My Bucket List

Hidup cuma sekali, karena itu kita harus manfaatin kesempatan ini sebaik2nya. Terinspirasi dari film The Last Holiday nya Queen Latifah dan film Bucket List nya Morgan Freeman, gua bakal tulis 100 hal yg akan gua lakuin dalam hidup ini. Bukan bermaksud pamer atas achievement gua dalam hidup, tapi list ini berfungsi sebagai reminder bagi gua untuk selalu punya target dalam hidup. Semoga daftar ini bisa menginspirasi temen2 juga untuk lebih semangat dalam menjalani hidup ini.


Things To Do Before I Died / My Bucket List
(current progress 31/91)

1. Invent a Board Game - checked (2010 and 2012)
Waktu kelas MDG4, gua bikin board game Kamen Rider Battle Chronicles, yg setelah dicobain maen ma temen2, ternyata gamenya bikin orang ketagihan, hehe. Sampe sekarang masih dalam tahap pengembangan lagi, mungkin suatu hari bakal gua produksi n jual ke toko2.

Waktu TA (Tugas Akhir) gua juga bikin boardgame tentang Bandung Lautan Api. Hasilnya lumayan bagus dan gua dapet nilai A untuk karya ini, hehehe.

Gua lumayan addicted bikin board game nih. Saat ini udah banyak ide2 yg bermunculan di kepala gua, menanti untuk direalisasikan. Stay tuned di blog ini buat kabar2 selanjutnya seputar board game buatan gua =)


2. Create a RPG Game
Ini impian gua dari kecil, dan juga cita2 gua setelah dewasa : jadi game designer. Untuk sementara gua emang beralih ke board game karena untuk bikin game digital, gua belum nemu programmernya. Tapi untungnya berkat temen gua, Bakti, yg juga punya mimpi yg sama ma gua, impian gua yg satu ini tampaknya udah mulai menemukan titik terang. Gua ma dia lagi ngerjain project bikin game RPG. Sekarang udah beres tahap concepting, lagi masuk tahap storyline, gameplay, and character design. Buat yg berminat untuk gabung, bisa hubungi gua lewat FB. Kita masih butuh programmer, scripter, dan illustrator kok. Tapi ini proyek impian lho, bayarannya mungkin ntar dapetnya kalo game kita udah sukses.


3. Attend WWE Live PPV Event
Seperti cowo2 pada umumnya yg ngefans ma sepakbola, gua juga ngefans banget ma professional wrestling dari kecil sampai sekarang. Dan impian gua tuh, suatu hari gua bisa dateng dan nonton secara LIVE. Pengen merasakan bagaimana sih sensasinya jerit2 saat pegulat favorit kita sedang beraksi di ring, hehe.


4. Own a DSLR Camera
Gua punya minat dalam hal fotografi dan videografi, cuma masalahnya gua ga punya kamera. Gua pengen banget punya kamera DSLR, tar bakal gua bawa2 sambil traveling, terus motret2 pemandangan2 yg eksotis, dari seluruh tempat yg gua kunjungin. Capturing a beauty, is my passion. Whether in words, or image =)


5. Go On A Trip Overseas Without My Parents - checked (2011)
Jalan2 ke luar negeri tanpa bareng orang tua, rasanya pasti lebih gimana gitu. Gua yakin gua bakal ditempa dan jadi lebih mandiri kalo gua bisa ngelakuin yg satu ini. Bulan Mei 2011 akhirnya gua berhasil mewujudkan impian yg satu ini, pergi travelling keliling Cina dan Hong Kong, sendiri, tanpa orang tua gua =)


6. Night Sightseeing At Hongkong's Harbor - checked (2001, 2011)
Waktu kelas 2 SMP dulu gua pernah ke Hongkong bareng bokap. Dan malem2 kita duduk berdua di pelabuhan Hongkong sambil naek ferry, terus liat pemandangan kota Hongkong yg gemerlapan. It was so beautiful, beyond words. Bulan Juni 2011 akhirnya gua kembali berkunjung ke sana.


7. Visit China's Great Wall - checked (2011, 2014)





I am a Chinese-Indonesian, and I'm proud of it. Great Wall adalah salah satu keajaiban dunia yg paling sering diceritain mama papa dari waktu gua masih anak2, dan semenjak itu gua sering berfantasi, membayangkan kalo suatu hari gua bakal berkunjung ke sana. Bulan Mei 2011 akhirnya gua berhasil pergi ke sana waktu lagi travelling keliling Cina bareng bule2. Bahkan gua sampe sempet nyasar dan tersesat di sana, tapi akhirnya kita berhasil nemu jalan pulang dan berfoto di puncak tertingginya =)

Tahun 2014, gua dateng ke Great Wall sekali lagi, kali ini gua bawa adek gua ke sana.


