Why Did I Blog?

09:10:00

kenapa menulis blog

Ga kerasa, udah 7 TAHUN gua jadi seorang blogger.

Sebenernya lebih dari 7 tahun sih. Gua pertama kali bikin blog tuh tahun 2003, di Friendster dan Multiply, tapi waktu itu isi blog gua sebagian besar cuma curhatan ababil doank. Jaman awal-awal gua ngeblog tahun 2003 silam, Raditya Dika masih aktif nulis di blog dan belum nerbitin buku. Malah gua termasuk salah seorang yg suka bales-balesan komen sama dia di blognya.

Gua pindah ke Blogspot baru tahun 2010, tepatnya tanggal 28 Juni 2010 dan itulah hari kelahiran Emotional Flutter ini. Walaupun blog ini dibuat pada tahun 2010, tapi perjalanan gua sebagai seorang blogger bisa dibilang baru dimulai pada tahun 2011. Waktu itu gua lagi internship di sebuah kantor advertising internasional di Jakarta, dan karena jarang dikasih kerjaan, akhirnya buat mengisi waktu, gua mulai rutin menulis. Awalnya gua nulis seputar kehidupan gua sebagai anak magang di Jakarta, tapi perlahan-lahan tulisan gua lebih banyak bergeser ke cerita-cerita seputar cinta dan kehidupan, dan di situlah pada akhirnya, gua menemukan jalan hidup gua sebagai seorang "Blogger Emosional".

Sesuai namanya, Emotional Flutter, yg kalo diterjemahkan secara harafiah menurut Google Translate artinya adalah "Emosi Yg Berkibar-kibar", blog ini memang didominasi oleh tulisan-tulisan yg "menyentil" emosi para pembacanya, membuat emosi mereka menjadi meletup-letup, bahkan menurut kesaksian beberapa pembaca hardcore, tak jarang blog emosional ini juga membuat mereka menggelepar-gelepar dan menggelinjang di lantai. Bukan karena sakit ayan, bukan karena melepaskan roh jahat, tapi karena TERENYUHHH... Huruf H nya pake tiga biji, biar fantastis.

Tapi ya sebagai seorang penulis yg menjunjung tinggi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika (cieh cieh), gua sih berharap kalo segala luapan emosi yg ditimbulkan oleh blog ini bisa menstimulasi inspirasi dan semangat positif di diri para pembacanya. Istilah gaulnya mah...positive vibe.

Reaksi pembaca yg gua harapkan setiap kali ada postingan baru di Emotional Flutter wkwkwk

Ok, back to topic.
Apa sih motivasi gua dalam menulis? Gua menulis untuk menyebarkan emosi dan juga inspirasi. Gua harap semua kisah, pengalaman, lelucon, bahkan aib pribadi yg gua umbar di blog ini bisa memberikan manfaat positif bagi teman-teman yg membacanya. Dalam menulis, gua menganut prinsip keseimbangan ekonomis : gua berharap waktu yg kalian luangkan untuk membaca tulisan gua ini sebanding dengan apa yg kalian dapatkan.

Tapi gua juga menulis tidak hanya demi konsumsi para pembaca, melainkan juga demi diri gua sendiri. Banyak manfaat yg gua dapatkan dari menulis blog. Salah satunya adalah...buat gua, menulis itu semacam proses BELAJAR BERSAMA.

Kawan, sebuah hal yg menarik mengenai belajar itu adalah...semakin banyak yg kita pelajari, semakin kita sadar bahwa masih banyak hal yg tidak kita ketahui. Dan bukan hanya pembaca yg belajar sesuatu dari tulisan gua, tapi gua sang penulis pun ikut belajar. Lewat proses introspeksi diri pada saat gua menulis, dan melalui respon serta komentar dari pembaca. Mungkin masih banyak pembaca yg tidak menyadari betapa besarnya arti komentar kalian bagi kami para blogger. Bukan hanya dari feedback yg kalian berikan terhadap tulisan kami, tapi saat kalian meninggalkan feedback di tulisan kami, kami, blogger, merasa diapresiasi, membuat kami tambah sangat dan termotivasi untuk menulis lagi dan lagi.

