Arti Sebuah Nama

19:39:00

my name is Keven

29 tahun yang lalu, saat seorang bayi ganteng lahir ke dunia, orangtuanya memilih untuk menamakan bayi itu "Keven". Dari mana sih asalnya nama "Keven" itu?

Pada tahun 1980an, nama "Kevin" masuk ke dalam top 20 favorit first name untuk anak laki-laki di Inggris. "Kevin" berasal dari bahasa Irish kuno, "CΓ³emgein" yang artinya handsomely beloved. Sementara nama "Kevin" sendiri pada saat itu sering diasosiasikan kepada Saint Kevin yang kemudian mengandung arti kind, honest, and handsome.

"Keven" adalah "Kevin" dalam bahasa/aksen Belanda. Kata mama gua, waktu gua lahir, nama "Kevin" dan "Stephanie" adalah dua nama yang paling populer untuk bayi. Nah supaya gua ga jadi just another Kevin di dunia, mama gua memilih untuk kasih gua nama "Keven" Memang bukan nama yang lazim di Indonesia, tapi berkat mama gua, sepanjang gua sekolah dari TK sampe kuliah, Im the only Keven around, hahaha. Bangga banget gua.

Gua denger tadinya mama gua mau kasih gua nama Keven Kirby, tapi akhirnya ga jadi dan jadi pake Alberto. Nama tengah gua yaitu "Alberto" juga mengandung arti yang ga kalah keren. "Alberto" berasal dari bahasa latin "Albertus" yang artinya bright, noble, famous. Sementara Kirby akhirnya jadi nama anjing Schnauzer gua yang beberapa tahun yang lalu sempet gua populerkan di blog. Abee tuh nama panggilannya, nama aslinya adalah Kirby.

Sementara nama belakang gua "Yoesup" berasal dari marga keluarga bokap gua "Yoe"
Asalnya nama belakang gua tuh "Yoesuf", pake F, bukan pake P. Tapi dasar, karena petugas yang bikinin gua akte lahir waktu itu adalah orang Sunda, entah gimana ceritanya, nama gua di akte lahir tiba-tiba berubah jadi "Yoesup", pake P. Ya sudahlah, itung-itung tanda bakti gua kepada tanah Sunda yang sudah jadi tempat gua numpang makan dan boker selama 25 tahun, hehehe.

Kenapa Yoe harus dijadikan Yoesuf? Kenapa ga jadi Keven Alberto Yoe aja namanya? Karena waktu jaman Orba dulu, orang Tionghoa dilarang menggunakan nama berbau Tionghoa pada saat mendaftarkan akte lahir. Sementara menurut budaya Tionghoa, anak harus dinamakan sesuai marga sang ayah, sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur dan juga sebagai jati diri sang anak kelak.

Makanya, akhirnya banyak orangtua Tionghoa yang diam-diam mengkonversi nama Mandarin anaknya ke dalam nama Indonesia.

Contoh :
1. Orang Tionghoa yang bermarga Tan suka menggunakan "Margatan" atau "Tanuwijaya" sebagai nama belakang, sementara orang Tionghoa yang bermarga Li suka menggunakan "Rusli" atau "Roesli" sebagai nama belakang.
2. Anak perempuan yang bernama Mandarin "Mei Ling", menggunakan nama Indonesia "Melina", yang bernama Mandarin "Pei Ling" menggunakan nama Indonesia "Paulina"

Kebayang ya, betapa keras perjuangan para orangtua Tionghoa saat itu demi bisa menyisipkan marga keluarga ke dalam nama anaknya?

hello my name is
Orang tua ga sembarangan kasih kita nama lho, karena menurut kepercayaan di Barat dan di Timur, nama mengandung doa, berkat, dan harapan orang tua terhadap anaknya. Dan percaya ga percaya, it's true. Waktu gua playgroup dulu, gua pernah ditonjok satu orang anak dan pas gua disuruh nonjok balik, gua ga mau. Gua ga inget kenapa, tapi mama gua bilang, itu karena nama gua mengandung doa dan harapan dia agar gua jadi seseorang yang ramah, baik hati, dan penuh kasih. Yah didikan orang tua juga berpengaruh sih.

Jadi boleh dibilang melalui post ini gua mau menyatakan ketidaksetujuan gua atas pernyataan Shakespeare "Apalah arti sebuah nama?" Nama tuh banyak artinya lagi. Bayangin aja kalo dulu orang tuanya Shakespeare ngasih dia nama "Semprit", bukan "Shakespeare", mungkin hal itu akan berpengaruh terhadap gaya dia memberi nama tokoh dalam dramanya. Mungkin kita ga akan mengenal Romeo and Juliet tapi malah jadi Rama dan Juleha...hahaha. Atau mungkin dia malah galau karena dibully orang seumur hidup akibat namanya, akhirnya dia jadi gila sebelum sempet nulis karya. Anything can happen right?

Waktu kuliah di China dulu, gua kenal seorang cewe yang namanya Kagumi. Pertama kali gua denger namanya Kagumi, gua pikir dia orang Jepang. Eh ga taunya orang Indonesia! Terus nama lengkapnya tuh Kagumi Parasnya. Edan...UNTUNG CANTIK! Seriusan! Coba kalo jelek mukanya, bisa2 seumur hidup dia menanggung beban. Namanya bukan menjadi berkat, tapi menjadi kutukan!

Ada juga orang yang saking ngefansnya sama suatu hal, lantas ngasih nama anaknya berdasarkan hal tersebut. Gua pernah denger ada anak namanya Google, Nokia, atau Pentium, malah dulu waktu gua lagi kunjungan ke panti asuhan, gua pernah ketemu anak yang namanya Marlboro. Seriusan. Jadi tu anak ditinggalin di pintu panti asuhan sama orang tuanya beserta selembar kertas kumal yang bertulisankan "Tolong titip Marlboro" Wah, itu kalimat ambigu lho sebenarnya!
Pertama, mungkin memang Marlboro itu adalah nama anaknya. Atau kedua, jangan-jangan orang tuanya nitip minta dibeliin Marlboro? Nah lho, bingung kan? Gua cuma berharap ga ada yang tega ngasih nama anaknya "Tori-tori", hahaha...

Nama anak kembar juga ga kalah kontroversialnya. Gua sering liat anak kembar namanya sengaja dibikin berima. Tini-Tono, Niko-Niki, Asri-Usro, Asep-Usop. Nah masalahnya gua pernah ketemu anak kembar namanya Asep dan Usop, Asepnya cowo, Usopnya cewe. Nama lengkapnya Usop Fitrimah bin Mamad kalo ga salah. EDAN, ga kasian tuh??? Yang bener aja, anak cewe, manis kayak gitu dikasih nama Usop? Nama yang sama kayak tokoh di komik One Piece yang hidungnya kayak timun itu? Haduhhhh...

Jadi buat kalian, wahai para calon-calon orang tua, tolong pikirin bener-bener nama anak kalian. Jangan sampe kalian asal-asalan ngasih nama dan nama itu akhirnya jadi beban seumur hidup buat anak kalian. Nama itu ga cuma harus indah, tapi kalian juga harus pikirin efek nama itu terhadap kehidupan sang anak nanti. Gua yakin ga ada satupun anak Indonesia yang bangga dikasih nama Jamban atau Jembut, walaupun kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Zimbabwe artinya adalah Ganteng dan Cantik.

you call me what

Yah, gua akui, memberi nama itu memang bukan suatu hal yang mudah. Gua memang belom punya anak (nikah aja belom), tapi gua udah ngerasain betapa sulitnya mencarikan nama yang tepat untuk orang lain.

Waktu gua mulai ngajar di China November 2016 yang lalu, di ada sekitar 20 anak jurusan Bahasa Indonesia yang nodong gua minta dikasih nama Indonesia. Apa sih susahnya? Tinggal asal aja kasih mereka nama Indonesia super standar ala Budi, Rani, Ani, dll, mungkin temen-temen pembaca berpikir begitu. Tapi sayangnya, gua tuh orangnya perfeksionis. Ngasih nama sapi di game Harvest Moon aja biasanya gua butuh mikir 5-10 menit, lah ini ORANG lho yang minta dikasih nama. Mana mungkin gua kasih nama asal-asalan?

Demi mempermudah gua nyari ide, gua minta foto dan nama Mandarin mereka. Lalu gua ngabisin waktu sekitar 12 jam untuk mengobrak-abrik database nama bayi di Internet. Gua pengen kasih mereka nama yang "Indonesia Banget", kayak Annisa, Rangga, Kirana, dll, makanya gua riset mati-matian.

Akhirnya, setiap anak, gua kasih tiga buah karton berisi tiga nama : dua nama yang punya ciri khas Indonesia dan satu nama yang agak mainstream. Tiga-tiganya tentu punya kesamaan arti atau bunyi dengan nama Mandarin mereka. Andai kata mereka tidak puas dengan ketiga pilihan nama tersebut, mereka boleh tukeran sama karton punya temennya. Dan dua pertemuan kemudian, akhirnya semua murid gua punya nama Indonesia.



Mau tau, nama-nama apa saja yang mereka pilih? Yuk, intip foto di bawah ini :

Coba kalian tebak...
Mana yang namanya pake salah satu dari tiga pilihan yang gua kasih
dan mana yang namanya hasil nyari sendiri?

nanas annisa mario


Gua ceritain sebagian aja ya...
(Kalo penasaran sama sisanya, silahkan tanya lewat kotak komentar di bawah ini)

Primus, penggemar berat film Transformers. Dia request pengen namanya berbunyi mirip Prime/Prima, akhirnya gua kasih dia nama Primus, supaya mirip sama nama aktor pemeran Panji, Manusia Millenium hehehe.

Annisa, nama aslinya Qiao An. Dia milih nama Annisa karena bunyi An di Annisa mirip sama bunyi An di nama Mandarinnya.

Mario, ini nama yang dia pilih sendiri karena dia adalah penggemar beratnya aktor Thailand Mario Maurer, hahaha. Semoga udah tua nanti dia ga cepet botak kayak Mario Teguh hehehe

Dewi, nama Mandarinnya ada huruf δ»™ yang artinya bidadari, jadi gua kasih dia nama Indonesia yang artinya sama

Nanas. 
Dari semua nama di atas, mungkin ini nama yang paling unik.
Dan ya, sesuai tebakan kalian, ini nama pilihan dia sendiri.
Dia suka makan Nanas, jadi ya...dia pilih nama Nanas, hehehe

Btw itu yang ada di foto baru sebagian, masih ada beberapa murid lagi yang waktu itu ga ikutan difoto. Nanti kapan-kapan gua ceritain deh di blog ini.

Oke, kali ini segini dulu ya postingannya. Sampai ketemu di postingan berikutnya, hehehe...


Sekedar Info
Di Nanning (provinsi Guangxi, Tiongkok) lagi ada universitas yang ngasih promo harga khusus untuk orang Indonesia lho. Universitasnya juga lumayan terkenal, ranking 70 dari 2500 universitas di seluruh China. Kalo ada yang tertarik untuk kuliah S1/S2/S3 atau belajar Bahasa Mandarin ke China, bisa kontak gua di keppi_kun@yahoo.com atau +8618269000643 (Whatsapp)

Pendaftaran ditutup tanggal 1 July 2017. Kuota terbatas.


You Might Also Like

28 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Menarik kisah murid2 yg minta nama Indonesia. Saya pernah belajar Chinese Painting oleh Lautze dibikinkan cap nama saya, katanya, dibacanya sama dng nama saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ε“ˆε°Ό? Gini bukan tulisannya? Hehehe

      Delete
  2. Asli baca artikel keven sering cekikikan sendiri
    .
    .
    Keceee buat muridnya keven, indonesia bgt namanya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo berhasil buat kamu cekikikan, itu tandanya aku berhasil hehehe

      Delete
  3. Kenapa ada yang dinamain kenari koh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena di nama mandarinnya, ada satu huruf yg artinya nama burung. Terus gua pikir-pikir...nama burung Indonesia apa ya yang merdu kedengarannya? Akhirnya gua usulin Kenari, eh dianya mau =)

      Delete
    2. Wiiihhh.. Menarik dan kenari emang unik sih pelafalannya πŸ˜„

      Delete
  4. Keluarga besar gue adalah pemegang teguh semboyan "Nama mengandung doa, berkat & harapan" . Jadilah setiap akan ada anggota keluarga baru yang lahir semua akan berkerja sama dengan gigih ikut menyumbang ide nama-nama bayi yang paling bagus artinya ( ini berlangsung sampai sekarang dan rencananya akan gue teruskan ke anak cucu gue nanti hahahaha)

    Nyokap gue cerita, untuk namain gue pas lahir dulu Dia, bokap, sama kakak-kakak mereka sampai berembuk, dan akhirnya gue di 'labeli' Vivia Ivana Derek. Vivia = gadis yg Lincah, Ivana = karunia Tuhan, Derek = nama marga bokap.

    Jadi kalo sampai saat ini gue lincah dan bisa struggle setelah lulus SMA langsung merantau ke jkt dan masih bertahan sampai tahun ke 11 ini, semua hanya karena Karunia Tuhan *HALELUYA* ��✌��️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, namanya bagus, banyak yg berakhiran A, kedengerannya merdu banget hehehe

      Delete
    2. ☺️ makasih ko Kev.
      Gue pun sangat sukaaa sama nama sendiri, apalagi jaman sekolah, rasanya menyenangkan ga ada yg namanya samaan jd ga takut ketuker-tuker. Bahkan gue percaya temen-temen jaman SD sampe SMA masih inget jelas gue karena faktor nama.

      Delete
  5. Nama mengandung doa dan harapan. Jadi kalau punya anak beri nama yg baik

    ReplyDelete
  6. uvuvwevwevwe onyetenyevwe ugwemubwem ossas

    ReplyDelete
  7. Ngasih nama sapi di game Harvest Moon aja biasanya gua butuh mikir 5-10 menit

    Huahahaha... Serius? Saya jadi nginget-nginget lagi nama-nama sapi saya dulu siapa aja ya. πŸ˜‚

    ReplyDelete
  8. Nanas!! Asli ini lucu sih hahaha btw good job! Pak Guru berbakti sekali sampe ngasi nama satu-satu buat muridnya, manis ih :D

    ReplyDelete
  9. Btw nama km juga antimainstream lho Kev, biasanya kan orang namanya KEVIN tapi km KEVEN, keren itu hehe
    Itu yang namanya Nanas lucu wkwkkwkw
    aku jadi ketawa karena mengingat nama sendiri yg Indonesia banget :p

    ReplyDelete
  10. Aliran penamaan orang Sunda biasanya tolong menolong. Misalnya Yani Suryani, Tita Rosita, Angga Serangga, Iwan Wisatawan dan sebagainya.

    ReplyDelete
  11. Wih namamu keren amat mas, lebih kayak nama orang Eropa, hehehe
    iya nih bener kata kak Mei biasanya kan Kevin kok jadi Keven, lha ini tetanggaku namanya juga Kevin mas hahaha,

    Aku jadi tahu kalau namamu sebenarnya beda dengan nama di akta kelahiran hehehe, kalau aku sih namaku malah diganti sama ibuku hehehe.

    ReplyDelete
  12. Nanas kan biasanya tuh asem-asem gitu ya, tapi kenapa dia malah manis ya *salah fokus*
    Btw kayaknya mereka curious banget mau punya nama Indonesia, gue aja pengennya punya nama kebule-bule-an gitu, tapi udah ada sedikit nama bule-nya sih hehe

    ReplyDelete
  13. Iya, aku juga ikutan team #namaitupenting, ah! biarpun it doesn't really define who we are, tapi... terkesan gimanaa gitu kalo tingkah lakunya berkebalikan jauh sama doa di dalam nama yang dikasih.

    Kalo di tempatku, beberapa orang, masih ada superstition gitu soal nama. Misalnya waktu kecil sakit-sakitan, akhirnya namanya diganti karena nama aslinya dianggap terlalu berat. Well, secara logika ngga ngaruh, sih, tapi... mitos sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, Ko Keven punya nama panggung "Keven Keppi" itu kenapa, tuh? #kepomode: on.

      Delete
  14. Ada dua orang yang ga punya nama Indonesia di foto tersebut.

    Jujur dulu waktu SD gue pernah nanya ke bapak, "Pak, besok kalo udah punya KTP namaku diganti gak?". Karena waktu SD itu nama gue mencolok banget, 'WAHYU YUWONO' yang kental banget Jawanya sedangkan gue sekolah dilingkungan Melayu yang jarang banget penggunaan huruf O dalam nama anaknya.

    Setelah gue tau apa arti dari Wahyu Yuwono, barulah gue bangga menggunakan nama tersebut. Bahkan sekarang gue mengedepankan nama Yuwono biar cepat dikenal orang.

    ReplyDelete
  15. Wah kak kev, perihal nama itu memang unik ya. Di tempatku ada orang tua yang menamai anaknya dengan 'indonesia raya ' dan 'biasa saja'. Beneran lho. Nggak tau deh nanti gimana mereka sekolahnya. Hahahaha.

    Kadang kadang juga ada kata yang dalam bahasa tertentu itu saru, tetapi malah digunakan orang lain beda budaya. Misalnya bento itu dalam bahasa Jawa artinya bodoh. Apa iya ada orang tua yang menamai anaknya gitu? Tapi karena beda suku, barangkali bento itu artinya lain di sana. Hehehe.

    Aku baru tau kalo orang tionghoa memang berusaha untuk memasukkan marganya ke dalam nama Indonesia mereka. Mulanya aku bingung, kok nama Indonesia dengan cina.mereka hampir mirip dalam pengucapan. Ternyata begitu to...

    ReplyDelete
  16. Anak cewek manis dipanggil Usop...

    #brb #ngebayangindulu #ngakakparaaah

    :)))))

    ReplyDelete
  17. Ada juga orang yang pilih nama "nanas" yaah..
    Cara pemilihan nama yang simple banget..
    Suka makan nanas, jadi pilih nama nanas..
    :D

    Anyway..
    Nama koko keren juga yaaah...

    Gua suka banget sama orang-orang yang cukup perduli utk mencari tau arti nama mereka, dan kenapa mereka di kasih nama itu..

    Lucu juga waktu baca kalo muridnya koko d sna pingin punya nama yang berbau Indonesia..
    Di Indonesia sini malah banyak yang kasi nama anak mereka nama-nama yang berbau Jepang, Eropa, dll dll dll..
    atau seseorang yang punya nama Indonesia banget tapi di sosmed malah diganti-ganti..
    -.-

    ReplyDelete
  18. memberi nama memang bukan hal yang mudah
    apalagi kalo sudah nikah, pasti rebutan mau kasih nama anak :D
    untung aja orang tuaku ga pengen ikutan beri nama anak
    jadi cuma aku dan istri yang rebutan, hehe

    ini sedikit kisah waktu ngasih nama anak pertamaku

    Aku: Nanti kalo cowok aku kasih nama Umair.
    Istri: Kalo cewek?
    Aku: Hmm, aku kasih nama Aisyah.
    Istri: Hmm, boleh juga. Tapi apa cuma satu kata aja?
    Aku: Enggak sih, aku kasih nama Aisyah Iskandar.
    Istri: Loh, namaku ga ikut? Kasih Law lah di tengahnya. Jadi, Aisyah Law Iskandar
    Aku: Aneh tahu kalo ada Law nya. Coba ucapin deh, Aisyah ((( Law ))) Iskandar.
    Istri: Tapi aku mau ada Law buat identitas emaknya.
    Aku: Halah, ga bakalan ga diakuin lah. Toh juga keluarnya dari kamu kan. Kalo aku kan beda. Bayinya ga keluar dari aku. Jadi harus ada statement jelas kalo itu anakku dari nama belakangnya Iskandar.
    Istri: Iya deh. (Sambil melipir kalah argumen)

    Hehe ... begitulah Kev. Sampe segitunya namain anak. Dan sampai sekarang, istriku tetap berusaha pengen masukin nama tengah "Law" di bayi yang akan keluar insyaAlloh Agustus nanti.

    ReplyDelete
  19. Hahahahha.. Lucu juga ya ortu yg kasih nama anaknya sedikit aneh, tp untungnya pas :). Penasaran ama anak yg namanya Kagumi Parasnya mas :p. Iya yaa, ga kebayang kalo orangnya jelek :p

    Aku tuh pas kasih nama anak2ku, itu butuh waktu lamaaaaa dan berantem ama suami wkwkwkwk.. Soalnya aku pgn ksh nama unik, dan kebanyakan konsonan, biar ga ada yg nyamain.. Sampe akhirnya nama anak2ku jd panjaaaang banget :p. Anakku yg pertama sampe salah aktenya, dan aku keukeuh minta bikin ulang krn kertas yg aku ksh udh bener. Anak kedua ga sampe salah, tp kayaknya yg bikin akte ngetikbya bener2 1 jari deh saking penuhnya konsonan :p hihihihi... Cthnya nih, Anak pertamaku panggilannnya aja : fylly (dibaca fili). Anak kedua: vrstan. Tadinya mau ditulis vrstn. Tp suami g setuju, ya sudlah aku ngalah :p.

    Tapi biar susah ditulis dan diucapin, semua nama anakku ada arti bgs kok mas :D

    ReplyDelete
  20. Hahaha. Ada beberapa bagian yang bikin aku ngakak.

    Ngomong-ngomong, keren ya mereka, mau punya/pakai nama Indonesia. Aku saja waktu kecil ingin ganti nama jadi 'Billie Joe'. Hahahaha. Untungnya nggak ganti nama beneran, sih.

    Salam untuk teman-teman yang ada di sana yaaa :)))

    ReplyDelete
  21. Haha, jadi gak pasaran namanya. Kalau ak merasa bangga dengan nama sendiri soalnya gak ada huruf "A"nya di nama lengkap. Kebanyakan nama pasti ada huruf "A"nya, jadi emrasa lebih unik dan menarik dan tentunya juga asik haha

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe