Some Life Lessons From 29 Years Old Me

08:56:00



Kemaren gua berulang tahun yg ke 29, hehehe.

Seharian itu gua ga ngapa-ngapain sih, cuma beres-beres rumah, nonton film di laptop, nulis blog, dan ngebalesin ucapan-ucapan selamat yg masuk hehe. Wah ternyata banyak banget yg masuk, kalo ditotal yg masuk lewat FB, Line, QQ, dan Wechat, bisa ratusan tuh jumlahnya, dalam berbagai bahasa pula. Gua baru sadar kalo gua punya banyak lingkaran pergaulan dan teman-teman yg udah lama ga disapa.

Gua kenal beberapa orang temen yg sengaja ga pasang notif ultah di Facebooknya karena mereka males sama kondisi kayak gini. Capek ngebalesin ucapan selamat satu persatu, apalagi dari orang-orang yg mereka ga begitu deket. Kalo gua mikirnya beda. Moment ini tuh jadi salah satu moment bagus untuk reconnect sama temen2 lama. Kalo ada temen atau kenalan yg ngucapin selamat ultah di socmed, selaen say thank you, gua juga akan tanya apa kabarnya dia. Dan dari situ, gua sama dia bisa lanjut ngobrolnya hehe. Akibat ngebalesin ucapan-ucapan selamat di socmed kemaren, gua berhasil bikin janji ketemuan dengan beberapa teman lama yg udah lama ga ketemu. Bukankah ini yg namanya berkat? Wkwk.

Anyway, di ultah yg ke-29 ini, gua melakukan banyak introspeksi soal hidup gua, dan gua sadar bahwa gua punya banyak kekurangan dan kebiasaan buruk yg harus diperbaiki. Melalui postingan ini, gua mau ngerangkum beberapa pelajaran hidup yg telah gua pelajari selama 29 tahun hidup di dunia ini. Semoga bisa jadi inspirasi buat temen-temen pembaca semuanya ya.

1. Lingkaran pertemananmu menentukan siapa dirimu.
Memilih bergaul dengan siapa bisa dibilang adalah salah satu pilihan paling penting di kehidupan lu, terutama di masa-masa umur 20-an. Kenapa? Karena pergaulan lu akan berpengaruh terhadap kesuksesan dan juga masa depan lu. Kalo misalnya lu suka traveling, banyaklah bergaul dengan orang-orang yg juga suka traveling. Kalo lu bergaulnya dengan orang-orang yg ga suka ke mana-mana, ya pada akhirnya lu juga ga akan ke mana-mana.

Memang bukan berarti dalam hidup kita segalanya harus tergantung pada teman, tapi hanya segelintir orang di dunia ini yg berani melakukan segala sesuatunya seorang diri. Ambil contohnya aja, coba di kalangan temen-temen pembaca sekalian, ada berapa orang sih yg seneng nonton ke bioskop sendirian? Pasti ga banyak kan jumlahnya? Manusia itu adalah makhluk sosial, dan dalam hidup kita, kita akan selalu butuh orang lain.

Secara langsung maupun tidak langsung, orang-orang yg ada di lingkaran pergaulan lu itu akan mempengaruhi diri lu : mempengaruhi gaya hidup lu, pola pikir lu, dan kebiasaan hidup lu. Contoh simpelnya, kalo lu sehari-hari bergaul dengan orang yg banyak mengeluh, lama-lama lu juga bakal jadi ikut-ikutan sering mengeluh karena secara tidak sadar, kebiasaan mengeluh itu tertanam sebagai hal yg wajar di dalam hidup lu. Karena itu banyaklah bergaul dengan orang yg bisa membawa perubahan positif di dalam hidup lu dan jauhi orang-orang yg hidupnya penuh dengan hal-hal negatif.

Ga usah jauh-jauh, coba lu liat timeline socmed lu, coba lu liat akun-akun twitter atau instagram yg lu follow, coba lu liat blog-blog yg ada di reading list lu. Mana yg bisa memberikan nilai positif buat lu, boleh lu keep. Sementara akun-akun atau blog yg tiap hari kerjaannya ngeshare berita rasis atau tidak bermutu, sebaiknya lu unfollow aja. Karena hal-hal negatif seperti itu selain bisa merusak mood, dalam jangka panjang juga bisa mempengaruhi pola pikir lu. Orang yg setiap hari kerjaannya baca artikel-artikel galau, akan terpengaruh menjadi mudah galau. Sementara orang yg setiap hari mengisi harinya dengan bacaan-bacaan positif, akan menjadi lebih optimis dan termotivasi. Setuju?