8. Spend A Christmas Eve with My Beloved
Buat gua, Natal adalah saat yg paling gua nanti2kan sepanjang tahun. Bukan hanya karena gua beragama Katolik, tapi gua suka banget suasana menjelang Natal yg ceria dan penuh kasih sayang. Salah satu mimpi yg sampai saat ini belum terwujud adalah melewati Malam Natal bersama orang yg gua sayangin (dalam konteks ini : pacar, bukan keluarga). Sitting on a park, staring at a beautiful huge Christmas Tree, with our arms wrapped around one another. Enjoying each other's presence and there are no words needed...


9. Kissing Under A Mistletoe
No matter how silly it sounds, yeah, I wanna try it. Dan mistletoe hanya ada pada saat Natal, so wish yg satu ini ada hubungannya dengan no 8, hehe.


10. Experience Snow - checked (2012)
Seumur idup gua belom pernah liat salju langsung, paling cuma lewat film atau buku. Suatu hari gua pengen bisa ngerasain beneran gimana sih rasanya berada di tengah hujan salju. Kayaknya asik tuh, putih2, dingin2, hehehe...


Desember 2012, waktu gua kuliah di Shijiazhuang, China, akhirnya gua ngerasain tuh yg namanya salju. Dan ya, suasananya bener2 indah. Gua seneng banget =)


11. Go Parasailing / Paragliding
Dulu waktu ke Bali bareng sekolah, gua ga bisa maen apa2 gara2 1 minggu sebelumnya, tangan gua baru patah. So yeah, gua cuma bisa bengong ngeliatin temen2 gua maen macem2. Salah satu yg pengen banget gua coba tuh parasailing. Well, to be honest, gua punya phobia tempat tinggi. Tapi ya parasailing kan ga seekstrim bungee jumping atau semacamnya, so I think, I can do it =)


12. Go Snorkeling/Scuba Diving (Again) At Famous Spot and Got My Underwater Picture Taken
Gua pernah ngerasain snorkeling pas ke Pulau Tidung bareng temen2 tahun lalu. And you know what? Gua ketagihan, hehe. Jadi gua memutuskan kalo suatu hari gua harus snorkeling/scuba diving di spot2 paling indah di dunia, salah satunya yg terkenal adalah Kepulauan Raja Ampat di Indonesia Timur, hehehe.


13. Survive A Surgery - checked 2013
Yg namanya operasi itu selalu bukanlah hal yg menyenangkan. Tapi gua bisa melewati semua itu, and I feel that I should give myself an award for surviving through this life-changing decision. I hope this is the first and also, the last.


14. Camp on The Beach - checked! (2011)
Dulu waktu pramuka ada acara kemping ke pantai, saatnya selalu ga tepat. Gua lagi sakit lah, lagi ada acara keluarga lah, apapun, makanya sampe sekarang gua belom pernah ngerasain kemping di pantai. Kayaknya keren ya, malem2 bikin api unggun terus nyanyi ditemani suara ombak yg berdebur dan langit yg bertaburan bintang. Akhirnya kesampean juga, July 2011, gua kemping bareng anak2 Pramuka ke Pamengpeuk, Garut. And yes, it was a very amazing experience! ;p


15. Go To Observatory, Learn About Constellations, and Find Them in The Night Sky
Gua seneng banget ngeliatin langit malam yg penuh bintang. Tapi akhir2 ini udah susah banget kalo mau liat bintang gara2 Light Pollution. Gua pengen suatu hari pergi ke observatory, belajar tentang rasi bintang, dan mencoba menemukannya di langit malam.


16. Visit Bali - checked (2006, 2011)
Waktu tahun 2006 gua pernah ke Bali, study tour bareng sekolah, dan itu bener2 pengalaman ga terlupakan seumur hidup. I wanna visit Bali again. Gua kembali mengunjungi bali di bulan Juni 2011, dan pengalaman kali ini bener2 berbeda dengan sebelumnya. Untuk pertama kalinya gua nonton Tari Kecak di Pura Uluwatu di kala sunset. Memang, Bali adalah sebuah tempat yg indah yg setiap kali dikunjungi, selalu memberikan sensasi berbeda =)


17. Visit Belitong
Film Laskar Pelangi bener2 bikin gua ngiler pengen ke Belitong. Pantainya keren banget! Siapa tau bisa sekalian snorkeling juga, haha *snorkeling addicted*


18. Hug a Panda
Kalo ngeliatin Panda di Discovery Channel atau Animal Planet kayaknya empuk2 dan fluffy gitu ya. I wanna hug one someday. Denger-denger di Panda Reservation di Kota Chengdu bisa meluk dengan bayar 1000-2000 RMB. Mahal bangetttt T.T


19. See Fireflies
Jaman sekarang udah susah nih, di mana ya kalo mau liat kunang2? Ada yg tau? Terinspirasi oleh komik Doraemon, haha.


20. Have Something Public Named After Me
Nama gua jadi nama gedung, ato nama jalan, ato lebih keren lagi, jadi nama bintang. Haha, ngeyel. Untuk itu, gua harus lakuin something big enough for humanity ;p


21. Had 2 Billions Rupiah in My Account
Gua sampe sekarang baru pernah megang uang tunai di tangan paling gede tuh 3 juta, itu juga buat bayar kuliah. Sisanya selalu bayarnya nebeng pake kartu kredit bonyok. Salah satu impian gua tuh, gua pengen liat uang di account bank gua tuh mencapai 2 milliar, hehe. Not bad kan kalo punya uang segitu, mau gua tukerin semuanya pake receh, terus gua bikin kolam renang isinya uang kayak punyanya Paman Gober, hehe. Btw menurut mitos berenang di kolam uang tuh bahaya lho, ada resiko patah tulang kalo kita loncatnya ke kolam yg isinya uang kertas semua, wkwkwk ;p


22. Own A Macbook - checked (2011)
Sejak pertama kali liat yg namanya Macbook, gua langsung jatuh cinta. Kayaknya udah jadi suatu kemewahan impian tiap desainer tuh, bisa bekerja dengan alat yg sangat prestigious ini. Dan setelah bekerja keras dan mohon2 ke bokap selama satu tahun (FYI, gua ga pernah minta dibeliin apa2 ma ortu, selain Macbook dan PS2, HP dan PC semuanya hasil hibahan) akhirnya gua dapet juga ni benda. Satu2nya milik gua yg paling berharga saat ini, hehe.

Manfaatnya banyak banget lho, misalnya
1. Buat ngedesain, nonton, dan maen game. Standar lah ya. Udah jadi rahasia umum.
2. Bisa jadi bantal kalo lagi kemping. Yup, ga pernah kepikiran kan Macbook bisa jadi bantal? Gua penemu nya, itu inovasi terbaru. Katanya dengan tidur sambil menjadikan Macbook sebagai bantal, kecerdasan otak dapat bertambah 1% setiap 10 jam. Fungsinya dikali 2 kalo Macbook dijadiin bantal sambil nyala, hehe.
3. Bisa jadi senjata untuk menghadapi tukang nagih utang. Gampang, gebuk aja kepalanya pake Macbook. Dijamin tewas (Macbooknya, bukan orangnya, hehe)


23. Get Married (In a Catholic Church)
Well, banyak orang yg bilang kalo pernikahan adalah nerakanya dunia, tapi gua ga peduli. Suatu hari, gua tetep pengen married. Itu suatu tantangan buat gua untuk bisa seorang kepala keluarga yg baik. Walopun resikonya gede dan bakal ada segudang masalah yg menanti, tapi tetep, bisa membina suatu keluarga bersama orang yg gua cintai adalah salah satu impian gua dari kecil.

Dan gua pengen pemberkatan pernikahan gua itu dilangsungkan di gereja Katolik. No SARA intended. Waktu gua kecil, Mama gua masukin gua ke agama Katolik for a reason. Gua ga bisa jelasin dengan kata2, tapi semakin gua dewasa, gua makin jatuh cinta ma ajaran2 cinta kasih Katolik. Jadi sebagai penghargaan, gua pengen salah satu moment paling special dalam hidup gua ini dilaksanakan di "Rumah Tuhan". Gua pengen Tuhan gua yg jadi saksi, dan juga memberkati jalinan kasih yg Ia tumbuhkan di dalam hati gua dan pasangan gua kelak.


24. Paint Jesus
He is my Hero, my Saviour, my God, my best friend. I want to paint Him. To capture just a little glimpse of His love for mankind in my picture. To spread His message of love through my artworks.


25. Win a Competition
Dari kecil gua sering ikut lomba, tapi selain lomba pramuka, gua belum pernah jadi juara 1 tuh. Gua bakal ikutan lebih banyak lomba buat ngasah skill dan pengalaman. One day, Im gonna prove to the world that Im the best in the world at what I do, hehe.


26. Be a Teacher/Tutor - checked (2014)
Dari kecil gua selalu mengagumi sosok seorang guru, karena menurut gua seorang guru adalah seseorang yg berhati mulia, yg rela membagikan ilmu, waktu, dan tenaganya untuk orang lain. Pahlawan tanpa tanda jasa bener2 sebutan yg tepat buat mereka. They're a real hero in our daily lives. Tanpa guru, ga akan ada generasi muda.

Orang bijak pernah berkata : Sehebat apapun ilmu/pengetahuan yg lu miliki, semua itu tidak akan benar2 berarti sebelum lu membaginya terhadap orang lain. Gua rasa itu bener banget. Ga peduli sehebat apapun skill kita, suatu hari kita akan mati dan semua itu menjadi tidak ada artinya. Sebaliknya, apabila kita berbagi, meneruskan semua yg kita miliki kepada orang lain, buah pengetahuan itu akan jadi lebih bermanfaat.

Waktu PM Jepang, Kantaro Suzuki, meninjau Hiroshima dan Nagasaki setelah dibom atom oleh sekutu, yg pertama ia tanyakan bukanlah berapa prajurit atau tank yg tersisa, tapi berapa guru yg selamat. Mengapa? Karena ia yakin, masa depan Jepang berada di tangan mereka, para guru, yg dapat meneruskan semangat dan pengetahuan mereka kepada generasi penerus.

Suatu hari gua pengen kerja sampingan sebagai guru atau dosen. Membagikan pengetahuan dan pengalaman yg gua miliki untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa, untuk masa depan yg lebih baik bagi umat manusia ini.

Tahun 2014 di Guilin gua memulai S2 Bahasa Mandarin gua dan selama dua semester terakhir, gua berkali-kali dapet kesempatan untuk jadi pengajar Bahasa Mandarin. Ternyata jadi guru itu ga gampang ya, tapi gua sangat menikmatinya. Bisa berbagi ilmu dengan orang lain itu menyenangkan. Selain mengajar Mandarin, gua juga sempet mengajarkan Bahasa Indonesia ke para pelajar asing dan laoshi-laoshi di Guilin =)






27. Honeymoon to Santorini with My Beloved
Impian yg satu ini adalah impian yg ingin gua share sama cewe beruntung yg jadi istri gua nanti. Yup. I wanna take her to one of the most beautiful place on Earth. Tempat yg disebut2 Plato dalam literaturnya pada saat ia menuliskan tentang legenda "Unconditional Love" aka "Plato's Eternity". Mau tau lebih banyak? Tongkrongin terus blog gua ini, nanti gua bakal nulis satu post khusus buat cerita soal pulau ini.


28. Held a Personal Art Exhibition
Gua pengen ngadain pameran karya2 seni pribadi punya gua, mulai dari game dan desain yg gua bikin, foto2 pemandangan hasil petualangan gua ke seluruh dunia, dan juga lukisan2 yg gua bikin. Someday deh, kalo gua udah jadi full-fledged designer, hehe.


29. Write a Book and Get It Published
Menurut temen2 semua gua cocok jadi penulis ga? Gua sih ngerasa gua kurang jago kalo nulis cerita, tapi kalo nulis artikel atau cerita2 buat di blog kayak gini, gua rasa gaya menulis cukup menghibur tuh, hehe. Yah intinya gua pengen suatu hari tulisan gua diterbitin sebagai buku. Entah cerita, entah blog gua dibukuin, entah autobiografi gua, ato mungkin gua nulis buku tentang tata cara beternak nyamuk? Hehe. Dunno.


30. Go On a Night Safari - checked (2014)

Daripada ngestalk kecengan di FB, lebih seru kalo kita pergi ke alam dan ngestalk binatang-binatang nocturnal. This is such a thrilling idea, gotta do it someday ;p

Tahun 2014, gua pergi ke Chiangmai, Thailand, untuk ketemu sama calon mertua gua (alias papa-mamanya cewe gua wkwkwk) dan kemudian mereka ajak gua untuk pergi Night Safari. Kita masuk ke taman sambil naek semacam kereta terbuka gitu, kemudian kita bisa kasih makan rusa, zebra, atau jerapah secara langsung. Hati lumayan deg-degan waktu lewat tempatnya macan. Gua takut macannya ada yg lupa dikurung terus ngajak gua cipokan...arrrghhh




31. See Dolphins/Whales in the Nature


And maybe after the show, I can chat with them about how does it's like to live in the sea. LOL


32. Experience 4 Seasons- checked (2013)
Sebagai orang yg lahir di negara tropis, gua pengen tau gimana sih rasanya hidup di negara yg mempunyai empat musim. Ngerasain daun yg berguguran di musim gugur, badai salju di musim dingin, melihat bunga-bunga sakura bermekaran di musim semi, dan juga terbakar matahari di musim panas. Ngerasain punya empat macam baju yg berbeda untuk 4 musim di lemari baju gua. Sounds fun.

Tahun 2012 gua pergi ke Shijiazhuang, China, untuk belajar Mandarin dan di sana gua mengalami terik menyegatnya musim panas, romantisnya musim gugur, menggigil kedinginan di musim dingin, dan juga surga bunga di musim semi. And yes, it was awesome =)


33. Own A Dog - checked (2011)
Dog is human's best friend, and can you imagine how wonderful it is to have one in your house? =) The picture above is my lil bro and my dog, Abee. Im gonna write more about Abee in the near future ;p


34. Have Me and My Beloved Portrait Painted
Seperti Raja dan Ratu jaman dulu, gua juga pengen foto gua dan istri gua nanti dilukis. Kesannya gimana gitu. Kan keren kalo di ruang keluarga ada foto kita berdua hasil lukisan, bukan cuma foto biasa, hehe. Apalagi kalo muka istri guanya bisa diganti pake mukanya Sandra Dewi. Ups, hahaha.


35. Visit Bromo - checked (2012)
Waktu kelas fotografi gua pernah ngeliat foto Gunung Bromo yg baguuuusss banget, hasil jepretan Pa Paulus, dosen fotografi gua. Bener2 kerasa indahnya, warna2 mentari pagi yg begitu hidup tanpa editan photoshop. Gua bilang dalam hati, one day gua juga bakal ke sana dan gua juga mau motret pemandangan yg ga kalah keren. To be able to capture the beauty of the moments in one picture, that's an amazing achievement.



36. Kissing In The Rain
Ciuman di tengah derasnya hujan, di bawah payung atau sambil berbasah kuyup ria, isn't that romantic? Abis selesai ciuman, dua2nya kena paru2 basah, terus mati bareng2. Epic.


37. Watch The Ending of HIMYM - checked (2014)
How I Met Your Mother bisa dibilang adalah serial TV favorit gua sepanjang masa. Setelah sabar menanti selama bertahun-tahun, gua harap gua bisa sehat walafiat sampai suatu hari bisa nonton endingnya.

Maret 2014, gua nonton episode terakhir HIMYM dan gua ga kecewa sama endingnya =)


38. Play Ski/Snowboarding - checked (2013, 2015)
Liat salju aja belum pernah, apalagi maen ski atau snowboard. Someday gua pengen pergi ke tempat yg bersalju, terus belajar maen ski/snowboarding =)
Impian ini akhirnya tercapai saat gua mengalami Winter di China pada tahun 2013. Walaupun bukan di gunung, tapi gua udah ngerasain snowboard versi China...meluncur di atas danau yg membeku, hahaha.


39. Do a Cosplay - checked (2010, 2011)
Sebenernya gua seneng ngeliatin orang cosplay. Ngeliatin usaha mereka buat bikin kostum dan memerankan karakter tersebut. Impian gua itu kesampean waktu kemaren ada acara Maranatha di PVJ. Gua disuruh dosen gua ikutan cosplay buat dapet nilai tambah. Waktu itu gua jadi Ghostface di film Scary Movie. Bahan2nya sederhana, cuma topeng hasil minjem dari temen gua plus jas hujan hitam panjang, satu sisir pisang, dan pistol2an. Alhasil gua jadi menonjol sendiri, soalnya gua satu2nya karakter non anime dan komedi yg ada di sana. Sisanya macem Naruto, Saint Seiya, Kenshin, dll. Wkwkwk. Ini foto2nya :


Cape banget, panas, susah nafas pula, tapi gua puas banget bisa bikin orang2 kaget, malah ada yg ketakutan ngeliatin gua. Puas juga, kali2 gua emang pengen ngerasain jadi center of attention, hehe. Dan ironisnya, banyak orang yg minta foto ma gua hari itu termasuk ada yg dari TransTV kalo ga salah, tapi ga ada satupun dari mereka yg tau muka asli gua, hehe. Gua serasa jadi superhero (psikopat tepatnya) yg menyembunyikan identitas gitu, hehe. Di antara pembaca semua, ada yg pernah ngerasa foto bareng ma gua ga? Upload donk fotonya kalo ada, hehe.


40. Crossdressing - checked (2015)
Gua pengen ngerasain gimana rasanya jadi cewe. Dandan, terus pake gaun, terus lenggak-lenggok di atas panggung. Gua tau ini ide gila, hahaha, tapi minimal sekali seumur idup gua pengen ngerasain jadi bencong.

Juni 2015, gua ikut Lomba Karaoke Lagu Mandarin di kampus gua, Guangxi Normal University. Gua nyanyi duet bareng Tack, temen Thailand gua. Karena lagu duetnya butuh satu cowo dan satu cewe, akhirnya gua didandanin jadi cewe, HAHAHA.


41. Study Abroad - checked (2012)
Dari kecil gua punya cita2 pengen sekolah di luar negeri. Why? Soalnya gua pengen ngerasain bagaimana sih rasanya hidup di negeri orang, jauh dari rumah. Bisa ga gua survive di sana? Semacam tantangan buat diri sendiri. Terlebih lagi, gua pengen melihat dunia luar dan mengalami hal2 baru.

Juni 2012 gua dapet beasiswa untuk sekolah ke China.
28 Agustus 2012, satu hari setelah ulang tahun gua yg ke 25, gua berangkat ke Shijiazhuang, China, untuk sekolah bahasa selama satu tahun =)



42. Record a Song - checked (2012)
I love to sing, dan gua pengen suatu hari nanti gua bisa ngerekam lagu sendiri. Ga usah sampe bikin album segala. Mungkin kayak rekaman lagu di studio untuk demo CD atau event. Impian gua ini tercapai saat gua lagi kuliah di Shijiazhuang. Dalam rangka festival kebudayaan, 8 orang siswa asing yg suaranya paling oke, dipilih untuk rekaman lagu "Xiang Qin Xiang Ai" (想亲想爱) yg akan digunakan sebagai puncak acara di festival tersebut. Gua dan beberapa orang temen Indonesia termasuk di antara ke 8 orang beruntung tersebut, hehehe.


Lagunya nanti akan gua upload ke Youtube/Soundcloud kalo koneksi gua lagi bagus, untuk sekarang fotonya dulu aja ya.


43. Earn a Master Degree
I love study, I love going to school, I love learning new stuff and challenging myself. Ditambah lagi, gua punya cita2 pengen jadi guru/dosen, dan di Indonesia sekarang mulai diterapkan bahwa untuk jadi guru/dosen harus minimal punya gelas S2. Gua harap dalam beberapa tahun ke depan gua bisa dapet beasiswa dan melanjutkan studi.


44. Attend World Scout Jamboree
Dari dulu bisa ikut Jambore Pramuka Dunia adalah impian gua, sayangnya impian itu tidak kunjung kesampaian. Selama 6 tahun gua ngebina, gua udah 2 kali melatih anak2 yg hendak berangkat ke Jambore, tapi guanya sendiri ga pergi, hehe. Semoga di tahun2 yg akan datang gua ada kesempatan buat pergi, walaupun mungkin pergi sebagai Pembina Pendamping rasanya tidak seseru kalo kita pergi sebagai peserta.


45. Had a Graduation Photo with Mom n Dad
Gua pengen saat gua diwisuda nanti, gua bisa foto bareng bersama Mom n Dad sambil mengenakan toga. I want them to stay healthy and watch their son graduated. I wanna make them proud of me.


46. Becomes Fluent in Chinese - checked (2015)
Gua bertampang Chinese tapi ga bisa ngomong Mandarin? Memalukan. Apalagi Bahasa Mandarin sekarang adalah bahasa internasional ke 2 setelah Bahasa Inggris. Untuk mewujudkan impian gua go international, gua harus belajar. Masa gua mau kalah sama tukang2 jualan di Bali? No way. Setelah lulus kuliah nanti gua beneran harus cari cara supaya bisa sekolah ke China.

Tahun 2012 gua pergi ke China untuk belajar Bahasa Mandarin, 3 bulan kemudian gua lulus HSK level 3.
Tahun 2013 awal gua lulus HSK level 4 dan 5, kemudian memulai kuliah S2 jurusan Bahasa Mandarin.
Tahun 2015, gua lulus HSK level 6.
Jadi, dengan bangga gua bisa bilang, sekarang gua udah fasih berbahasa Mandarin =)


47.  Set Foot in All 5 Continents
Menjejakkan kaki di 5 benua, gua yakin ini adalah impian seumur hidup bagi para traveler. Meskipun hanya sampai di airportnya, tapi gua pengen ngerasain bagaimana rasanya menjejakkan kaki di lima benua =)


48. Discover a New Food/Drink Recipe
Gua suka berkarya, menciptakan sesuatu. Hanya karena gua bukan orang yg pinter di bidang sains, bukan berarti gua ga bisa jadi penemu. Gua bertekad untuk menemukan resep makanan/minuman baru bagi umat manusia suatu hari nanti, mwahahahahaha.


49. Play Paintball or Airsoftgun
Gua suka maen CS atau Call of Duty, makanya gua pengen ngerasain tembak2an di dunia nyata, hehehe.


50. Go On a Boat Cruise on China's Three Gorges
Ini impian gua dari dulu, yg sayangnya kemaren waktu ke China belom sempat terwujud. Someday gua bakal balik lagi ke Chongqing dan ikutan boat cruise sepanjang Three Gorges, menikmati pemandangan indah dan berkunjung ke tempat2 bersejarah yg terletak di sepanjang Sungai Yangtze : Fengdu Ghost Town, Baidicheng White Emperor City, dll.


51. Get Interviewed and Appear in a Magazine
Gua bukan orang yg haus akan ketenaran, tapi gua pengen berkarya dan karya gua diapresiasi orang2. Kalo gua bisa sampe di-interview majalah, berarti gua sudah berhasil menciptakan sesuatu yg punya "impact" nyata buat kehidupan orang2 di sekitar gua.


52. Be a Speaker in a Seminar
I have experienced a lot of things in my life and I have a lot to share. Liat aja post2 di blog ini contohnya. I have a talent in writing and speaking, dan gua pengen suatu hari nanti gua bisa membagikan semua pelajaran hidup yg gua alamin melalui jadi pembicara di suatu seminar.


53. Sing in a Cafe or Wedding - checked (2014)
Gua pengen hobi nyanyi gua tuh bisa bermanfaat bagi orang banyak. Bukan masalah dapet duit, but I love to perform and entertain people. Gua ga mau jadi artis, tapi gua pengen bisa nyanyi di depan umum di cafe atau di acara kawinan.

September 2014, gua nyanyi dua lagu di kawinan best friend gua =)


54. Meet Dwayne "The Rock" Johnson
Idola gua dari kecil, siapa sih yg ga kepengen ketemu ma idolanya? Baca kisahnya lengkapnya di sini : The Most Electrifying Man in Sports Entertainment.


55. Spend Some Time Living In a Countryside - checked (2015)
Dari kecil, setiap kali ada liburan, gua seneng berkunjung ke rumah Kakek-Nenek di Lembang. Rasanya seneng banget hidup di alam pedesaan. Bantu2 di ladang, berlari2 di tengah padang rumput, main air di sungai. I think life in a countryside is peaceful and beautiful.

Imlek 2015, gua pergi ke kampung halaman leluhur gua di Fujian selama dua minggu dan ngerasain bagaimana rasanya hidup di desa. Ga cuma sekedar desa, tapi kampung halaman kakek buyut gua.


56. Own a Cafe/Restaurant
Gua suka masak, terutama bikin Dessert. That's why someday I wanna open a restaurant where people can grab a bite of my handmade food.


57. Plan & Go Traveling to Europe
Gua suka bertualang, dan Eropa adalah tempat yg paling asik untuk dijelajahi karena keanekaragaman kulturnya.


58. Walking Along The Beach at Sunset, Holding Hands with My Beloved
Impian romantis gua. Gua suka banget ma laut, apalagi sewaktu sunset, dan gua ingin menikmati keindahan itu bersama seseorang yg gua cintai.


59. See Aurora in The Sky
Gua tidak pernah bosan mengagumi keindahan langit. Begitu megah, begitu luas, mengingatkan kita bahwa manusia hanyalah sekecil debu di hadapan keagungan Sang Pencipta. Aurora di langit, mungkin adalah fragmen2 warna dasar yg digunakan-Nya untuk melukis alam raya yg indah ini.


60. Make A Tribute For Michael Jackson
Pertama kali gua liat MJ di TV waktu kecil, karismanya membuat gua terpesona. That's why I started singing. He was my hero, I grew up with his music and I was so impressed with his charity works. One day, melalui karya gua, entah dalam media apa, gua akan mempersembahkan sesuatu untuk idola gua tercinta ini.


61. Visit Japan
Dari kecil, gua suka banget segala sesuatu yg berbau Jepang, dimulai dari Ksatria Baja Hitam dan Saint Seiya, dan sampe sekarang gua masih rutin ngikutin Kamen Rider, Anime, dan juga J-Dorama. Menurut gua, Jepang adalah negara pelopor, yg berhasil menaikkan derajat bangsa Asia di mata dunia. Dunia yg tadinya mengagung2kan negara superpower kayak Amerika, kini mulai bergeser. Asia jadi pusat perekonomian, industri, dan juga entertainment.

Gua pengen suatu hari gua bisa ke Jepang, membuka mata dan wawasan, supaya gua bisa belajar dari keberhasilan mereka. Sekarang gua lagi nabung, rencananya tahun 2015 nanti gua akan mewujudkan impian yg satu ini, hehehe...


62. Attend Japan's Festival




Kalo memang berhasil pergi ke Jepang, gua ga cuma pengen liburan atau jalan2, tapi gua juga pengen ngerasain ikutan festival di sana. Jepang punya banyak banget festival yg keunikannya terkenal di seluruh dunia dan gua pengen bisa ikutan at least salah satunya.


63. Visit Ghibli's Museum
Ghibli adalah sebuah studio animasi terkenal di Jepang yg karyanya telah terkenal dan diakui dunia semenjak tahun 1985. Karya2 mereka antara lain My Neighbor is Totoro dan Spirited Away, pasti temen2 pernah denger kan? Yup, bisa dibilang Ghibli adalah pelopor dari anime2 yg kita kenal saat ini. Saking terkenalnya Ghibli, mereka membangun sebuah museum yg isinya adalah pameran artwork, diorama, dll dari film2 animasi yg mereka buat. Sebagai seorang graphic designer, bisa mengunjungi museum ini adalah sebuah euphoria, hehehe...


64. Visit Japan's Ninja Village
Dari kecil gua ngefans banget sama yg namanya ninja, dan gua denger katanya di Jepang ada beberapa desa ninja yg sekarang dijadikan semacam museum di mana kita bisa melihat kebudayaan Ninjutsu secara langsung, mulai dari rumah2nya, jalan rahasianya, sampai senjata dan perlengkapannya. Kalo memang suatu hari gua bisa pergi ke Jepang, gua harus luangkan waktu untuk mampir ke desa ninja, hehehe.


65. Eat Kobe Beef
Temen2 pernah denger tentang sapi Kobe? Mereka adalah sapi berbulu hitam di Jepang yg seumur hidupnya dimanjakan secara mewah. Mereka minum sake mahal dan setiap hari mereka di-massage menggunakan tangan oleh peternaknya. Karena mereka hidup dengan sangat bahagialah, maka katanya, daging sapi Kobe adalah daging yg paling enak di dunia. Tapi harganya 100 gramnya aja bisa lebih dari 300rb rupiah o_0


66. Learn to Milk a Cow
Masih berhubungan sama sapi, dari dulu gua pengen banget nyobain merah susu sapi. Dari yg udah pernah ngelakuin katanya ga segampang yg kita lihat di game Harvest Moon, tapi meskipun harus mati2an nahan bau  pengalaman itu adalah pengalaman yg tidak terlupakan.


67. Sing in Front of Audience With My Band - checked (2006)
Mimpi ini udah pernah terlaksana waktu tahun 2005, gua dan band gua sempet manggung di Sweet Seventeen seorang temen. Tapi gua tetep masukin ini ke dalam bucket list gua karena gua berharap, suatu hari nanti kita bisa manggung lagi seperti dulu. And this time, in front of a bigger audience =)


68. Learn All Strokes in Swimming
Sebenernya gua udah biasa semua gaya dalam berenang, tapi karena waktu kecil gua ga pernah belajar dengan serius, makanya sampe hari ini selain gaya katak, gua belom bener2 lancar bisanya. Gua harap suatu hari nanti gua bisa belajar lagi, dengan lebih serius, supaya bisa lancar berenangnya, terutama gaya kupu2, hehehe.


69. Shake Hands with a President
Gua pengen suatu hari gua bisa bikin prestasi yg cukup mengagumkan sampe gua bisa salaman sama presiden, terserah mau presiden negara apa asal bukan presiden Republik Mimpi, hahaha.


70. Participate in a Professional Movie Making Progress
Terserah mau jadi kameramen, sutradara, scriptwriter, aktor (asal bukan sekedar figuran yg lari2 di background saat kota Bandung diserang Godzilla) gua pengen suatu hari gua bisa terlibat dalam suatu proses pembuatan film (film profesional tentunya, bukan film panas ala Ariel dan Luna Maya)

Gini2 gua udah lumayan punya jam terbang dalam hal videografi dan motion graphic lho, salah satu karya gua bisa temen2 liat di bawah ini :


71. Date a Foreign Girl - checked (2013)
Gua pengen tau, gimana sih rasanya kalo pacaran sama orang yg berbeda bahasa, negara, dan budaya sama kita? Semoga sebelum married nanti gua bisa ngalamin. Siapa tau soulmate gua bukan orang Indonesia, bener ga?

Tahun 2013, gua jadian sama cewe Tiongkok, Russia, TTM sama cewe Mexico. Di akhir tahun tersebut jadian sama cewe dari Thailand, sampai hari ini.


72. Visit Machu Pichu and Peru
Salah satu sahabat terbaik gua waktu di Shijiazhuang adalah orang Peru. Gua janji, suatu hari nanti akan pergi ke negara dia dan pergi trekking bareng dia ke Machu Pichu.


73. Fly In Business Class
Sekali-kali pengen ngerasain gimana sih rasanya kalo naik pesawat dan duduk di Business Class. Semoga suatu hari nanti gua hoki dan menang undian untuk duduk di Business Class, hehehe.


74. Visit Harbin's Snow and Ice Festival - checked (2013)
Dari kecil gua tergila-gila sama yg namanya salju, dan awal tahun 2010, waktu gua denger soal Harbin dan festival musim dinginnya, gua langsung jatuh cinta sama tempat itu. Gua pengen pergi ke sana dan ngerasain indahnya Winter Wonderland =)

Tahun 2013, gua bersama dua orang sahabat gua berhasil pergi ke sana tanpa ikut tour dan sumpah, ini tempat indah banget! Sekali aja ga cukup, gua pengen pergi sekali lagi =)


75. Visit New Zealand
Banyak alesan gua untuk pergi ke New Zealand. I mean, siapa sih yg ga kepengen pergi ke negeri super indah tempat shootingnya Lord of The Rings sih?


76. Be A Best Man at Someone's Wedding - checked (2014)
Bisa berada di sisi sahabat gua pada saat ia menikahi gadis impiannya adalah impian gua seumur hidup. Semoga gua bisa jadi sahabat baik bagi sahabat-sahabat gua dan mendapatkan kesempatan ini =)

Tahun 2014, salah satu sahabat baik gua menikah dan gua jadi best man di acara nikahan dia. Mulai dari bantuin dia pake tuxedo, dikerjain bridesmaid, dan bikin foto foto edan di kamar pengantin. It's been an honour...


77. Visit Shangri-la - checked (2015)
Waktu SMA dulu, gua pernah baca novel "The Lost Horizon" karya James Hilton dan di dalam novel tersebut, ia bercerita tentang perjalanannya dia pergi ke "Surga Yg Hilang". Waktu itu gua belum ngerti apa sih serunya traveling, tapi sekarang traveling udah jadi obsesi gua. Suatu hari nanti gua bakal pergi ke Shangri-la yg katanya terletak di perbatasan provinsi Yunnan China dan Tibet.


78. Visit Tibet
Buat kalian yg suka traveling, apalagi yg pernah nonton film Shambala (2012), tempat yg satu ini pasti udah jadi tujuan wajib di dalam bucket list kalian. Suatu hari gua akan menjejakkan kaki di surga yg terletak di ketinggian 6000 meter di atas laut ini.


79. Learn Calligraphy and Clay Painting - checked (2013, 2015)

80. Fluently Speak 5 Language

81. Write A Song

82. Get A Famous Person's Autograph

83. Do a Stand-Up Comedy

84. Learn Martial Arts

85. Take A Cute Pictures in A Photobooth with A Random Stranger

86. Go Rafting - checked (2013)

87. Help a Complete Stranger

88. Learn Mahjong, Go, and Chinese Chess - checked (2015)

89. Learn To Play A Piano

90. Watch a Music Concert

91.

92. 

Subscribe