Panduan Wisata Kuliner di Guilin

15:58:00

guilin food kuliner

“桂林山水甲天下” (Guìlín shānshuǐ jiǎ tiānxià)
"Pemandangan Guilin adalah yang terindah di kaki langit”

Temen-temen pembaca Emotional Flutter pasti udah sering gak asing dengan kalimat itu kan? Kota yang terletak di bagian utara provinsi Guangxi yang sering dibahas di blog ini memang dikenal sebagai salah satu tempat terindah di dunia. Bukit-bukit kapur yang menjulang dengan gagah berpadu dengan indahnya aliran sungai jernih yang berkelok-kelok, membuat pemandangan di Guilin ini mirip dengan pemandangan di lukisan-lukisan kuno Tiongkok.

guilin yangshuo hiking


Selain terkenal akan keindahan alamnya, kota Guilin yang indah ini juga terkenal akan kelezatan jajanan pasarnya. Makanan apa saja sih yang menjadi ciri khas kota yang sering dijuluki sebagai “Surga Osmanthus” ini? Yuk kita simak sama-sama di bawah ini :

1. Guilin Mifen (桂林米粉 Guilin Rice Noddles)

guilin mifen
Original photo from my instagram @emotionalflutter
Guilin sejak jaman dahulu kala terkenal sebagai sebuah daerah yang subur dan makmur. Kota yang terletak di pesisir sungai Lijiang ini adalah salah satu daerah penghasil beras terbaik di Tiongkok, karena itu sudah sewajarnya apabila beras menjadi salah satu makanan pokok di Guilin. Tapi berbeda dengan Indonesia, orang Guilin tidak mengolah beras menjadi nasi, melainkan menjadi mie.

Guilin Mifen adalah makanan yang sudah terkenal di seluruh penjuru Tiongkok. Di kota besar mana pun kita bisa menemukan restoran yang menjual berbagai variasi makanan ini. Tapi percayalah, tidak ada restoran yang bisa menyaingi rasa mifen di tempat aslinya, di Guilin.

Guilin mifen di Guilin, bentuknya sangat simpel jika dibandingkan dengan di kota-kota lain. Mie beras segar yang baru selesai direbus di air mendidih dicampur dengan saus, ditambah sedikit daging cincang. Udah, gitu aja. Simpel kan? Kita bisa bebas menambahkan sendiri berbagai topping tambahan seperti air kaldu, irisan lobak, daun bawang, sambal, telur, dll sesuai selera. Bahkan ada beberapa restoran Guilin Mifen yang menggunakan daging kuda sebagai pilihan toppingnya. Seriusan! Tapi mau dimakan dengan topping apapun, rasanya cuy, uenak tenaannn...mantap abis!

horse meat
Topping daging kuda

Harganya juga keterlaluan murahnya. Seporsi Guilin Mifen harganya cuma antara 2-5 RMB, tergantung besar porsinya. Murah banget kan??? Mahasiswa Indonesia di Guilin banyak yang ketagihan makan Guilin Mifen ini, karena selain rasanya enak, juga bisa sekalian buat ngirit hehehe. Ada versi halalnya pula! Pokoknya makanan yang satu ini wajib dicoba deh kalo kamu datang ke Guilin. Kamu belum dihitung pernah datang ke Guilin kalo belum makan Guilin Mifen, hehehehe.



2. You Cha (油茶 Greasy Tea)

guilin youcha

Di dunia ini ada banyak jenis teh, tapi teh yang satu ini hanya dapat kamu temukan di Guangxi. You Cha adalah minuman khas masyarakat Guilin sejak jaman Dinasti Ming. Minuman terbuat dari aneka campuran rempah, teh, dan sup kaldu ini rasanya asin asin pahit, jadi biasanya tidak bisa diminum langsung begitu saja.

Untuk bisa menikmati You Cha ini, kamu harus tahu caranya :
1) Tambahkan sedikit garam ke dalam You Cha sesuai selera
2) Tambahkan 炸油果 (mirip kacang atom goreng), 炒米花 (bentuknya mirip sereal), dan 花生(kacang goreng). Ketiga barang di atas adalah topping WAJIB untuk dimakan bersama-sama You Cha ini.

youcha

3) You Cha paling enak dimakan bersama gorengan seperti kwetiaw goreng atau daging tumis, karena campuran herbal dalam You Cha sangat ampuh untuk menetralisir minyak di dalam tubuh

Pertama kali makan, banyak orang yang tidak suka akan rasa You Cha ini. Tapi setelah makan kedua dan ketiga kali, kalian bisa ketagihan. Paling cocok untuk diiminum pada saat udara dingin, sambil kongkow, ngegosip, dan ngemil sehat bareng sahabat-sahabat.

油茶
Ngopi sore ala orang Guilin


3. Nuomifan (糯米饭 Glutinous Rice)

nasi ketan guilin

Nuomifan aka Nasi Ketan ini adalah jajanan khas di provinsi Guangxi, tapi setiap daerah punya variasi yang berbeda-beda. Nuomifan di Guilin biasanya berwarna putih keungu-unguan, campuran ketan putih dan talas yang dikukus. Nuomifan di Guilin ini biasanya disajikan bersama-sama bubur kentang (mashed potatoes), pangsit goreng, dan xiangchang (daging asap). Karena biasanya dijual di pinggir jalan, secara penampilan, Nuomifan memang tidak kelihatan begitu special, tapi soal rasa, dijamin bisa bikin kalian langsung ketagihan. Nuomifan ini biasanya banyak dijual pada pagi hari dan merupakan sarapan favorit mahasiswa Indonesia di Guilin.



4. Chuanshanggao (船上糕 Fisherman Cake)

桂林

Salah satu mata pencaharian utama masyarakat Guilin adalah menangkap ikan. Para nelayan biasanya berangkat pagi-pagi buta sekali dan baru pulang menjelang petang. Istri para nelayan sering membuat kue yang terbuat dari irisan talas, kacang wijen ,dan tepung pandan ini supaya suami mereka tidak kelaparan pada saat sedang menangkap ikan. Inilah asal mulanya Chuanshanggao aka Kue Nelayan ini.

Kue ini rasanya gurih, tapi agak hambar. paling cocok disantap bersama sesuatu yang rasanya manis atau asin, sambil makan daging tumis atau minum You Cha, misalnya.



5. Aiyeba (艾叶粑 Sweet Mugwort Cake)

桂林美食小吃

Kue ini bisa dibilang adalah salah manisan khas Guilin yang paling enak. Aiyeba ini terbuat dari adonan daun Mugwort (艾草) yang dikukus dan diisi dengan biji wijen hitam (黑芝麻). Rasanya kenyal dan manis, sangat cocok sebagai makanan pencuci mulut setelah makan Mifen dan minum Youcha.



6. Guihua Gao (桂花糕 Osmanthus Cake)

桂林小吃

Bulan Oktober-November adalah waktu yang paling cocok untuk berkunjung ke Guilin karena di musim gugur yg hangat ini, bunga-bunga Osmanthus (桂花) yang menjadi ciri khas kota Guilin bermekaran dengan indahnya, membuai setiap sudut kota Guilin dengan harum semerbaknya.

Selain aroma dan keindahannya, bunga Osmanthus yang menjadi ciri khas kota Guilin ini juga ternyata dapat diolah menjadi aneka ragam bahan makanan, salah satunya adalah menjadi Guihua Gao ini.

Ada bermacam-macam Guihua Gao di Guilin ini, dari yang bentuknya mirip kue bulan sampai berwarna pink, mirip kue mangkok di Indonesia. Tapi dari semua jenis Guihua Gao, yang paling enak adalah yang bentuknya mirip jelly ini. Guihua Gao versi jelly ini biasanya hanya terdapat di restoran makanan khas Guilin, tidak dijual dalam bentuk oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.


7. Yutou Kourou (芋头扣肉 Taro Buckle Meat)

桂林美食

Sajian non-halal yang satu ini adalah salah satu makanan khas Guilin yang sudah terkenal di seluruh dunia. Daging samcan gemuk dikukus bersama potongan-potongan talas sehingga rasanya menjadi sangat manis dan gurih. Buat temen-temen yang gak pantang makan babi, makanan yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan.


8. Pijiuyu (啤酒鱼 Beer Fish)

啤酒鱼

Guilin adalah salah satu daerah penghasil ikan air tawar terbesar di China. Salah satu makanan khas yang menjadi favorit para turis yang datang ke Guilin adalah Pijiuyu ini. Ikan air tawar tak berduri dimasak bersama aneka rempah dan juga bir. Rasanya...hmmmmmmmm. ENAK BANGET! Apalagi, daging ikan di Guilin terjamin segar dan gurih. Hanya membayangkan saja, air liur kita bisa tumpah ke mana-mana.

Pijiuyu ini biasanya banyak disajikan di restoran-restoran khas Guilin dan juga di tempat-tempat wisata seperti Yangshuo dan Xingping. Kalo kalian berniat makan Pijiuyu di tempat-tempat wisata, jangan lupa ditawar ya harganya!


Sebenarnya masih banyak jajanan pasar khas Guilin yang unik dan rawan bikin ketagihan. Kalo teman-teman pembaca ingin tahu lebih banyak, silahkan datang ke Guilin dan cicipi langsung. Ayo, tunggu apalagi? Ayo cuci mata dan wisata kuliner di Surga Osmanthus!


Tambahan Info
Di Nanning (kota tetangganya Guilin) lagi ada universitas yang ngasih promo harga murah untuk orang Indonesia yang mau belajar Mandarin lho. Universitasnya juga lumayan terkenal, ranking 70 dari 2500 universitas di seluruh China. Kalo ada yang tertarik untuk kuliah S1/S2/S3 atau belajar Bahasa Mandarin ke China, bisa kontak gua di keppi_kun@yahoo.com atau +8618269000643 (Whatsapp)

Pendaftaran ditutup tanggal 1 July 2017. Kuota terbatas. Serius only.

You Might Also Like

19 Orang pembaca meninggalkan jejak di sini

  1. Dun ngiler pengin nyobain. Eh itu ada onde2 nya ya di cuanshanggao, mas?

    ReplyDelete
  2. semua jenis dan nama makananya tarasa asing ya koh.
    Dari semua wujud makanan itu cuma You Cha yang agak gimana gitu koh.
    Sebenernya youcha itu makanan atau minuman ya koh ? wkwk

    Sebagai pecinta Mie, aku mau banget lah makan Guilin Mifei,
    nanti kalau ake kesana cara membedakan guilin mifei yang halal dan enggaknya gimana ya koh ?

    Yang terakhir aku mau makan kembang osmanthus dari Jelly itu koh,
    kalo bikin sendiri gimana caranya koh ? di Indonesia juga ada loh bunga yang bisa dimakan :)

    ReplyDelete
  3. Bang, kamu harus tanggung jawab tiba tiba perutku bunyi. Haha,,, keren lah Guilin itu bang ditambah kuliner penggugah selera. Kapan bisa kesana ya, hehe... Kalo ke Indonesia bungkus bisa bang , :D

    ReplyDelete
  4. Aku penikmat mie banget nih... pas liat guilin miffen aku kepengen cobain yang halalnyaaaaa. Semoga punya rezeki buat kesana yaa dan mencicipi guilin miffen langsunggg

    ReplyDelete
  5. Daging kuda? Belom pernah nyoba, alot ngga sih?

    ReplyDelete
  6. sluruuuupp!! *ludah udah berjatuhan*
    kenapa enak-enak gitu ko?
    yang bikin penasaran tuh you cha nya ko, rasanya kayak apa sih? pingin nyobain ih..

    btw kalau daging kuda, di tempatku sih g asing, soalnya ada penjual satenya

    ReplyDelete
  7. Duuuuh ko...
    jadi laper aaaah..
    Pingin banget nyoba pijiuyu..
    plus gua penggemar ikan banget..
    jadi ngileeeeer...

    ReplyDelete
  8. Aku tertarik sama Guilin Mifen sama You Cha (bener gak ya tulisannya xD).

    Dari deskripsinya kayaknya Guilinnya menarik tuh, ada versi halalnya juga, jadi kalau ke Guilin kayaknya mesti nyobain. Penasaran juga rasanya mie dalam bentuk nasi, eh nasi dalam bentuk mie xD

    Kalau You Cha juga penasaran sih gimana rasa olahan teh yang satu ini, ngiler :'

    ReplyDelete
  9. Ah diabtara yanh enak itu gue penasaran sama daging babi koh. Tapi gue gak boleh makan wahahaha...

    Aneh juga yah, pas baca ngopi atau ngeteh eh malah mirip makan-makan biasa gitu. Tapi memang khas nya begitu ya. Teh dicampur garem hmmm..

    ReplyDelete
  10. hmm.. sejujurnya belum ada yang pernah gue coba, tapi gulin meifen somehow gue sering lihat bentuknya.. kayak mien yang dijual di pasar. Dan dari semua yang diatas, yang paling bikin gue penasaran adalah.. aiyeba. kayaknya asik tuh buat diajak ngeteh :)

    ReplyDelete
  11. ada onde-onde ada kembang goyang, gile dah nggak di sana nggak di sini

    ReplyDelete
  12. 2-5rmb itu kisaran berapa rupiah, pin?
    duh, liat ini kok jadi pengen makan ya. padahal barusan aja di traktir temen. dibawa tidur aja kyaknya, biar mmpinya bisa makan makanan ini. gue masih bngung, itu toppingnya beneran pake daging kuda? buseee... gokil.
    dimana mana setau gue, klo teh itu d campur pake gula. lah ini pake garem, pake kacang pula. ribet bnget. tapi kyaknya seru sih, mau nyicip juga.
    klo diliat dari gambar, no 7 kayaknya paling bisa bkin gue ngiler sih. sayangnya bukan daging sapi atau ayam gitu ya. heheh.
    daging samcan gemuk itu mksdnya daging babi gitu ya, pin?
    waduuuh, kyaknya ini makanan khas mahasiswa ya kebanyakan. jdi pengen bkin ginian juga, makanan khas mahasiswa di mesiir. hahaha

    ReplyDelete
  13. Kak Kev,,, aku kan jadi ngiler gitu lihat makanan dan minuman di sana itu. APalagi foto-fotonya bener-bener srluuuuup....

    tetapi kadang rasa enak itu tergantung kebiasaan juga ya. Misalnya nih aku yang jawa tulen dan belum pernah mencoba makanan yang kak Kev sebutkan di atas, barangkali rasanya aneh saat mencoba untuk pertama kalinya.

    Tetapi semoga bisa mencicipi semua makanan, apalagi teh Youcha yang mirip sereal itu Hahaha.

    ReplyDelete
  14. Pengen deh bisa mencicipi makanan diatas, meskipun salah satunya. Gak nahan liat fotonya, ngiler, dan pengan.

    Aku lebih penasaran ke toping daging kudanya nih, terlihat seperti daging biasa pada umumnya ya, Mas. Tapi aku penasaran rasanya seperti apa ya..he
    Btw, rasanya sama gak sih sama daging-daging lainnya ?

    ReplyDelete
  15. Anjir, beras dijadiin nasi kalau di sana. Bahaha. Kenyanglah pasti itu. :)
    Ada gitu, ya, kue khusus para nelayan. Tapi emang cocok, sih, buat ganjel perut pas lagi cari ikan. :D

    Guihua Gao emang mirip ager gitu, yak.

    ReplyDelete
  16. Senang ya mas bisa tinggal di kota seperti Gullin, pemandangannya yang indah dan makanannya pun juga beraneka ragam.

    Daun mugwort itu kayak apa ya mas? di Indonesia ada gak ya? dan 5RMB itu berapa Rupiah, maklum aku banyak tanya soalnya gak tahu, sebenernya bisa aku nyari jawaban di Google, tapi alangkah baiknya jika bertanya langsung pada kamu mas, hehe.

    ReplyDelete
  17. Hao Shiii :9
    (Tau dikit-dikit soalnya nonton drama china hihi)

    Wah jadi mau liat foto atau video Kak Kev lagi makan menu-menu ini hihihi

    ReplyDelete
  18. Kalau gue boleh pilih gue mau pilih yang nomor 5 itu, Guihua Gayo! Gue malah kepikiran sama gantungan kunci yang pernah gue beli di Jogja, kayak bening begitu dan ada isinya bunga, daun daun dan kadang kalajengking. Katanya cake tapi bentuknya kayak agar agar gitu.ah, tapi kapan gue bisa di China ya. Coba kita aminkan siapa tahu terlaksana. :D

    ReplyDelete
  19. Karena saya pecinta green tea, seperti yang nomer 3 wajib dicoba. Smoga nanti bisa kesana ya, btw kenapa harus pakai garem ya? thanks

    ReplyDelete

Temen-temen yg ga punya blog atau account Google, tetap bisa komentar kok. Di bagian "Comment As" pilih "Name/URL", terus masukin nama dan email kamu, beres deh.

Satu-dua buah baris komentar yg sahabat tinggalkan merupakan sebuah apresiasi yg sangat besar artinya bagi sang penulis =)

Subscribe