2. Belajarlah dari pengalaman orang lain
Pengalaman adalah guru yg terhebat, gua rasa kita semua setuju dengan pernyataan ini. Tapi orang-orang yg sukses, tidak hanya belajar dari pengalaman sendiri, melainkan juga dari pengalaman orang lain. Jaman belum ada Internet dulu (iya, gua lebih tua daripada Internet), kalo butuh mencari suatu informasi, kita harus tabah diam berjam-jam di perpustakaan, mencari-cari di antara rak-rak buku yg berdebu. Di era Internet ini, kita bisa dengan mudah mengakses segala informasi yg kita butuhkan. Apapun yg kita butuhkan, bisa kita temukan lewat Google. Kalopun ada hal yg benar-benar tidak kamu ketahui, kamu bisa bertanya ke pakarnya lewat forum-forum atau lewat Quora.

Jadi, manfaatkanlah kemudahan ini dengan bijaksana. Gua liat generasi muda kita masih banyak orang yg lebih milih jawab "Ga tau" daripada googling dan nyari jawabannya. Teknologi smartphone udah secanggih itu, kita bisa browsing di mana aja, kok masih males?

Banyak membaca adalah salah satu cara terbaik untuk belajar dari pengalaman orang lain. Memang kita belum pernah ke Negara A, tapi dengan membaca kisah perjalanan orang lain di Negara A, kita bisa mengetahui banyak hal tentang Negara A. Selain banyak baca tentang motivasi dan pengembangan diri, gua juga senang baca pengalaman hidup orang lain : tentang cinta, persahabatan, traveling, ataupun bisnis. Menurut gua, belajar itu adalah sebuah proses yg harus kita lakukan seumur hidup, bukan hanya sekedar untuk mendapatkan gelar. So, jangan mudah merasa puas dengan diri sendiri. Buka hati, kosongkanlah gelas lu, supaya gelas itu bisa terus diisi dengan pengetahuan-pengetahuan baru. Orang yg sukses adalah orang yg selalu merasa lapar, lapar akan pengetahuan baru, lapar akan pengalaman baru, lapar akan kehidupan yg jauh lebih baik.

Gua juga selalu lapar, makanya gua gendut #alibi




3. Jangan menilai diri lu dari mata orang lain
Manusia itu makhluk yg tidak pernah puas, dan apapun yg lu lakukan, lu tidak akan bisa memuaskan semua orang. Karena itu, tidak peduli sebaik atau sesukses apapun lu, akan selalu ada orang yg benci sama lu, akan selalu ada orang yg mengkritik lu, berusaha menjatuhkan lu. Apalagi kalo lu adalah seorang pencipta, entah pencipta lagu, tulisan, atau mungkin...perubahan.

Salah satu alasan kenapa Ahok mempunyai begitu banyak oposisi adalah karena dia banyak menciptakan perubahan. Manusia itu makhluk yg sangat tidak menyukai perubahan, apalagi di saat manusia itu sudah PW, sudah berada di posisi yg enak, sudah nyaman dengan rutinitasnya. Perubahan itu memaksa manusia untuk memulai lagi, membiasakan diri lagi, dan semua itu butuh usaha, makanya, manusia TIDAK SUKA PERUBAHAN. Dan jika kamu menciptakan perubahan, menciptakan inovasi, kamu akan banyak dibenci, banyak dihujat, banyak tidak disukai. Tapi tidak apa-apa, lakukan saja hal yg menurut kamu benar, dan jangan menilai dirimu dari mata orang lain.

Satu hal, mengkritik orang lain itu mudah, tapi di saat sang pengkritik itu disuruh bertindak, belum tentu ia mampu melakukannya lebih baik daripada orang yg ia kritik tersebut.



Terakhir dan yang PALING PENTING : 
Jangan Lupa Bersyukur

Manusia itu memang makhluk yg tidak pernah puas. Sewaktu kecil, kita berharap ingin cepat dewasa. Setelah dewasa, kita berharap bisa kembali ke masa kecil. Sewaktu jomblo, sering sirik liat pasangan yg lagi mesra-mesraan. Setelah punya pacar, sering rindu akan kebebasan di saat masih sendiri. Banyak hal yg terlihat indah di saat kita tidak memilikinya. Setelah memiliki, kita baru mengerti : ternyata di saat kita memperoleh sesuatu, di saat itu pula kita pun kehilangan sesuatu.

Jadi ya jangan selalu sirik atau membandingkan diri dengan orang lain. Jika seseorang memiliki sesuatu yg lebih daripada yg kamu miliki, itu tandanya orang itu juga telah berkorban lebih atau telah membayar harga lebih untuk itu. Misalnya, dulu waktu gua dapet beasiswa kuliah ke luar negeri di blog, ada beberapa kenalan gua yg sirik dengan kesempatan yg gua miliki itu. Mereka tidak tahu, bahwa kuliah ke luar negeri itu juga banyak pengorbanannya. Misalnya, selama 4 tahun terakhir, gua banyak melewatkan pernikahan teman-teman baik gua. Selain itu, gua juga pernah diundang untuk ikut kopdar blogger atau ngisi acara talkshow, tapi gua ga bisa hadir karena gua ga ada di Indonesia. 

Intinya, memang di China gua banyak dapet pengalaman baru, tapi di saat yg sama, gua juga kehilangan banyak kesempatan untuk mengembangkan karir. Sekarang gua masih sibuk cari kerja, bersiap-siap memulai karir, sementara temen-temen gua kerjaannya udah stabil, hidupnya udah mapan, udah nikah dan punya anak.

Hidup itu selalu tentang PILIHAN, dan gua ga nyesel dengan jalan hidup yg telah gua pilih ini. Gua bersyukur, gua diberikan kesempatan untuk mengalami hidup yg "berbeda" dari kebanyakan orang. Dan meskipun resikonya sekarang gua baru akan memulai karir di umur 29, gua bersyukur atas segala tantangan yg gua hadapi ini, karena ini tandanya Tuhan memberikan gua kesempatan untuk berusaha mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi dari saat ini.



Ya udah, segini dulu ya postingan kali ini. Semoga apa yg gua bagikan di sini, bisa berguna buat teman-teman pembaca sekalian. Ingat, tidak ada kata terlalu dini atau terlalu terlambat untuk memperbaiki diri. Pola pikir dan kebiasaan yg kamu tanamkan di masa umur 20an ini akan mempengaruhi kehidupan kamu di masa depan kelak.

Setelah membaca, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini ya!
Sampai ketemu di postingan-postingan berikutnya, stay tuned!

You Might Also Like

30 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Iya sih, kadang merasa gimana gitu kalo terlihat beda dari yang lain. Tapi semakin dewasa semakin sadar kalo menjadi sukses dan berhasil gak harus dengan cara yang sama. Jadi makin woles aja jalanin hidup.

    Btw, happy birthday ya ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks! Iya, setiap orang punya jalan sendiri menuju sukses hehehe

      Delete
  2. Selamat ulang tahun bang Kev, tanggal 28 ya? Gue juga kemaren tanggal 26 masuk umur 25. hahah ..Gue bersyukur di umur ini udah 'berdamai' dengan diri sendiri. Tapi emang masih perlu banyak belajar lagi soal hidup, seperti poin-poin yg lu sampai diatas. Sulit sih, tapi pasti bisa. :)

    Sekali lagi selamat ulang tahun, panjang umur, sukses terus, jangan pernah puas dalam berkarya, keep writing. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggal 27 hehehe. Umur 25, wah asik tuh, umur di mana gua pertama kali berangkat sekolah ke China. Thanks, you too, semangat kejar mimpinya, dan jangan lupa have fun =)

      Delete
  3. Selamat menua ko keven
    Wah ternyata teori makin berumur makin bijaksana bener yakk..
    Lama banget ngga ke sini, aku takjub gitu baca tulisan ko keven sekarang

    Semoga sehat selalu dan bahagia selalu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya, semakin bertambah umur gua, semakin gua sadar bahwa banyak hal yg tidak gua ketahui, jadi harus lebih banyak belajar dan berbagi. Gua harap sih gua semakin berumur, semakin rendah hati hehe

      Delete
  4. happy bday kev!^^
    gue setuju sama point2 yang lo share.
    mau nanya deh, ngerasa gak sih kalo semakin umur bertambah, semakin kecil circle kita. kenal sih sama banyak orang, tapi ketika ngumpul ya itu lagi yang dateng. gue sih ngerasanya gitu ya, makanya lagi memperluar pergaulan lagi~ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, gua ngerasain banget, makanya kita harus memperluas pergaulan. Ga melulu harus sama yg seumur, sebaya, atau seprofesi. Kadang sama yg lebih muda atau lebih tua juga sama asiknya hehe

      Delete
  5. Kadang kritik dr org lain perlu diperhatikan sih, kdng saking sayangny org ke kita hehe #Imho :D

    Btw Happy Bday! :)

    ReplyDelete
  6. happy birthday koh kevin. semoga lo cepet dapet kerja hahaha
    bair nggak ngedumel di blog.

    menurut gue penilaian orang lain juga perlu bang, asal jangan terlalu didikte orang lain ajah. artinya kita juga masih butuh penilaian orang, terlepas orang itu emang nggak suka sama kita atau suka sekalipun.

    pergaulan itu emang pengaruh paling besar pembentukan karakter kita, makanya gue sekarang agak pilih-pilih teman main. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penilaian orang lain itu perlu memang, malah kadang kita gak minta pun orang lain tetap akan menilai kita.

      Tapi yg mau gua tekenin di sini adalah...gak semua penilaian2 itu harus lu dengerin dan dimasukin ke hati. Mungkin kesannya gak make sense buat lu, tapi ya tunggu aja, suatu hari lu mungkin bakal ngerti maksud gua =)

      Delete
  7. Baru aja tadi ngobrol sama kakakku yg psikolog. Dia tiba-tiba bilang: "Di dunia ini tuh nggak ada pilihan yang benar dan salah. Orang-orang datang ke psikolog bukan untuk membenarkan diri atau menyalahkan keputusannya. Kami cuma dituntut buat membuka sudut pandang mereka, bahwa setiap pilihan SELALU punya resiko. Kalau udah tau resikonya, mereka baru bisa yakin."

    Ya itulah kenyataannya, hidup memang tentang pilihan tapi nggak ada yang benar dan nggak ada yang salah. Semuanya beresiko. Astaga, manusia dan kehidupan itu rumit banget ya. Kadang serem juga kalau dipikir-pikir, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, manusia itu memang topik yg paling menarik untuk dibahas. Kalo lu perhatiin, sebenernya yg dibahas di blog ini tuh sebagian besar tentang manusia : tentang pikirannya dan juga tentang perasaannya. Emotional Flutter itu blog yg ditulis untuk manusia, dengan tujuan untuk lebih memanusiakan yg manusiawi =)

      Delete
  8. Selamat hari lari, Kak kepennnn :D
    Semoga yang baik-baik selalu menyertai dan disegerakan bersanding dengan pasangannya ^_^

    Tulisan ini bikin termotivasi banget, Kak. Semoga diperlancar ya karirnya. Kakak kayak Om Mar, motivator :D

    HBD KAK, GBU!

    ReplyDelete
  9. Selamat ulang tahun bro Kev, semoga sukses dan sehat selalu.. Aamiin :)

    Namanya juga manusia, hehe pokoknya apa ada di diri kita itu selalu benar dan apa yang orang lain selalu salah. Pikiran orang slalu begitu, tinggal bagaimana kadar egoisme nya. Semakin kecil egoismenya maka orang tersebut semakin manusiawi. Ini lg bahas point ke-3 yah :D

    Bisa belajar dari org lain itu anugrah luar biasa, sebab kita bs mengalami percepatan berkembang tanpa proses panjang sperti yg dialami oleh org yg sedang kita pelajari.

    Sudah ah, mau comment tiap point nanti kepanjangan.. Hehe

    ReplyDelete
  10. ciye yang udah tua(coret) dewasa, udah makan pahit asim asam kehidupan fana..hehehe..harus manggil kakak ini, kan aku masih muda banget. haha..
    yak, dan termasuk gue, orang yang nggak nyantumin notif ultah di fb. tapi, bukannya karena gue males balesin satu satu tapi karena gue pingin tau siapa yang inget sama ultah gue, dan ternyata ada. alhamdulillah...

    dan gue setuju banget sama poin poin lo di atas. menurut gue yang paling utama yang jangan lupa bersyukur..karena semua itu harus diawali dari internal diri sendiri..baru bisa menampakkan auranya. maksutnya..jangan cuman cari lingkungan temen yang baik baik juga, tapi juga JADILAH temen yang baik untuk sesama. hehee...tapi emang lingkungan berpengaruh banget sama perkembangan mental kita. Dan well, kita nggak bisa membatasi jumlah opini orang lain akan kita tapi kita bisa memutuskan untuk menggubrisnya atau nggak kalo emang apa yang mereka katakan itu cuman sampah.

    last but not least, HAPPY BIRTHDAY!! Semoga hidupmu penuh berkat atau pun berkah, wish you all the best and FIGHTING for the futureeeeee

    ReplyDelete
  11. Setuju banget sama poin-poin di atas, toss dulu dongs?
    temen2 kita juga sangat berpengaruh terhadap masa depan kita, ya iyalah kalau temennya suka boros pasti ikutan boros.
    Selain itu bersyukur tuh wajib banget emang, kita gak akan bahagia dikasih umur berapapun kalau ga pandai2 bersyukur, yee kan??
    Semoga di umurmu yg 29 ini karir, asmara, kesehatan makin oke yaa Ken

    ReplyDelete
  12. Selamat ulang tahun Bang Ken, mendekati angka 30 tahun. Hehe.
    Bang, boleh saran nggak? itu backgroundnya sedikit banyak bikin mata sakit. Kalau kelamaan lihat seperti ada semut-semut di mataku. Maafkeun yaa.

    Itu semua poin yang abang tulis di sana itu bener banget. Memang selalu ada resiko di setiap pilihan. Apalagi ketika memutuskan hidup yang berbeda dari kebanyakan orang. Pasti ada terjalnya, dari lingkungan dan keluarga. Tetapi harus tetap optimis dan bersyukur dengan jalan yang kita pilih.
    Karena jalannya hidup setiap orang beda, dan tidak selalu 'berlomba-lomba' siapa yang paling cepat dia yang menang.

    Selamat ulang tahun ya Bang, semoga segala sesuatunya dimudahkan. Amiin

    ReplyDelete
  13. Sebelumnya gue mau ngasih ucapan selamat ulang tahun buat lo bang :D ha ha ha ha.. semoga sehat selalu , dilancarkan kuliahnya/kerjanya , dan sukses selalu .

    Kalo memilih pergaulan , gue lah orangnya. Bukan maksud gue untuk memilih teman yang kayak gini jadi temen gue atau yang kayak gitu enggak gue jadiin temen . BUKAN ! . Maksud gue menyeleksi temen . Bener kata lo , kita harus memilih temen yang memberikan perubahan positif untuk itu gue selalu menyeleksi pergaulan , terutama diluar lingkungan sekolah.

    Kalo masalah belajar dari pengalaman gue juga menjadikan itu jadi pegangan hidup gue. Jadi , gue harus belajar juga dari pengalaman yang didapet dari orang lain sepeti temen gue contohnya. Karena gue enggak bisa seenaknya aja ngikut kemauan gue atau belajar dari pengalaman gue sendiri tapi gue juga harus belajar dari pengalaman temen gue itu. JUJUR ,gue paling seneg di kritik jika gue melakukan hal yang menyimpang.

    ReplyDelete
  14. Sebelum panjang lebar. Izinkan gue untuk mengucapkan selamat ulang tahun bg Kev.. :) Semoga sehat selalu, rezekinya dilancarkan, cepet dapet kerja.. :)

    Hampir sama nih, rangkumannya sama jalan hidup gue. Cuman, kalo gue masih ada 2 poin lagi. :)

    Poin pertama tentang pergaulan. Hem.. Ini itu, hal yang menurut gue penting banget. Soalnya, sekuat apapun hidup sendiri, kita tetep butuh yang namanya orang lain.

    Makanya, hidup bersosial itu lebih baik dari menyendiri. Tapi, lain cerita bg, kalo punya kepribadian introvet. :)

    Yang kedua (belajar dari pengalaman orang lain). Ini hal yang sampe sekrang selalu gue terapkan dalam hidup. Karena gini, di atas langit pasti ada langit lagi.

    Makanya, gue gak pernah merasa puas kalo orang lain mau ngasi ilmu ke gue. Apapun itu. Cuman, terkadang kalo gue udh ngomong, dikira gue jadi yg paling tau. padahal, gue juga belajar dari orang lain. :)

    Yg ketiga (jangan menilai diri lo dari mata orang lain) hem... Maksudnya agak ini sih, ambigu masihan. Apalagi ada unsur politik segala. No comment, deh.

    Yg ke-4 (jgn lupa bersyukur). Ya inilah sebenarnya kunci kebahagiaan yang kebanyakan org suka melupakannya. Kadang, dalam keadaan sulit sekalipun, kalo masih pandai bersyukur, rasanya kesulitan itu akan selalu dimudahkan.

    ReplyDelete
  15. iya untuk hal yang kita impikan perlu melewatkan banyak hal lain yang jg bernilai: kumpu keluarga, nikahan teman, dll

    ReplyDelete
  16. Wadaw gak nyangka time flies so fast ya bang, tau2 lo udah 29 aja haha. Perasaan dulu pas awal2 bw lo masih kuliah s1 haha. Semoga berkah di umur 29 ini bang.

    Hmmm banyak jg ya yang bisa dipelajari. Gue paling setuju soal lingkar pertemanan itu sih. Teman/pergaulan emang bisa nwntuin nasib kita, boleh perluas pergaulan tapi ya itu, musti selektif juga.

    Btw, gue termasuk org yang hide tgl ultah di fb haha.

    ReplyDelete
  17. Selamat ulang tahun koko...
    Sebagai kawan sosmed, aku cuman bisa mendoakan kesuksesan buat koko dari depan laptop, hehehehe

    di bagian pertama, aku setuju banget ko, pergaulan menentukan diri kita kedepannya, tapi disini aku g ngambil soal pergaulan hanya antar teman, tapi dari hubungan antar keluarga. aku ngalamin sendiri, sejak SD aku udah tinggal jauh dari ortu dan diasuh sama kakek nenekku. selama diasuh sama mereka, aku paling deket sama nenek, dan selama kedekatanku itu sifat nenek aku serap, sifat dia yang menurutku g baik banget. sampai akhirnya mama dan adekku kembali ke jawa, dan liat sifatku yang mirip sama nenek. mereka pada ngeluh, kok aku kayak gitu, dan akhirnya sifatku mulai berubah semenjak aku kuliah di jatinangor ko, bergaul sama temen2 kuliahku, sifat nenek kayak berangsur2 menghilang dari diriku. sampai adekku kaget, kok aku g kayak dulu lagi ya? itu sih ko pengalamanku

    ReplyDelete
  18. Hmm.. sebelumnya mo ngucapin selamat ulang tahun, bang kev, waktu begitu cepat ya.

    banyak banget dapet pelajaran disini nih, keren, yang paling setuju sih, tentang bersyukur sih, ini penting banget karna menurut gue bang, kebahagiaan bagaimanapun kalo kita gak bersyukur, ya gak bakal bahagia, ya walopun manusia itu punya sifat yang selalu gak puas dengan hal yang dimiliki, tapi tetep harus berusaha bersyukur, gitu sih intinya, hehe...

    ReplyDelete
  19. selamat ulangtahun koko, duh pengen bgt deh ketemu dikau!

    ReplyDelete
  20. Selamat ulang tahun bang. gue suka banget sama post lo yang ini. mengispirasi banget. Gue juga ngerasain dampak dari pergaulan. gue juga pernah baca, 7 orang sahabat terdekat adalah cerminan diri kita.

    Pergaulan emang berdampak besar. yang gue rasain sekarang, di zaman angkatan gue dan dibawah, rasanya para pemimpi dan orang-orang yang punya cita-cita tinggi semakin sedikit.

    Generasi yang nyaman sama kenyamanannya. Main aman aja. Jangankan nonton bioskop sendirian bang, kewarung aja masih minta di temenin. hahaha

    ReplyDelete
  21. selamat ulang tahun dan hebat selalu. yuhuuu

    ReplyDelete
  22. selamat ulang tahun dan hebat selalu. yuhuuu

    ReplyDelete
  23. telat ngucapin, happy belated birthday ya... didoakan makin makin keren & menginspirasi tulisannya dan segala hal yang baik ke depannya yoo #menulisdemiawetmuda ^^

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe