makan bareng, dan lain sebagainya. Kadang-kadang gua juga ngerasa jenuh banget, tiap hari ketemu dia lagi, dia lagi. Sampe ada kalanya, meskipun barengan tapi kita saling diem-dieman karena kehabisan topik pembicaraan.

Terus gimana caranya mengatasi rasa jenuh itu?

Caranya cuma satu...putar otak dan selalu isi hubungan lu dengan hal-hal yg baru, misalnya...

A) Gua dulu kalo nonton film serial kayak Game of Thrones, How I Met Your Mother, Agents of SHIELD dll tuh nontonnya sendirian. Nah, semenjak 2 tahun yg lalu, gua selalu ajak Lily nonton bareng sama gua. Nontonnya pake subtitle Inggris, jadi dua-duanya sama-sama ngerti. Selain menjadi kesempatan buat gua dan dia melewatkan quality time bersama-sama, kegiatan nonton bersama ini juga menambah bahan obrolan gua dan dia. Kalo lagi butek, ga tau mau ngomong apa, ya kita ngobrolin soal film aja, hehehe.

B) Setiap bulan, gua dan Lily rajin nabung sebagian uang beasiswa kita. Terus kita bikin target, setahun minimal kita pergi traveling dua kali. Sebelum pergi traveling, kita bikin rute perjalannya sama-sama, itung budgetnya sama-sama. Terus kita bagi tugas, gua booking tiket kereta dan pesawat, dia booking hotel. Jadi yg seru dari traveling itu tidak hanya perjalanannya, tapi saat persiapannya. Dalam hal yg traveling, gua dan Lily terbukti merupakan sebuah tim yg kompak. Selama 3 tahun gua dan dia di China, kita udah pernah pergi ke lebih dari 20 tempat di seluruh penjuru China. Mulai dari kota-kota besar seperti Beijing dan Shanghai, ke tempat-tempat jauh nan eksotik seperti Zhangjiajie (pegunungan yg jadi inspirasi James Cameron saat membuat film Avatar) dan Jiuzhaigou (Lembah Sembilan Warna), sampai ke tempat-tempat yg jarang didatangi orang seperti Harbin (yg suhunya minus 35 di dekat perbatasan Russia) dan Shangri-la (kota di dekat perbatasan dengan Tibet yg tingginya 4800 di atas permukaan laut)

Intinya, coba rancang suatu kegiatan yg bisa kalian lakukan berdua. Piknik dan hunting selfie bareng misalnya? Atau pergi kuliner bareng? Sesuaikan sama hobi lu dan pasangan lu juga. Gua kenal sepasang kekasih yg kegiatan favoritnya adalah hunting Pokemon bareng, ada juga sepasang kekasih yg kalo pacaran suka maen game online bareng-bareng. Semua itu sah-sah, asalkan lu dan pacar lu bisa enjoy dan spend quality time bersama-sama.

Harbin / January 2016

Shangri-la / April 2015

C) Meskipun sudah punya pacar, tapi jangan lupa untuk selalu memperluas pergaulan dan juga mengisi hidup lu dengan segudang prestasi. Selain kuliah, di Guilin gua juga aktif ikut berbagai macam kegiatan di kampus, misalnya jadi ketua Himpunan Mahasiswa Internasional, aktif di PPIT (Perhimpunan Pelajar Indonesia-Tiongkok), lomba karaoke, lomba pidato, dan lain-lain. Apa manfaatnya? Jadi saat gua bareng Lily, gua punya banyak cerita untuk diceritain hehe. Tadi siang di himpunan ngerjain apa aja, terus ada gosip-gosip terbaru apa di kampus, dll.

Lumayan kan ide-idenya? Semoga yg gua ceritain di sini bisa bermanfaat buat temen-temen pembaca. Buat mereka-mereka yg lagi jenuh, saran gua cuma satu : terus putar otak dan buatlah hubungan kalian tetap fresh dan penuh hal-hal baru. Memang tidak semua hal melulu harus dijadikan rutinitas, nanti malah jadi bosen, tapi kadang sedikit rutinitas itu perlu.

Oke segini dulu ya cerita soal hubungan gua ma Lily. Setelah baca, jangan lupa tulis komentar di bawah ya, soalnya komentar-komentar dari kalian semua adalah sumber inspirasi menulis gua, hehehe.

Terima kasih buat Safira Nys dan teman-teman pembaca lainnya yg selalu setia berbagi inspirasi dengan gua hehehe. Di postingan-postingan selanjutnya mungkin gua pengen cerita soal kendala bahasa dan juga soal LDR.

Tongkrongin terus Emotional Flutter ya! Stay Tuned.

PS : Kalo memang lu mencintai seseorang, pertahankanlah dia dengan segala kemampuan yg lu miliki. Jangan pernah menyia-nyiakan cinta yg datang dalam hidupmu, karena yg namanya penyesalan itu selalu datang terlambat.



You Might Also Like

36 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. As I read this kemudian aku menyadari bahwa aku pernah nanya hal yang sama ke om Kev: "Om ga takut kak Lily bukan cewek beneran?" waktu kopdar. Hahahaha. Lucu sih kalo diinget-inget.

    Ya emang, pacaran ga mudah banget. Butuh banyak usaha dan perjuangan.
    Makasih ya om wejangannya. Tapi btw quotes terakhir nusuk amat sih.. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu quotes maknanya dalem. Mungkin di postingan2 berikutnya bakal gua bahas, tapi intinya adalah : kata orang, seudah nikah nanti, kemesraan kita dan pasangan kita paling cuma bertahan beberapa tahun saja, setelah itu bakal pudar ditelan waktu dan rutinitas. Setelah itu, apa yg bikin kita masih tetap bersatu dan mencintai? Usaha, komunikasi, dan komitmen. So, jangan pernah menyepelekan atau menyia-nyiakan cinta. Kalau mau awet sama pasangan lu, semua itu butuh usaha.

      Delete
  2. Travelling bareng pacar,,, Kayaknya oke tuh...!!!

    Tapi gimana ya,,, kerjaan gue sekarang, malah ngurusin liburan orang jadi pemandu wisata Pulau Seribu... Tapi gak masalah buat ngisi kejonesan sementara,,, klo udah ada gebetan baru nyusun rencana buat travelling...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa, siapa tau suatu hari lu bisa buka biro travel sendiri, terus bawa rombongan traveling ke luar negeri? Wkwkw. Jadi tour guide itu kerjaan impian gua lho, sayangnya gua ga ada kesempatan buat ngejalanin profesi itu. Sering-sering cerita di blog ya soal kehidupan lu jadi tour guide, gua pengen baca hehehe

      Delete
  3. Ko, ceweknya cantik banget!!!
    Kalau aku sih yakin ini cewek tulen ko, bukan abal2 kok, hahahaha
    Tertarik banget sama cara koko dalam menjalin hubungan. Yang travelling tuh boleh lag dicoba ko, tapi pas sadar, oh ya aku kan jomblo *lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp, sekarang kuliah/kerja yg rajin dulu, terus nabung. Nanti kalo suatu saat punya pacar, bisa dicoba kan? Wkwkwk

      Delete
  4. Keren banget sih punya girlfriend orang thailand.
    Gue kan suka banget tuh ya nonton film-film Thailand.
    jadi pas tau ada orang Indo punya girlfriend org thailand gue langsung heboh wkwk.
    krenya lagi lo udah 3 tahun men ? wkwk jago Banyak Bhs, lo ya ?
    Bhs. Thai, Russky ama China ? Master lo claude

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa Russia cuma bisa ngomong I love you sama maki-maki orang doank wkwk, waktu itu kita komunikasinya pake Bhs Mandarin

      Delete
  5. ngahahahaa hahaha hahaha..

    haa..

    ha..

    Jleb gimana gitu baca postingan ini. Tadi di dashboard liat judulnya aja, lgsg aku klik :))
    Well, bener bgt, pacaran itu ngga berarti merasa bahagia mulu. Bener juga fase2 bosen itu kejadian di rentang waktu +8bulanan. Bertahun2 pacaran, faktor bosen ini sih yg menakutkan.. Tapi piye toh Bang Kev, kalo kita sendiri pengen keluar dari jenuh itu tapi pasangannya yg diajak uda males duluan nyoba hal2 seru, pdhl maksudnya biar ada hal baru gitu..
    *haaah ribet banget ya*

    Semoga langgeng ya Bang! Pacarnya cakep uy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. It takes two to tango. Jadi ya tips-tips di atas hanya berlaku apabila kedua belah pihak MASIH ingin memperjuangkan hubungannya =)

      Delete
  6. Paragraf2 pertama mengena banget #ehh
    Btw, iyah saya baru ngeh soal "never take things for granted" Baru aware. Hubungan memang harus dirawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, ga ada yg gratis di dunia ini, semuanya juga butuh usaha dan pengorbanan

      Delete
  7. menurut gw ada benernya juga tuh bang yang diomongin oleh kawan lo soalnya rata cewek cantik di thai itu operasi plastik, coba sekali2 pastiin dulu bang biar nanti gak nyesel dikemudian hari.

    Btw, asik juga ya bang bisa travelling sama pacar tercintah, jadi kepengen seperti itu.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta izin ke doi untuk cek anu-nya bang :)) wkwkwk

      Delete
  8. Mungkin saat lo bilang jomblo ngenes yang ada dibumi Indonesia ini, kok gue tersinggung ya huahaha... tapi gak jones juga sih, kalo gue sih lagi pengen menikmati kejombloan ini, munking tips berguna yang lo berikan, ini akan berguna untuk gue dikemudian hari bang.

    By the way, quotenya keren, nice post bang :)

    ReplyDelete
  9. Sayangnya gue belum pernah pacaran , tapi eeitts itu bukan menandakan kalo gue ini enggak laku dimata kaum hawa...

    Cuma guenya aja yang belum siap , kan kata lo sendiri bang "pacaran enak se simple yang kita bayangkan"..

    Weeww dapet orang Thailand , lumayan tuh ...btw , sekarang udah lulus belum bang kuliahnya ? kalo belm semga cepet lulus ya ? ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. "pacaran enggak se simple yang kita bayangkan" sory typo bang .

      Delete
  10. 3 Tahun pacaran ni bg? Hem... Gue punya temen ada yg udah 6 tahun pacaran. Keren gak? hehehe.

    Semoga apa yang menjadi cita-cita kalian bersama bisa terwujud ya bg. Lagian, cewek abang mah, calon mantu idaman keknya.

    Hem... Ide bua travelling bareng pacar boleh juga tuh bg. Iya, kalo di sana. Di sini manalah boleh bawa anak orang semabarangan bg...:D

    ReplyDelete
  11. *bantin laptop*

    sekalinya main ke sini lagi, nemu tulisan yang ngebahas pacar. udah kuliah d luar negri, dapet pacar yg beda negara juga. nah sama koh, gue kuliah d luar, mahasiswa perantuaan, bedanya ga punya pacar aja. yg indo aja ga punya, gmna sma yg luar negri. bagi tips lah, biar bisa deket sama lawan jenis yang luar negri, koh.

    gue orangnya ga pedean juga sih, wehehehe

    tapi beneran deh, pacaran sampe tiga tahun? gue masih bngung sma orang'' yg pacarannya bisa lama banget kayak gitu, sbnernya ngomongin apaan aja sih? gue aja kdg bosen, kalo udah ksringan ketemu selama dua minggu gitu. ga tau deh, gmna jdinya kalo smpe tiga tahun.
    ngomongin orang thailand, ga tau kenapa gue malah lucu sih denger obrolannya orang thailand, pgen ketawa aja gitu, hahaha.
    lu bisa bahasa thailand juga ga koh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal topik obrolan, seperti yg gua tulis di atas, gua sering kehabisan topik, apalagi gua setiap hari minimal 6-8 jam bareng dia. Tapi ya kitanya yg harus kreatif, cari cara untuk terus bikin hubungan kita ga stagnan. Kalo udah nikah nanti, lu dari buka mata sampai tutup mata tiap hari bakal bareng istri lu, sama aja kan? Wkwkwk.

      Gua bisa Bahasa Thailand dikit2, nyapa, ngajak makan, bilang sayang, dll. Gua belajar dari dia, dia belajar dari gua hehehe. Kalo soal pede, ya itu yg harus dibangun. Kalo lu ngerasa diri punya kemampuan, kenapa harus ga pede?

      Delete
  12. sayangnya gue belum pernah berpacaran, iya jadi gue belum pernah ngerasain yang namanya galau, gelisah, karena pacaran.

    btw, kmu S2 di Luar negeri?, wuihh keren!

    ReplyDelete
  13. cie bang claude pacarnya orang thailand, ntar nikahannya gimana bang? udah ngrasain baper berapa tingkat ?

    ReplyDelete
  14. cie bang claude pacarnya orang thailand, ntar nikahannya gimana bang? udah ngrasain baper berapa tingkat ?

    ReplyDelete
  15. Baru aja mau gue tanyain itu beneran cewek eh udah dibahas di postnya haha. Semoga beneran cewek dan bisa sampai ke tahap yg serius ya bang.

    Bener tuh pas pacaran banyak masa jenuhnya. Emang harus saling sibuk sih biar punya cerita masing2 buat diceritain ke pasangannya.huhu

    ReplyDelete
  16. saya yakin ceweknya kokoh itu beneran cewek tulen.. secara cantik banget.. :D
    keren ya kalau bisa travelling bareng sama pacar.. :D
    koh, berarti kalo ngomong sama pacar pake bahasa inggris terus dong?

    ReplyDelete
  17. Ehem2, cewe nya cantik sekali :D
    Begitu ya, pesan saya si sifat kreatifnya di pertahankan, jgn cm pas pacaran saja, tapi lanjutkan juga kalau nanti sudah menikah.

    Kan banyak loh yg pacarannya seru, tp pas udh nikah ga dilanjut lg keseruannya. Hehe

    Eh, skrng LDR donk. Ada rencana mau bertemu Lily lagi kah di Indonesia?

    ReplyDelete
  18. Haha jangan sampai parno yaa. Btw bener kata pipit, cewe si ko cantik bangett. Moga langgeng

    Untuk tipsnya gue suka semua ko, apalagi travelling bareng. yang dimana satu sama lain ada tugasnya haha. bisa dicoba tuh

    ReplyDelete
  19. Osiiiippp... keren banget gaya pacarannnya. Nabung berdua trus trip berdua. Sweet. Moga langgeng yaa...
    kalau aku sama doi, biar gak bosen adalah tetep sibukin sama kegiatan masing2 misal karir, sekolah, usaha. Weekend, fulltime. Jalan2, makan, nonton, dll.
    Bayar makan sendiri-sendiri, jadi moment traktir itu jarang dan selalu berkesan, karena traktir biasanya pas lagi ada rejeki diantara kami, suasana heppy, ditraktir jadi makin heppy. :D Jadi kangen pacar...

    ReplyDelete
  20. kereen om, tips yang sangat berguna banget kalo kita jenuh sama hubungan kita dengan pasangan. Terimakasih
    buat usaha bareng seru juga loh sepertinya om, ngabisin waktu bersama jugakan hehe

    gilaak ya udah sampai tiga tahun pacarannya, semoga langgeng ya. cepet nikah,cepet punya momongan pasti lucu deh nanti debaynyaaa

    ReplyDelete
  21. Hahaha,, percakapannya ngehek bgt yak,, btw.. smangat yaa..cepetin nikah.. heheh

    ReplyDelete
  22. wihhh, asik abis dapet cewek thailand! beda negara, bisa belajar banyak hal terutama budaya. asik banget deh bro, swadee khapp

    ReplyDelete
  23. Belum bisa ngajak pacar untuk traveling, belum dibolehin sama orang tuanya. Lagian juga mikir traveling sama pacar trus kalo mau ke penginapan bisa digrebek satpol pp kalo satu kamar.

    Jadi, gue urungkan niat untuk traveling lebih memilih menabung untuk menikahinya. Karena gue udah ga sabar traveling sama dia :D

    ReplyDelete
  24. Oh this is great! I'll keep this in mind for when I have a significant other hahaha.

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe