Tulisan-Tulisan Terbaik

My First Post (June 2010)


Inspirational
Sementara akhir-akhir bangsa kita sibuk berantem sendiri karena urusan SARA, para diaspora di luar negeri sana malah sibuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia internasional. Bagaimana sih kisahnya? Simak perjuangan para mahasiswa Indonesia di Guilin dalam menyelenggarakan Festival Kebudayaan Indonesia 2016 di postingan yang satu ini
Pengalaman nyata gua mengatasi kelemahan dan mengalahkan ketakutan

Mengubah Masa Lalu
Kalau kamu dikasih kesempatan untuk kembali ke masa lalu dan mengubahnya, apa yang akan kamu lakukan?

Lika-Liku Mencari Pekerjaan
Kisah perjuangan gua mencari pekerjaan setelah lulus S2 di China
Part 1
Part 2

Ada masanya dulu di mana gua "desperate" nyari pacar. Dan kegagalan demi kegagalan yg datang menghantam bertubi-tubi, membuat rasa percaya gua luluh lantak. Hingga akhirnya beberapa tahun yg lalu, gua memutuskan untuk berubah jalan pikiran gua.
Gua sadar bahwa ternyata yg namanya SOULMATE tuh ada, bahwa di dunia ini ada SATU orang yg diciptakan khusus oleh Tuhan YME sebagai pendamping kita, seseorang yg akan menyempurnakan hidup kita dan kita tidak akan pernah merasakan lagi yg namanya kehampaan di dalam hati.
Dan yg lebih gila lagi adalah...gua menemukan bahwa...SOULMATE itu ternyata TIDAK PERLU KITA CARI...

Bagaimana kalian bisa tahu seorang cowo itu baik atau tidak? Apa sih tolak ukurnya?
Tentang pertemuan dan perpisahan, tentang kehidupan dan kematian. Apa sih sebenarnya tujuan kita hidup di dunia yg fana ini? Adakah cara supaya kita bisa hidup selamanya? Temukan jawabannya di artikel yg satu ini
Yg namanya pelajaran hidup bisa dateng dari mana aja...termasuk dari dua anak jalanan yg gua liat di saat gua lagi nunggu lampu setopan di perempatan jalan...
Pelajaran hidup dari seorang gadis penjual krupuk

We Live In The World Where Good People DO Exist
Di tengah dunia yg semakin marak dihiasi individualistis dan egoisme, masih mampukah kita menemukan kasih di dalamnya?
Mengenal sosok almarhum "The King of Pop" dari dekat. Perjalanan hidupnya dan juga fakta di balik berita2 miring yg menyelimuti hidupnya...
Membahas mengenai kesalahan orang tua dalam mendidik anak mengenai masalah2 sensitif dan tabu...
Dari kopi darat, sampai ke balik beha. Pengalaman nyata gua.  
Pesan moral di balik sosok keren James Bond 
Ngerasa kalau GALAU itu keren? Coba pikir sekali lagi setelah baca artikel yg satu ini...
Menguak fakta di balik artikel fitnah mengenai orang China suka makan sup janin bayi...  

Sebelumnya kita bertanya kenapa seseorang ga percaya Tuhan, mestinya kita lebih dulu bertanya...apa yg terjadi sehingga seseorang menjadi tidak percaya Tuhan? 

Berikut ini adalah pendapat gua mengenai situasi Indonesia saat ini dan kira2 apa yg akan gua lakukan kalo gua jadi Presiden di Pemilu 2024 mendatang? Hehehe...
Orang-orang Barat sering ngecap bahwa orang Asia tuh omongannya muter-muter ga jelas, ga langsung ke topik atau tujuan utama. Sebenernya basa-basi tuh perlu ga sih?

Bahagia Itu Sederhana
Kenapa sih banyak orang yang tidak bahagia? Bahagia itu sederhana kok, ga susah...\

Kuliah Terakhirku Di Kampus
3 tahun setelah lulus, gua dateng ke kampus gua di Bandung untuk ambil ijazah yang udah nginep di sana selama bertahun-tahun. Dan ternyata gua masih sempat mendapatkan sebuah "kuliah terakhir" di kampus gua yang tercinta itu



Ngakak


Dalam cinta, nembak dan ditolak adalah hal yg wajar. Yg ga wajar alias tragis adalah kalo ditolaknya seperti yg satu ini...
Gua mau nembak cewe yg gua suka. Gua udah siapin segalanya dengan seksama, A sampai Z semuanya sempurna. Seharusnya ga mungkin gagal, kecuali...

Karena satu dan lain hal, akhirnya dengan amat sangat terpaksa gua merasakan bagaimana tidak enaknya menggunakan pembalut...  

Surat Cinta? Ooh-la-lah
Begini jadinya kalo gua nulis surat cinta sambil ngunyah racun tikus, wkwkwk...
Kisah petualangan gua di mall bersama anjing gua tercinta =)
10 buah rahasia konyol mengenai sang empunya blog. Baca, dan tertawakanlah...
Contoh2 pasien yg gua hadapi sewaktu jadi Dokter Cinta di Internet pada tahun 2002-2004 dulu...
Bahasa normal vs bahasa lebay...baca deh, dijamin ngakak ;p
Daripada ngeributin soal haram atau tidaknya merayakan Valentine, lebih baik kita pahami dulu kisah di balik hari raya tersebut, hehehe  
Beginilah jadinya kalo kita terlalu mengandalkan Google Translate. Dijamin ngakak baca yg satu ini...


CINTA

Me and My Thai Girlfiend

Pelajaran-pelajaran hidup yang gua pelajari bersama pacar gua yang orang Thailand
Tips Kreatif Agar LDR Tidak Membosankan
Mengatasi Kejenuhan

Sebuah cerpen yg gua tulis untuk diikutsertakan pada kontes yg diadakan komunitas blogger kreatif "Kancut Keblenger" dan *uhuk* menang. Kisahnya tentang kehidupan diri gua di masa 5 tahun yg akan datang...

Detik2 menuju ciuman pertama yg tidak terlupakan...

Kenapa cowo baek susah dapet pacar? Artikel ini mengulas lengkap misteri di balik jebakan2 iblis masa PDKT yg seringkali membuat kita hanya stuck di status "sahabat"

Breaking The Friendzone
Tips2 ampuh menghindari dan keluar dari FRIENDZONE, bagi yg sudah terlanjur terjebak...
Part 2

Di Ujung Jalan Itu
Di saat mantan bilang ke lu kalo dia mau nikah...

Tips n Trik PDKT Untuk Pemula
Step Three (Coming Soon)

Although Our Love is Over
Bagaimana cara mengenang mantan dan mengapresiasi kisah tersebut secara manis?
Yg pertama selalu jadi yg tidak terlupakan, begitu juga dengan patah hati. Have you ever really forget your very first heartbreak?
Bagaimana cara kita menyikapi mantan mencerminkan respek kita terhadap diri sendiri. Mungkinkah dua orang mantan menjadi sahabat? Kenapa tidak?
Cinta bukanlah cinta sebelum dipersembahkan, setuju kah?

Saat kita sedang putus cinta, kita sering merasa bahwa diri kita adalah orang yg paling menderita di dunia dan walaupun kita tidak secara eksplisit menunjukkannya, kita sering memasang sikap dan kata2 yg menunjukkan kepada orang2 bahwa kita sedang terluka. Untuk apa?
Siapa bilang jomblo itu sengsara? Berikut ini adalah tips2 bagaimana cara menikmati dan memaksimalkan masa lajang kita =)
Kencan paling mengerikan sepanjang karir gua sebagai pecinta wanita... 
Move on itu terasa sangat berat apabila kita terus menerus menyeret bebannya. Artikel ini membahas mengenai bagaimana caranya MERELAKAN =)
Apa sih bedanya cinta sama nafsu? Coba perhatikan baik2 di artikel yg satu ini... 
Di saat putus, mantan tiba2 nagih semua duit dan barang yg pernah dia habiskan buat lu. Apa yg harus lu lakukan? 
Kisah nyata dua orang sahabat yg mencintai seseorang yg sama... 
Siapa yg bilang kalau move-on itu gampang? Ini dia surat yg gua tulis buat mantan gua waktu SMA, di hari peringatan jadian kita 10 tahun yg lalu...
Panduan lengkap bagaimana cara berciuman yg baik dan ga bikin trauma...


Cerbung

First Love
< POSTINGAN PALING BANYAK DIBACA TAHUN 2011 >
Kisah nyata mengenai cinta pertama gua yg ditulis dalam bentuk cerbung. Favoritnya para pembaca Emotional Flutter sejak tahun 2011. Sehabis baca part 1 nya DIJAMIN ga bisa berhenti baca =)

Kisah Kasih Di Sekolah
Masa SMA, masa yg paling manis. Berbagi sedikit kisah kasih gua di masa putih abu2. Berawal dari pertemuan di kala ospek, hingga akhirnya menjadi kisah paling manis di dalam hidup gua. Tiada masa yg paling indah daripada hari2 di sekolah =)

Zhen Zhu Nai Cha
< POSTINGAN PALING BANYAK DIBACA TAHUN 2011 >
Apakah kalian percaya pada "Cinta Pada Pandangan Pertama"?
Gua percaya, karena waktu ke Beijing di tahun 2011, gua mengalaminya sendiri... dan masih berlanjut hingga saat ini =)

Zhen Zhu Nai Cha : Revisited (POSTINGAN PALING BANYAK DIBACA TAHUN 2013)
Pertemuan dengan Fen (Baca kisah Zhen Zhu Nai Cha) di tahun 2011 mengubah hidup gua. Gua belajar dengan rajin dan dua tahun kemudian, gua dapet beasiswa ke China. Dapatkah gua bertemu kembali dengan Fen dan apa yg akan gua lakukan di saat gua bertemu dia lagi?

Zhen Zhu Nai Cha : After Story
Kelanjutan dari kisah gua dan Fen di tahun 2016
Part 1


Traveling / My Life in China



Gara-gara KFC dan McDonald
Alasan yang akhirnya membuat gua serius dan giat belajar Bahasa Mandarin
Kisah perjuangan para pelajar Indonesia di China, dalam mengharumkan nama bangsa dan negara. Di mana pun kita berada, di situlah merah putih kita kobarkan...

Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri
Gimana sih caranya supaya kita bisa dapat beasiswa ke luar negeri? Semuanya dibahas lengkap di sini

Live Beyond The Great Wall
Fakta-fakta menarik seputar kehidupan di China berdasarkan pengalaman pribadi gua sendiri yg ga akan kalian temukan di blog atau buku manapun.
Part 4

My First Fight Alone
Bagaimana sih rasanya pertama kali ke luar negeri, sendirian? Apa saja tips2 yg harus diperhatikan saat traveling? Semua diulas lengkap di post yg satu ini

Kita udah sering denger desas-desus mengenai betapa joroknya WC di China, tapi kalian penasaran ga sih? Di post kali ini kalian bisa liat foto nyatanya, dan juga bagaimana reaksi orang2 bule ketika pertama kali berhadapan dengan WC jongkok, wkwkwk... 
Pengalaman2 seru di hari pertama gua memulai kehidupan baru gua di China. Check this out =)

Harmonisasi Budaya Muslim dan Chinese di Xi'an
Di China, keanekaragaman tidak dianggap sebagai suatu masalah, melainkan sebagai suatu kekayaan budaya yg harus dipelihara. Perbedaan bukan harus dilenyapkan, tapi justru dapat digunakan untuk saling melengkapi.
Pengalaman pertama gua hidup bersama 3 orang roommate yg kocak2...
Fenomena2 unik di China seputar musim panas... seperti celana bayi dengan pantat terbuka dan alasan kenapa wanita di sini jarang mencukur bulu ketiak...
Mengulas lengkap mengenai musim yg dikatakan sebagai "terindah" di China. Daun2 warna-warni dan juga aneka ragam makanan unik yg ada di musim gugur.
Bagaimana cara kita, murid2 asing, merayakan Natal di negara yg tidak merayakan Natal? 
Di China, selain di Supermarket, di segala toko lain kalian BOLEH dan HARUS nawar, kalo ga mau rugi. Gimana sih caranya nawar sama pedagang di China yg terkenal licik tersebut?
Di China setiap angka punya arti dan makna tersendiri. Ngasih angpao di kawinan, sampe beli kamar apartment, semua ada aturannya. Nyatain cinta juga bisa pake angka lho, mau tau ga gimana caranya?
Ini tulisan yg akan menginspirasi temen-temen yg dari kecil punya cita-cita pengen sekolah ke luar negeri. Sebenernya sekolah ke luar negeri itu apa untungnya sih? Terus gimana caranya biar bisa dapet beasiswa sekolah ke luar negeri? Semua dikupas lengkap di postingan yg satu ini

Harbin, The Frozen Paradise
Cerita tentang petualangan gua ke Harbin, kota super indah di perbatasan Russia-China yg suhunya minus 30 di bawah nol.


Review


Lain-Lain / Others

Aku dan Fistula, Sebuah Perjalanan "Cinta"
Cerita tentang pengalaman gua bertarung dengan penyakit biadap yg menggerogoti hidup gua di tahun 2012-2013 silam.

Subscribe