Meskipun udah 7 tahun rutin ngeblog, gua ga pernah di-interview majalah atau koran, ga pernah diundang untuk ngasih seminar atau jadi pembicara, blog gua juga ga pernah dicantumin ke dalam artikel macam "10 Blogger Indonesia yg Blognya Wajib Kamu Baca" dan lain sebagainya. Dan gua juga tidak mengharapkan itu. Gua ngeblog bukan karena pengen jadi artis, selebriti social media, atau apapun itu. Nggak. Bukan itu tujuan gua. Dan ketenaran bukanlah bentuk apresiasi yg gua inginkan.

Lalu, gua ngapain sih ngeblog? 

Untuk pembaca yg kemaren mendadak nyapa dan ngajak gua selfie bareng waktu gak sengaja ketemu gua di sebuah mall di Bandung.

Untuk pembaca yg kemaren curhat panjang lebar soal hidupnya ke gua lewat Fanpage Emotional Flutter di Facebook. 

Untuk pembaca yg kemaren kirim email ke gua dari Inggris dan bilang bahwa tulisan gua adalah salah satu hal yg memotivasi dia untuk bisa gigih meraih impiannya sekolah ke luar negeri.

Untuk pembaca yg kemaren message gua dan bilang bahwa ia terinspirasi oleh kata-kata motivasi yg gua tulis di social media gua setiap hari.

Untuk pembaca yg kemaren bilang ke gua kalo dia jadi rajin belajar Bahasa Mandarin setelah baca postingan gua tentang terjemahan lirik lagu Mandarin.

Untuk pembaca yg kemaren bilang ke gua kalo dia akhirnya berhasil move on dari mantan pacarnya yg nyebelin.

Untuk pembaca yg kemaren berhasil ngajak suaminya "honeymoon kedua" ke Harbin setelah baca tentang Harbin di blog gua.

Untuk pembaca yg kemaren email ke gua untuk mengabari bahwa operasi Fistula yg ia jalankan sudah berjalan dengan sukses.

Untuk para pembaca yg sering kepo ke gua soal cerita Zhen Zhu Nai Cha dan nanyain apa kabar gua sama pacar gua yg sekarang.

Untuk teman-teman yg suka ngelike, ngeshare, atau ngeretweet link postingan-postingan gua di social media.

Untuk teman-teman yg rajin nulis komentar di setiap tulisan terbaru gua.

Dan untuk kalian semua, yg sudah meluangkan waktu untuk baca tulisan-tulisan gua.

Terima kasih untuk semua inspirasi yg kalian berikan untuk gua

Thank you, for always being my inspiration



Btw, hari ini tanggal 27 Oktober adalah hari yg special buat kami para blogger lho.

Selamat Hari Blogger Nasional!
Terima kasih sudah membaca dan mengapresiasi tulisan kami.

Salam manis,
Blogger Indonesia

You Might Also Like

68 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. oh ternyata begitu yah bang.
    kenapa enggak nulis buku aja kalau begitu?
    malah kalau saya sendiri belajar blog karena lagi belajar promosi produk, karena tadinya saya menulis buku, tapi enggak tahu cara promosi nya haha.
    sekarang malah lagi coba bikin blog fotografi bang, kalau ada waktu silahkan mampir loh di
    gariswarnafoto[dot]com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen, tapi belum ada penerbit yg bersedia menerbitkan tulisan-tulisan gua. Ah, gua mah apa atuh wkwkwk

      Delete
  2. Njir bang, awalnya gue biasa aja sama postingan lu. Tapi ketika lu nyampein terima kasih, gue MERINDING.

    Hasil ngeblog selama 7 tahun, walaupun enggak memperoleh ketenaran, tapi abang menjadi blogger yang sebenarnya. Abang berhasil menjadi Blogger Emosional yang bisa mengutak-ngatik perasaan pembaca dan akhirnya membuat pembaca mendapatkan energi poitif dari postingan-postingan abang. Mantap bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga buat kalian, sahabat blogger, yg rajin mampir untuk baca dan komen di sini hehehe =)

      Delete
  3. Sok atuh ajarin juga saya bikin cen cu nai cha...
    Wo men te sihuan nake cha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ๅ…ถๅฎžๅš็็ ๅฅถ่Œถไธ้šพ,ไฝ†ๅฆ‚ๆžœ่ฆๅšๅฅฝๅ–็š„่ฆ็”จๅฟƒๆฅๅš =)

      Delete
  4. Iyahh ketika tulisan kita bisa ngasih inspirasi dan motivasi bagi orang lain, itu jadi goal banget! Gak suka deh.. baca blog yang advertising berkulit blog.. mending baca majalah cosmo aja sekalian.

    Lanjutkan! Mudah-mudahan nanti diundang sama stasiun tv yaa... >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua rasa tiap blogger punya motivasi sendiri untuk ngeblog. Gua ga bilang bahwa mereka yg ngeblog demi uang itu salah lho. Motivasi ngeblog tiap orang kan berbeda hehehe

      Delete
  5. Wah sudah lama ngeblog. Sudah makan asam manis dunia perblogeeran.

    Salam kenalan mas, blogger baru 2 tahun.

    ReplyDelete
  6. kurang lebih sama, saya ngeblog 8 tahun lalu.. tapi ya gitu, blog anak muda pada masanya. trus baru serius tahun 2012an... nulis apa aja yang pengen ditulis. dan entah kenapa gak pernah bakat ikut lombalomba dengan tema yang ditentukan hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga jarang ikutan lomba, soalnya memang tujuan ngeblognya bukan untuk itu sih hehe

      Delete
  7. ahaaiii, saya jg awal nulis blog di Friendster, akhir 2005 tapi cuma beberapa postingan habis itu pindah ke blogspot, ketemu banyak mamak2 blogger malah padahal saya masih jadi abegeh anak kuliahan hihih.

    anyway salam kenal, kayaknya harus ubeg2 blognya niih, jangan2 besok saya jg bisa jalan2 kemana karena mupeng baca postingan disini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. KIta saling belajar dari satu sama lain ya =)

      Delete
  8. Saat pembaca blog itu menghubungi kita secara personal itu merupakan bentuk apresiasi. Saya justru malah kerasa lebih seneng pas mengalami hal itu, artinya blog kita bermamfaat bagi kehidupan orang lain. Selamat hari blogger nasional!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, hehehe. Terharu banget rasanya ^^

      Selamat Hari Blogger Nasional!

      Delete
  9. Bukan popularitas dan materi yang dicari dari nge-blog.. Tapi kepuasan hati.. ๐Ÿ˜Š
    Bisa memberikan tulisan yg bermanfaat buat orang banyak itu rasanya ada kepuasan sendiri..
    Selamat hari blogger nasional.. ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, rasa puas di saat karya kita bermanfaat bagi orang lain, itu yg saya cari hehehe

      Delete
  10. kadang memang ngeblog ya ngeblog aja yah Kev :D
    kayak dulu aku ngeblog karena pengen nulisinya isi otakku yang ngaco, hehe
    kalo sekarang sih udah agak bergeser tujuan ngeblognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Bang Iska sih...dari ngeblog, bisa dapet istri kan? Hehehe

      Delete
    2. dapat istri sih itu bonus Kev :D
      tujuannya awalnya hanya ngisi waktu kosong dan menumpahkan apa yang ada di benakku saja

      Delete
  11. Kalau saya sih baru mengenal dunia blog pada tahun 2009. Isinya hasil copasan doang. Kini yang copasan di hapus semua dan nulis sendiri mulai satu tahun yang lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalau begitu. Soalnya pada saat tulisan kita dicopas, rasanya sakit banget lho. Semoga Anda tidak perlu mengalaminya sendiri.

      Delete
  12. 7 tahun ngeblog tapi belum pernah diinterview majalah atau jadi pembicara di seminar? haha, sama :D

    ReplyDelete
  13. Betul banget Ko, mendapat feedback atau komentar di tulisan yang kita buat di blog itu memang bikin senang banget.
    Saya juga suka baca-baca tulisan di blog ini, soalnya pengalaman yang ditulis seru dan penuh makna semua, it's fluttering my emotion! :')

    ReplyDelete
  14. Aku bacanya jadi teraduk-aduk emosinya *apaan sih wkwkwk
    kebahagiaan blogger kayanya memang terletak di email, inbox, mention yang bilang "blognya membantu banget"

    ahhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat, berarti Anda sudah kena virus Emotional wkwkwk

      Delete
  15. Setuju, cara orang untuk di apresiasi emang beda2. Nggak ada tolak ukur yg hakiki sebagi blogger. Kalo ada yg bilang jadi seleb blog berarti sukses atau udah nerbitin buku berarti sukses, nggak juga. Semua tergantung alasan awal kita buat ngeblog aja. Kalo alasanya untuk berbagi, maka setiap kita publish tulisan pasti akan bahagia sendiri.

    Selamat hari blogger nasional ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kalo buat blogger personal kayak gua sih, ada pembaca yg ngeshare artikel gua di FB, gua udah seneng banget hehehe

      Delete
    2. Pokoknya udah di apresiasi aja ya, koh. Pasti udah seneng. Bahagia kita sederhana sekali hehehe

      Delete
  16. Gile, sepuh banget yah Koh Keven. 7 tahun udah lama banget. Konsistennya emang jempolan deh.

    Biasanya yang niat ngeblognya cuma cari popularitas, ya begitu. Cuma sebentar doang. Yang buat berbagi cerita kayak blog ini tuh yang awet. :))

    Selamat Hari Bloger Nasional!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, hehehe. Tapi sekarang gua mulai berpikir berbagai cara untuk lebih dikenal khalayak umum. Bukan untuk jadi seleb, sekali lagi, tapi hanya untuk membuka jalan supaya tulisan gua bisa dibaca oleh lebih banyak orang =)

      Delete
  17. sama saya juga pertama bikin blog dari friendster dan isinya cerita curhat pas masih bocah gitulah untungnya blog FS udah kehapus jadi sebagian masa kelam saya sudah hilang hehee

    saya ngeblog cuma pengen buat ngeluarin unek - unek aja sih, dari mulai keseharian, sampai bikin ulasan film atau anime saya tulis di blog saya.

    gak nyanga blog saya udah ampe umur yang ke 6 aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga dulunya cuma curhat, bahas film, dll. Sekarang mulai mencoba menulis sesuatu yg lain hehehe, sesuatu yg bisa berguna bagi orang lain =)

      Delete
  18. Kayaknya aku bakal jadi pembaca setia hihi. Salam kenal ya bang. Aku baru mulai lagi nge-blog. Dulu sempet juga di multiply or livejournal. Jamannya blog masih diisi sama curhat pribadi hahaha

    ReplyDelete
  19. Wah, udah lama banget ya kak Kev ngeblogny selama 7 tahun. Benar banget kak ngeblog itu soal kepuasan hati ya kalo jadi terkenal, bisa di undang di acara acara seminar blogger mah itu jadikan sebagai bonus aja, hihihihi.

    Aku dulu ngeblog juga karena pengen bercerita keseharianku, cuman sekarang malah bergeser dikarekanakan ngeblognya sering mikir dan pada akhirnya gak banyak postingan yang update. Padahal intinya kan ya jadi blogger itu tulis apa aja yang ingin dituliskan :D

    Salam kenal ka Kev :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mau percaya vin, emang dia nya males sama sok sibuk di kampus. Anak rapat susah.

      Delete
  20. Sama aku juga cuma menyalurkan hobi nulis,masih belajar dan kebetulan baru beberapa bulan gabung komunitas blogger. Cuma ya gitu kalo lagi mood baru deh nulis.
    Mampir ke blog aku ya ka.. salam kenal
    tatisuherman.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Wihh mantep 7 tahun. Udah jdi blogger pro. Hehehe

    Wlaupun bru kli ini melipir kesini gue udah terenyuh sama tulisan lu vin. Hehe.. ttp menginspirasi banyak org dan selamat hri blogger :)

    ReplyDelete
  22. Punya motivasi berbeda-beda ya setiap blogger. Dari punya blog cuma pengen kelihatan keren aja sampai blog dijadikan tempat curhatan.

    ReplyDelete
  23. Lumayan lama juga ya bang lo nge blog ... , apalah gue yang baru 1 tahun nge blog . Banyak banget pengalaman yang didapat setelah sekian lama nge blog .

    By the way , gue suka kata kata lo bang yang ini " menulis itu semacam proses belajar bersama". Justru komentar dari orang orang ini , bisa menjadi penyemangat untuk terus berkarya di blog . Bukan cuma semata maata uang , uang , dan uang . Tapi inspirasi , motivasi , dan apresiasi .

    Selamat hari blogger nasional.

    ReplyDelete
  24. Whoooaaah demi apa aku merinding bacanya.
    Intinya menjadi seorang blogger, secara sengaja atau tidak kamu udah menginspirasi banyak orang :)

    Hebat!
    Selamat hari blogger nasional :D
    YEAY!

    ReplyDelete
  25. Mantap sudah 7 tahun hehe.... Semangat terus iya ngeblognya!. Dan dengan ngeblog kita bisa memotivasi seseorang

    Lo selama ngeblog pernah mogok?

    ReplyDelete
  26. wah mantab sudah 7 tahun ya, saya musti berguru nih. blognya asik kalo dibuat buku laris manis nih. salam kenal ya

    www.innovamei.com

    ReplyDelete
  27. Baru nyadar nama domainnya ganti hehe

    ReplyDelete
  28. ternyata lo termasuk senior di dunia blogger ya bang, kira2 radityadika masih inget sama lo gak bang? hehehe
    Btw, dari tulisan lo ini, gua merasa ditampar bang soalnya niat gua ngeblog awalnya ingin menjadi terkenal di depan banyak orang. Gua salut sama lo bang. Lo nulis di blog memang niatnya dari hati. semoga lo bisa memberikan ilmu tentang blogger kepada kami termasuk gua yang masih newbie ya bang.. hehehe

    ReplyDelete
  29. Awalnya gue bikin blogs cuman buat nyimpen data data tentang game, trus akirnya blogs itu jadi blogs copas tapi sekarang udah tobat gan....Semoga jadi blogger yang selalu bermanfaat ya gan...niat gue sekarang cuman mau nyebarin pengalaman gue di dunia ini dan menulis pandangan hidup gue di blogs.

    ReplyDelete
  30. Seriusan ngeblog dari 2003? Zaman itu gue masih ngapain ya, masih mainan petak umpet kali ya ama temen2 di komplek rumah gue hahaha:( Semua orang kayaknya hampir rata2 ngeblog terinspirasi dari radit ya, nggak semuanya juga sih.

    Awal ngeblog juga gue cuma curhat2 sekarang juga masih curhat sih tapi lebih rapi lagi ya learn by doing gitu. Karena blog jadi kenal banyak orang, blog kayak nafas gitu. Seneng blogwalking kayak gini jadi kenal banyak orang nyehehe btw, salam kenal ya^^

    ReplyDelete
  31. Keren mas nulisnya mengalir.. Ngeblog baru 2011 aja sih. 2003 sy masih blajar x dan y si sekolah mas :)

    ReplyDelete
  32. Vin, tujuan awal kita sama tapi sekarang gue ngerasa udah beda gak papakan hihi :')
    Gue pengen banget balik kayak dulu lagi, nulis apa adanya, nulis apa yang gue rasain, tapi sekarang udah beda banget. Bukan gue nya yang gak mau, tapi keadaannya udah beda banget...

    Gue salut sama lo yang tetap konsisten 7 tahun ngeblog dengan nulis yang selalu menginspirasi gue secara pribadi. Cini cini gue peluk :3

    ReplyDelete
  33. Paling ga tahan waktu baca "salam" nya. ... Salam manis euy... Bahahahahaha #hush
    Seneng deh ketemu blogger yg bhineka tunggal ika pancasilais dan asia pasific... Dipi apresiasi skali tulisan2mu yg jujur, yg katanya umbar umbar aurat #eh aib... Hehe, demi menginspirasi pembaca.
    Sesuatu yg dilakukan dan disampaikan dgn hati biasanya sampai pula tepat dihati orang yg dimaksud.
    Selamat hari blogger juga ya.
    Btw, maaf ternyata bbrp hri ini dipi sibuk, ga bs bahas ulang postinganmu yg ttg mimpi itu, padahal kuingin sekali. Nanti klo ada waktu pasti aku baca ulang n komen yaaa

    ReplyDelete
  34. Wah udah lama ya ngeblognya. Selamat Hari Blogger.

    ReplyDelete
  35. Saya suka tulisannya, Kang. Makasih, ini sedikit banyak memberi saya pencerahan.

    "Tapi gua juga menulis tidak hanya demi konsumsi para pembaca, melainkan juga demi diri gua sendiri...."

    Inilah kalimat yang sejak lama saya cari. Saya juga sering berpikir, kalau nulis di blog itu bukan hanya untuk konsumsi orang lain, tapi juga buat saya sendiri. Entah itu untuk dokumentasi pribadi, sebagai kenang-kenangan di masa depan atau hal lainnya.

    ReplyDelete
  36. gue waktu pertama lihat blog ini pas search ras pemain bola volley cewek cantik itu (lupa namanya). satu lagi yang lucu tentang ada ... di bulu ketekmu (lupa juga)...

    ReplyDelete
  37. Kevennnn..... blognya keren, tampilan dan isinya bikin minder wardig ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  38. Wah bang udah lama banget lho itu, haduh, keknya gue bener-bener ketinggalan jaman nih masalah ngeblog mah ahahaha... payah memang.

    Nama blog ini juga pas banget bang, entah kenapa kalo gue lagi baca blog ini, selalu dapet ilmu, jadigak buang waktu, asoy lah!

    Intinya blog ini masih asik sampe sekarang, uhuy!

    ReplyDelete
  39. Konsisten bnget ngeblognya, sedangkan gw di jaman itu masih ngapain ya hmmm
    Gw suka banget ni sama nama blognya, dan emang bener isi blognya pun mengobrak-abrik emosi pembaca termasuk gw, krn gw waktu itu baca ttg kisah cinta yg dari minuman apa tuh lupa hihi
    Mungkin someday bisa dibukuin aja ceritanya, krn itu inspiring banget :3
    *lah kok malah bahas yg itu(?)
    Intinya selamat hari blogger yaaa, semoga kita semua selalu rajin nulis dan menebar manfaat untuk banyak orang ^^

    ReplyDelete
  40. Aku baru muncul baru-baru ini dan aku masih baru baca postingannya Kak Kev yang kemarin di promoin. Harus diubeg-ubeg nih isinya. Aku jadi penasaran dan pengen merasakan sensasi emosi yang meletup-letup saat membaca tulisannya Kak Kev.

    Terus berkarya ya kak Kev. Kak Kev produktif banget bikin postingan blognya. Aku masih 4 tahunan. Semiga aku juga bisa konsisten. Kalo aku udah nulis di blog, rasanya ada kepuasan tersendiri :D

    ReplyDelete
  41. Bentar-bentar. WHAT???? 7 TAHUN???? Bg Kev emang keren, sih. Udah 7 tahun ngeblog, Followers blognya buwanyak, pembaca juga begitu. Jadi, wajar sajalah sampai ada yang meminta foto bareng buat apresiasi kalo bg Kev ini dikenal. :)

    Sebenarnya yang paling bikin gue menggebu ngaliat GIFnya... hahaha. Itu sering ngeliat di situs GIF Favorit gue, bg. Parah. Menggebu sekali.

    Btw, selamat hari Blogger Nasional, ya bg. Semoga blog gue yg newbie itu bisa seperti blog ini. Amin...

    ReplyDelete
  42. Seangkatan nih blog kita bang haha. Emang sih kalo dipikir2 kalo lama ngeblog tapi gak pernah dapet 'popularitas' sebenernya ya balik lagi ke tujuan awal ngeblog itu apa. Itu yang juga gue tanamkan di pikiran gue. Gue ngeblog cuma untuk berbagi cerita, kalo menghibur ya alhamdulillah, kalo enggak ya... makasih udah baca wkwk.

    Selamat hari bloger nasional, bang!

    ReplyDelete
  43. wihihihi, happyy blogger day, telat yak gue..
    keren juga sampe ada yang nyapa di bandung sono, hahaha.. gue juga penasaran sih, gimana kabar lo sama pacar thailand lo itu sebenernya..

    ReplyDelete
  44. keren bangeet bang, nyampe banyak orang yang merasa terinspirasi gara-gara tulisanmu ini hehehe..
    Semangat terus ya, bang.. terus berkarya dan terus menginspirasi orang hehehe

    ReplyDelete
  45. Ah telat baru baca postingan ini sekarang. :(

    Btw, blog lo termasuk blog favorit gue. Gue suka gaya menulis lo yang apa adanya. Dan memang betul tulisan lo menginspirasi. Gue belajar banyak dari cerita-cerita lo.

    So, terus semangat ngeblog ya! Mari kita tetap ngeblog sampai nanti kita tua. :D

    ReplyDelete
  46. Keren banget udah 7 tahun ngeblog, aku salut :))

    Aku nulis untuk kepuasan pribadi juga, penyenang pribadi aja. Dan bener komentar dari pembaca itu ngasih semangat yg mantep banget.

    Koh keren blog ini walaupun curhat tapi bisa menginspirasi banyak orang, curhatannya bisa menjadi motivasi bagi orang, beda sama blog aku :(

    ReplyDelete
  47. tapi kalau komentar soal kemanusaan dan toleransi nanti di nganu sama anu heuheu

    ReplyDelete
  48. Hueheheh suka banget waktu bagian "Lalu, gua ngapain sih ngeblog?"!! Aku sendiri pemula bgt nihh ngeblog. Tujuannya sih ya belajar mengeluarkan suatu pikiran di otak menjadi kata-kata gitu deh hehehe

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe